Borobudur Destinasi Wisata Berdaya Saing Tinggi

ay dan mark plus

Menteri Pariwisata Arief Yahya (jas hitam) bersama pemenang  Anugerah Indeks Daya Saing untuk 10 destinasi wisata prioritas (Ist)

Kementerian Pariwisata memberikan Anugerah Indeks Daya Saing untuk 10 destinasi wisata prioritas. Ternyata Borobudur ada di peringkat pertama destinasi berdaya saing tertinggi.

Anugerah Indeks Daya Saing 10 Destinasi Prioritas Kepariwisataan Indonesia digelar Kementerian Pariwisata di Ballroom 3C, The Ritz Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Adapun sepuluh destinasi yang ikut dinilai dalam penghargaan ini Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di NTB, Labuan Bajo di NTT, Wakatobi di Sulawesi Tenggara dan Morotai di Maluku Utara.

Pemberian penghargaan indeks daya saing itu mengacu pada standar global Travel and Tourism Competitive Index (TTCI) World Economic Forum dan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) yang disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

Sejumlah indikator yang telah disesuaikan untuk menilai 10 destinasi ini antara lain policy support yang meliputi prioritas pariwisata, keterbukaan regional, daya saing harga, lingkungan.

Lalu ada tourism enabler yang meliputi lingkungan bisnis, keamanan, kesehatan dan kebersihan, SDM, kesiapan teknologi informasi.

Kemudian infrastruktur, serta sumber daya alam dan budaya. Berdasarkan indikator ini, Borobudur pun terpilih sebagai destinasi dengan indeks daya saing tertinggi.

“Dari 10 destinasi prioritas terpilih tiga yang terbaik. Pertama adalah Borobudur,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya. Setelah Borobudur ada Wakatobi dengan indeks daya saing tertinggi kedua dan Tanjung Kelayang dengan indeks daya saing tertinggi ketiga.

Penghargaan ini sendiri diberikan sebagai apresiasi Kemenpar kepada 10 destinasi dengan indeks daya saing kepariwisataan tertinggi sekaligus sebagai motivasi kepada destinasi yang belum kompetitif.

“Melalui pemberian penghargaan atau kompetisi akan terlihat daerah atau provinsi yang sudah memberikan upaya dan perhatian tinggi terhadap pembangunan kepariwisataan,” jelasnya.

Berikut daftar lengkap pemenang Anugerah Indeks Daya Saing 10 Destinasi Prioritas Kepariwisataan Indonesia:

-Indeks Daya Saing Tertinggi Pertama: Borobudur
-Indeks Daya Saing Tertinggi Kedua: Wakatobi
-Indeks Daya Saing Tertinggi Ketiga: Tanjung Kelayang
-Destinasi yang Menjanjikan: Tanjung Kelayang
-Destinasi Terfavorit: Labuan Bajo (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Ikuti Laporan PATA Travel Mart 2016 di patainanews.com Langsung dari ICE

patainanews.com bersyukur bisa ikut serta berperan dalam upaya pemerintah memajukan pariwisata Indonesia melalui event pariwisata internasional, PATA Travel Mart 2016 pada 7 hingga 9 September 2016. Ikuti laporan langsung patainanews.com dari

Nature

Fifi Promosi Indonesia di Australia

Fifi (Ist) Keindahan alam, budaya dan kearifan lokal Indonesia rupanya selama ini disukai wisatawan mancanegara, termasuk dari Australia. Adalah Fifi, owner Melbie Hijab mengaku sering terbang ke Melbourne untuk bisnis

Slideshow

Folk n Vogue: 100% Indonesia

Lindy Ann Umarhadi (Ist) Sebagai upaya mendukung industri kreatif dalam negeri, Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) akan mengadakan pameran bertajuk ‘Folk n Vogue: 100% Indonesia’ pada 7-11 September

World Heritage

Hotel Santika Premiere ICE BSD City untuk Liburan Keluarga

Sky Lounge Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Selain pemilihan destinasi wisata yang menjadi faktor penting dalam perencanaan liburan, hotel juga turut menjadi pertimbangan. Lokasi yang dekat dengan destinasi wisata

Destinations

Kapal Pesiar ke Indonesia, Kesempatan Besar Promosikan Pariwisata Nusantara

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Kunjungan kapal pesiar yang mengangkut rombongan turis asing ke Indonesia, termasuk ke Cirebon di Jawa Barat harus dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Demikian penjelasan Gifta Oktavia Rappe,

Travel Operator

Wisata Bahari Tema PATA Travel Mart 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (keempat dari kiri) berfoto bersama dengan PATA Internasional dan PATA Indonesia Chapter  Wisata bahari yang menjadi andalan pemerintah dalam upaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20