Borobudur Destinasi Wisata Favorit Traveler

Candi Borobudur Dibangun Berdasarkan Ilmu Astronomi

Candi Borobudur, ikon Joglosemar yang diminati wisman (Ist)

Daya tarik Candi Borobudur di Jawa Tengah rupanya masih diminati wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara (wisman). Ikon wisata Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) yang termasuk 10 Bali baru.

Pemerintah diketahui serius mengembangkan dan mempromosikan 10 Bali baru hingga ke mancanegara. Adapun 10 Bali baru itu 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia yang tengah dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke luar negeri sebagai upaya memenuhi target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisman ke negeri ini.

Pengamatan patainanews.com, Jumat (26/5/2017), turis asing berkelompok dari terminal Jombor di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menuju Candi Borobudur di kawasan Magelang, Jawa Tengah dengan menggunakan bus. Di dalam bus, tampak wisman sumringah berkunjung ke Candi Borobudur.

Turis Asing Berlibur di Yogyakarta

Namun, tak hanya Candi Borobudur yang menjadi sasaran turis asing sebab Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga menjadi target turis asing menghabiskan waktu libur mereka selama ada di Yogyakarta sebab DIY banyak menyimpan potensi wisata yang disukai traveler, termasuk wisman. Pengamatan patainanews.com selama berada di Yogyakarta, turis asing juga terlihat di kawasan Malioboro.

turis asing

Ilustrasi wisman berlibur di Yogyakarta (Ist)

Daya tarik Daerah Istimewa Yogyakarta lantaran masih kental budaya Jawa, seperti batik yang sering dicari traveler. Ya, Yogyakarta tak pernah berhenti mempromosikan pariwisata Indonesia, budaya khas Nusantara, dan kearifan lokal di Tanah Air. Sebagai bagian Joglosemar (Joglo, Solo, Semarang) yang merupakan 10 Bali baru, yakni 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara terus melakukan promosi, termasuk menggelar Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017.

Adapun JFR 2017 digelar di Jogja City Mall (JCM) di kawasan Sleman, Yogyakarta mulai 26 Mei hingga 28 Mei lalu. JFR 2017 rupanya menjadi daya tarik bagi traveler ketika berkunjung ke DIY. Tercatat ada 41 desainer berpartisipasi dalam penyelenggaraan JFR 2017 yang mengusung tema ‘Sparkling’ selama tiga hari.

Menariknya sejumlah desainer menampilkan kain tradisional warisan Nusantara yang memikat hati penonton dan pengunjung (JCM). Berdasarkan pengamatan patainanews.com saat pembukaan di JCM, Jumat (26/5/2017), desainer yang tampil pada hari pertama tampak berupaya merebut perhatian penonton dan pengunjung JCM.

Athan Siahaan hadir dengan mengandalkan tema rancangan ‘The Power of Ulos’. Sementara MLK Batik Nusantara yang tampil dengan tema rancangan ‘MLK Batik Nusantara’, dan Rika Hermalin yang menampilkan Rancangan Aline yan mengusung tema ‘Merona’, dan masih banyak desainer lainnya.

Seperti diketahui, pariwisata Indonesia selama ini tak bisa dipisahkan dari budaya khas Nusantara dan kearifan lokal di Tanah Air yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke negeri ini.

WhatsApp Image 2017-05-28 at 11.01.37 (1)

Rika Hermalin, desainer asal Semarang, Jawa Tengah (tengah) menampilkan Rancangan Aline dengan tema ‘Merona’ dalam Jogja Fashion Rendezvous 2017 (Ist)

Adapun pemerintah tengah berupaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisman ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Menariknya budaya negeri ini beragam, termasuk kain warisan tradisional, seperti batik. Bahkan, batik asal Indonesia sudah semakin diminati masyarakat dunia sejak 2009 silam batik diakui UNESCO.

Ya, Batik Indonesia secara resmi diakui UNESCO dengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite AntarPemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak benda di Abu Dhabi. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Slideshow

HPN 2017 Mengangkat Harkat dan Martabat Maluku

Pantai Ora di Maluku (Ist) Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua memimpin langsung rapat persiapan agenda-agenda Hari Pers Nasional (HPN) 2017 pada 1 hingga 9 Februari 2017 mendatang di Kantor Gubernur

Travel Operator

Silaturahmi Minang Dunia

Rendang, kuliner khas Sumatera Barat yang terkenal (Ist) Pemerintah Kota Padang bekerja sama dengan Yayasan Almunawarah perwakilan dari Saudi Arabia serta didukung oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui Tim Percepatan Pengembangan

World Heritage

Sulut Serius Tingkatkan Kunjungan Wisman

Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya (Ist) Sebagai upaya mendongkrak potensi pariwisata Sulawesi Utara, Kementerian Perhubungan bersama pemerintah provinsi Sulawesi Utara berkomitmen mengembangkan infrastrukur transportas,i yaitu di

Festival

Ketika Wisatawan Australia Kepincut Aulia yang Pandai Menjahit

Contoh hasil karya Aulia Anwar dengan bendera Island C fashion design and tailor yang diminati wisatawan mancanegara sehingga ikut mempromosikan Indonesia di dunia (Ist) Bali selama ini tak pernah sepi

Slideshow

Love Indonesia’s Heritage di President University

President University menggandeng PATA Indonesia Chapter guna mendukung program ‘Love Indonesia’s Heritage’ yang berkaitan dengan peringatan hari kemerdekaan RI ke-70 dengan mengajukan permohonan buku hardcover mengenai World Culture Heritage Indonesia

Culture

Turis Tiongkok ke Indonesia Meningkat 45%

Press conference Rakornas III Kemenpar (Ist) Turis asal Tiongkok semakin banyak yang tertarik datang ke Indonesia. Bahkan, pertumbuhan wisatawan dari China sejak awal tahun ini hingga Juli lalu mencapai 45