Borobudur Destinasi Wisata Favorit Traveler

Candi Borobudur Dibangun Berdasarkan Ilmu Astronomi

Candi Borobudur, ikon Joglosemar yang diminati wisman (Ist)

Daya tarik Candi Borobudur di Jawa Tengah rupanya masih diminati wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara (wisman). Ikon wisata Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) yang termasuk 10 Bali baru.

Pemerintah diketahui serius mengembangkan dan mempromosikan 10 Bali baru hingga ke mancanegara. Adapun 10 Bali baru itu 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia yang tengah dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke luar negeri sebagai upaya memenuhi target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisman ke negeri ini.

Pengamatan patainanews.com, Jumat (26/5/2017), turis asing berkelompok dari terminal Jombor di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menuju Candi Borobudur di kawasan Magelang, Jawa Tengah dengan menggunakan bus. Di dalam bus, tampak wisman sumringah berkunjung ke Candi Borobudur.

Turis Asing Berlibur di Yogyakarta

Namun, tak hanya Candi Borobudur yang menjadi sasaran turis asing sebab Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga menjadi target turis asing menghabiskan waktu libur mereka selama ada di Yogyakarta sebab DIY banyak menyimpan potensi wisata yang disukai traveler, termasuk wisman. Pengamatan patainanews.com selama berada di Yogyakarta, turis asing juga terlihat di kawasan Malioboro.

turis asing

Ilustrasi wisman berlibur di Yogyakarta (Ist)

Daya tarik Daerah Istimewa Yogyakarta lantaran masih kental budaya Jawa, seperti batik yang sering dicari traveler. Ya, Yogyakarta tak pernah berhenti mempromosikan pariwisata Indonesia, budaya khas Nusantara, dan kearifan lokal di Tanah Air. Sebagai bagian Joglosemar (Joglo, Solo, Semarang) yang merupakan 10 Bali baru, yakni 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara terus melakukan promosi, termasuk menggelar Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017.

Adapun JFR 2017 digelar di Jogja City Mall (JCM) di kawasan Sleman, Yogyakarta mulai 26 Mei hingga 28 Mei lalu. JFR 2017 rupanya menjadi daya tarik bagi traveler ketika berkunjung ke DIY. Tercatat ada 41 desainer berpartisipasi dalam penyelenggaraan JFR 2017 yang mengusung tema ‘Sparkling’ selama tiga hari.

Menariknya sejumlah desainer menampilkan kain tradisional warisan Nusantara yang memikat hati penonton dan pengunjung (JCM). Berdasarkan pengamatan patainanews.com saat pembukaan di JCM, Jumat (26/5/2017), desainer yang tampil pada hari pertama tampak berupaya merebut perhatian penonton dan pengunjung JCM.

Athan Siahaan hadir dengan mengandalkan tema rancangan ‘The Power of Ulos’. Sementara MLK Batik Nusantara yang tampil dengan tema rancangan ‘MLK Batik Nusantara’, dan Rika Hermalin yang menampilkan Rancangan Aline yan mengusung tema ‘Merona’, dan masih banyak desainer lainnya.

Seperti diketahui, pariwisata Indonesia selama ini tak bisa dipisahkan dari budaya khas Nusantara dan kearifan lokal di Tanah Air yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke negeri ini.

WhatsApp Image 2017-05-28 at 11.01.37 (1)

Rika Hermalin, desainer asal Semarang, Jawa Tengah (tengah) menampilkan Rancangan Aline dengan tema ‘Merona’ dalam Jogja Fashion Rendezvous 2017 (Ist)

Adapun pemerintah tengah berupaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisman ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Menariknya budaya negeri ini beragam, termasuk kain warisan tradisional, seperti batik. Bahkan, batik asal Indonesia sudah semakin diminati masyarakat dunia sejak 2009 silam batik diakui UNESCO.

Ya, Batik Indonesia secara resmi diakui UNESCO dengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite AntarPemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak benda di Abu Dhabi. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Investments

PT Pelindo III Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Pertamina dan IBT

Kerja sama yang dilakukan Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III melalui salah satu anak usahanya, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) atau BJTI Port melakukan kerja sama

Heritage

Tanjung Lesung Melesat ke Pentas Dunia Lewat Banten Travel Mart 2017

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung pagelaran Banten Travel Mart yang pertama kali diselenggarakan di Tanjung Lesung Beach Resort pada 19 hingga 21 April mendatang. Adapun forum

Airlines

Buktikan Sendiri Menginap di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Premiere Suite di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten tak salah disebut sebagai pusat MICE terbesar di negeri ini. Tercatat ICE sudah

Tourism

Menteri Pariwisata Apresiasi Dikna Faradiba

Dikna Faradiba (keempat dari kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi apresiasi kepada Putri Pariwisata Indonesia 2015 Dikna Faradiba yang berhasil meraih gelar Miss Southeast Asia Tourism Ambassadress 2016/2017. Siaran

Heritage

2000 Turis Cruise Kunjungi Tanjung Emas

Menyambut wisatawan asing di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (Ist) Tak kurang dari dua ribu wisatawan asing singgahi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah yang dikelola manajemen PT Pelabuhan Indonesia III

Airlines

Tapis Lampung yang Menarik Minat Wisatawan

Kain Tapis khas Lampung yang dibuat masyarakat yang tergabung dalam PKBM Mutiara di Bandar Lampung (Ist) Kain khas tradisional asal Lampung, Tapis menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari budaya