Borobudur Destinasi Wisata Favorit Traveler

Candi Borobudur Dibangun Berdasarkan Ilmu Astronomi

Candi Borobudur, ikon Joglosemar yang diminati wisman (Ist)

Daya tarik Candi Borobudur di Jawa Tengah rupanya masih diminati wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara (wisman). Ikon wisata Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) yang termasuk 10 Bali baru.

Pemerintah diketahui serius mengembangkan dan mempromosikan 10 Bali baru hingga ke mancanegara. Adapun 10 Bali baru itu 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia yang tengah dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke luar negeri sebagai upaya memenuhi target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisman ke negeri ini.

Pengamatan patainanews.com, Jumat (26/5/2017), turis asing berkelompok dari terminal Jombor di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menuju Candi Borobudur di kawasan Magelang, Jawa Tengah dengan menggunakan bus. Di dalam bus, tampak wisman sumringah berkunjung ke Candi Borobudur.

Turis Asing Berlibur di Yogyakarta

Namun, tak hanya Candi Borobudur yang menjadi sasaran turis asing sebab Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga menjadi target turis asing menghabiskan waktu libur mereka selama ada di Yogyakarta sebab DIY banyak menyimpan potensi wisata yang disukai traveler, termasuk wisman. Pengamatan patainanews.com selama berada di Yogyakarta, turis asing juga terlihat di kawasan Malioboro.

turis asing

Ilustrasi wisman berlibur di Yogyakarta (Ist)

Daya tarik Daerah Istimewa Yogyakarta lantaran masih kental budaya Jawa, seperti batik yang sering dicari traveler. Ya, Yogyakarta tak pernah berhenti mempromosikan pariwisata Indonesia, budaya khas Nusantara, dan kearifan lokal di Tanah Air. Sebagai bagian Joglosemar (Joglo, Solo, Semarang) yang merupakan 10 Bali baru, yakni 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara terus melakukan promosi, termasuk menggelar Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017.

Adapun JFR 2017 digelar di Jogja City Mall (JCM) di kawasan Sleman, Yogyakarta mulai 26 Mei hingga 28 Mei lalu. JFR 2017 rupanya menjadi daya tarik bagi traveler ketika berkunjung ke DIY. Tercatat ada 41 desainer berpartisipasi dalam penyelenggaraan JFR 2017 yang mengusung tema ‘Sparkling’ selama tiga hari.

Menariknya sejumlah desainer menampilkan kain tradisional warisan Nusantara yang memikat hati penonton dan pengunjung (JCM). Berdasarkan pengamatan patainanews.com saat pembukaan di JCM, Jumat (26/5/2017), desainer yang tampil pada hari pertama tampak berupaya merebut perhatian penonton dan pengunjung JCM.

Athan Siahaan hadir dengan mengandalkan tema rancangan ‘The Power of Ulos’. Sementara MLK Batik Nusantara yang tampil dengan tema rancangan ‘MLK Batik Nusantara’, dan Rika Hermalin yang menampilkan Rancangan Aline yan mengusung tema ‘Merona’, dan masih banyak desainer lainnya.

Seperti diketahui, pariwisata Indonesia selama ini tak bisa dipisahkan dari budaya khas Nusantara dan kearifan lokal di Tanah Air yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke negeri ini.

WhatsApp Image 2017-05-28 at 11.01.37 (1)

Rika Hermalin, desainer asal Semarang, Jawa Tengah (tengah) menampilkan Rancangan Aline dengan tema ‘Merona’ dalam Jogja Fashion Rendezvous 2017 (Ist)

Adapun pemerintah tengah berupaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisman ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Menariknya budaya negeri ini beragam, termasuk kain warisan tradisional, seperti batik. Bahkan, batik asal Indonesia sudah semakin diminati masyarakat dunia sejak 2009 silam batik diakui UNESCO.

Ya, Batik Indonesia secara resmi diakui UNESCO dengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite AntarPemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak benda di Abu Dhabi. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

Nature

Festival Pasir Putih, Samosir Target 1000 Wisatawan Mancanegara

Tonggo Raja, yakni pertemuan dengan para tokoh masyarakat dan raja adat dari lima desa Kawasan Pasir Putih Parbaba (Ist) Pemerintah kabupaten Samosir di Sumatera Utara menargetkan bisa mendatangkan 1000 wisatawan

Slideshow

Menariknya Diving di Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) (Ist) Indonesia memiliki lebih dari 700 spot diving dan snorkeling. Yang sudah punya pamor untuk menyelam, antara lain Sonegat, Pulau Keraka, Pulau Syahrir

World Heritage

Selamat dan Sukses Irene Camilyn Sinaga

Irene Camelyn Sinaga (kiri) tengah berbincang dengan President/CEO PATA Indonesia Poernomo Siswoprasetijo (kemeja biru) di Palembang (Ist) Manajemen, redaksi, dan staf patainanews.com mengucapkan selamat kepada Irene Camelyn Sinaga resmi menjadi

Culture

Wisata Danau Toba Bakal Mendunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya begitu mendarat di Bandara Silangit, langsung cek lokasi dan persiapan fisik Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, di Balige, Toba

Nature

September, Mulai Shooting Film Elang Promosi Kepulauan Seribu

Imelda Budiman (keempat dari kanan) (Ist) Destinasi wisata Kepulauan Seribu termasuk dalam 10 Bali baru yang dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara sehingga akan semakin banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke

World Heritage

NengMas, Melestarikan Permainan Tradisional Indonesia Lewat Sentuhan Batik

Batik NengMas by Poetrie Hanjani (Ist) Pariwisata Indonesia tak bia lepas dari budaya Nusantara dan kearifan lokal. Banyak wisatawan mancanegara yang selama ini berkunjung ke Indonesia ternyata mereka datang ke