Borobudur Destinasi Wisata Berdaya Saing Tinggi

ay dan mark plus

Menteri Pariwisata Arief Yahya (jas hitam) bersama pemenang  Anugerah Indeks Daya Saing untuk 10 destinasi wisata prioritas (Ist)

Kementerian Pariwisata memberikan Anugerah Indeks Daya Saing untuk 10 destinasi wisata prioritas. Ternyata Borobudur ada di peringkat pertama destinasi berdaya saing tertinggi.

Anugerah Indeks Daya Saing 10 Destinasi Prioritas Kepariwisataan Indonesia digelar Kementerian Pariwisata di Ballroom 3C, The Ritz Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Adapun sepuluh destinasi yang ikut dinilai dalam penghargaan ini Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di NTB, Labuan Bajo di NTT, Wakatobi di Sulawesi Tenggara dan Morotai di Maluku Utara.

Pemberian penghargaan indeks daya saing itu mengacu pada standar global Travel and Tourism Competitive Index (TTCI) World Economic Forum dan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) yang disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

Sejumlah indikator yang telah disesuaikan untuk menilai 10 destinasi ini antara lain policy support yang meliputi prioritas pariwisata, keterbukaan regional, daya saing harga, lingkungan.

Lalu ada tourism enabler yang meliputi lingkungan bisnis, keamanan, kesehatan dan kebersihan, SDM, kesiapan teknologi informasi.

Kemudian infrastruktur, serta sumber daya alam dan budaya. Berdasarkan indikator ini, Borobudur pun terpilih sebagai destinasi dengan indeks daya saing tertinggi.

“Dari 10 destinasi prioritas terpilih tiga yang terbaik. Pertama adalah Borobudur,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya. Setelah Borobudur¬†ada Wakatobi dengan indeks daya saing tertinggi kedua dan Tanjung Kelayang dengan indeks daya saing tertinggi ketiga.

Penghargaan ini sendiri diberikan sebagai apresiasi Kemenpar kepada 10 destinasi dengan indeks daya saing kepariwisataan tertinggi sekaligus sebagai motivasi kepada destinasi yang belum kompetitif.

“Melalui pemberian penghargaan atau kompetisi akan terlihat daerah atau provinsi yang sudah memberikan upaya dan perhatian tinggi terhadap pembangunan kepariwisataan,” jelasnya.

Berikut daftar lengkap pemenang Anugerah Indeks Daya Saing 10 Destinasi Prioritas Kepariwisataan Indonesia:

-Indeks Daya Saing Tertinggi Pertama: Borobudur
-Indeks Daya Saing Tertinggi Kedua: Wakatobi
-Indeks Daya Saing Tertinggi Ketiga: Tanjung Kelayang
-Destinasi yang Menjanjikan: Tanjung Kelayang
-Destinasi Terfavorit: Labuan Bajo (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Nature

Promosi Efektif untuk Perkenalkan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) ketika menyaksikan kerja sama Indonesia dengan Emirates (Ist) Promosi dinilai efektif untuk memperkenalkan potensi pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara. Apa yang dilakukan Menteri Parwisata Arief

Culture

GSN Berpotensi Jadi Turn Around Port Kapal Pesiar

Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) (Ist) Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) memiliki potensi menjadi Turn Around Port atau menjadi pusat keberangkatan dan kedatangan kapal pesiar. Hal ini dibuktikan

Festival

Citilink Terbangkan 500 Wisman Tiongkok ke Kepri

Citilink terbangkan turis Tiongkok ke Kepri (Ist) Salah satu poin Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IV Kementerian Pariwisata (Kemenpar), 6-7 Desember 2016 di Jakarta adalah air connectivity. Membangun akses menuju Indonesia

Airlines

Pesona Lombok Memikat Wisatawan Nusantara

Berita Foto: Halimah Munawir yang membangun Kampung Budaya Ramah Anak di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat berkunjung ke Lombok di Nusa Tenggara Barat. Ia yang berlibur ke Lombok menyempatkan untuk

Tour Package

Astindo Launching bersamago.co.id

Musyawarah Anggota Astindo Provinsi DKI Jakarta di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (5/11/2015) (Ist) Seiring kemajuan zaman, teknologi pun berkembang sehingga dinilai akan memudahkan traveler mengakses internet untuk urusan traveling. Dan,

Festival

Pentingnya Sinergi Pentahelix Majukan Pariwisata Indonesia

Peserta Munas GIPI (Ist) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) I GIPI 2016 dengan tema ‘Penguatan Organisasi GIPI dalam Kolaborasi Pentahelix untuk Mencapai Target Kunjungan 20 Juta