Branding dalam Pariwisata Penting

kotabaru

Wisata bahari di Indonesia (Ist)

Sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, maka Kementerian Pariwisata pun melakukan promosi. Dalam melakukan promosi pariwisata Indonesia ke mancanegara, maka promosi yang dilakukan adalah own dan social media.

I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata mengatakan, branding (citra) dalam dunia pariwisata sangatlah penting.

“Kita belajar dari tetangga dan industri yang berjualan secara langsung, semua negara berlomba melakukan branding yang banyak. Dimana branding adalah investasi, hasilnya tidak bisa ditingkatkan secara linear. Di pariwisata, citra sangat penting karena tourism is image industry. Kita yang menentukan pariwisata itu sendiri dan harus yakin sehingga tidak membuang uang dalam melakukanbranding,” paparnya kepada wartawan di Hotel Santika Cirebon, Jawa Barat belum lama ini.

Menurutnya, branding merupakan terobosan penting yang harus dilakukan khususnya di bidang pariwisata Tanah Air. “Branding bukan sebatas ‘Wonderful Indonesia’ atau ‘Pesona Indonesia’ tetapi pengenalan Indonesia di pasar. Jadi kalau film Indonesia diputar di luar negeri itu bisa dikatakan branding dan bukan sebatas memasang logo ‘Wonderful Indonesia’ atau ‘Pesona Indonesia’,” paparnya.

Pitana menyatakan jika branding merupakan investasi yang harus dilakukan dalam dunia pariwisata. “Eksistensi dan citra dalam industri sangat penting, dalam pariwisata hal itu lebih penting lagi. Image seperti apa, kita yang tentukan semuanya. Oleh karena itu kita semakin yakin tidak membuang uang melalui branding,” kata Pitana.

Hasilnya, jelas Pitana, Branding “Wonderful Indonesia’ masuk peringkat 47 branding terbaik dunia versi Travel and Tourism Compettitiveness Index World Economic Forum (WEF). Meningkat dari sebelumnya di peringkat 140 dari 144 negara.

Bahkan, dengan memiliki logo ‘Pesona Indonesia’ maka akan mensimbolkan arti pariwisata secara keseluruhan. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Slideshow

‘Rakyat Itu Sumber Inspirasi dan Kekuatan TNI’

Persiapan sebelum mendaki (Ist) Meski hujan menyiram Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, para  pecinta alam tetap bersemangat untuk mendaki. Semangat itu dipompa dari pembekalan Asisten Potensi Maritim KSAL Mayjen

Culture

Promosikan Wisata, KRI Dewaruci tiba di Lombok

logo PT Pelindo III (Ist) Kapal legendaris, KRI Dewaruci sandar di PT Pelindo III Lembar, Nusa Tenggara Barat di Dermaga Nusantara II pada Senin (12/9/2016) . Kapal yang telah mengelilingi

Slideshow

Putera-Puteri Maritim Indonesia 2017 akan Ikut Promosikan Wisata Bahari Nusantara

Press conference Putera-Puteri Maritim Indonesia 2017 (Ist) Pemenang Putera-Puteri Maritim Indonesia 2017 akan ikut terlibat mempromosikan pariwisata Nusantara, khususnya wisata bahari Indonesia.  Hal tersebut dijelaskan Laksamana (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno

Airlines

Indonesia Bidik Turis Mongolia

Peresmian Mongolian Tourism Information Center (Ist) Manajemen PT Banten West Java (BWJ) optimistis wisatawan asal Mongolia akan tertarik berkunjung ke Indonesia, termasuk menikmati keindahan Tanjung Lesung yang ada di Banten.

World Heritage

Turis Tiongkok Suka Wisata Bahari Indonesia

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penjualan paket wisata bahari diperkirakan bakal menjadi primadona di event pameran pariwisata internasional, PATA Travel Mart 2016 di ICE di BSD City, Banten pada 7

All About Indonesia

Jokowi Bakal Dua Periode Presiden RI

Relawan Jokowi untuk pemenangan Jokowi 2 periode menjadi Presiden RI (Ist) Relawan Jokowi Bara JP mengadakan refleksi relawan tahun 2017 dan mulai gerak cepat siap menuju tahun Pemilu 2019 untuk