Branding dalam Pariwisata Penting

kotabaru

Wisata bahari di Indonesia (Ist)

Sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, maka Kementerian Pariwisata pun melakukan promosi. Dalam melakukan promosi pariwisata Indonesia ke mancanegara, maka promosi yang dilakukan adalah own dan social media.

I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata mengatakan, branding (citra) dalam dunia pariwisata sangatlah penting.

“Kita belajar dari tetangga dan industri yang berjualan secara langsung, semua negara berlomba melakukan branding yang banyak. Dimana branding adalah investasi, hasilnya tidak bisa ditingkatkan secara linear. Di pariwisata, citra sangat penting karena tourism is image industry. Kita yang menentukan pariwisata itu sendiri dan harus yakin sehingga tidak membuang uang dalam melakukanbranding,” paparnya kepada wartawan di Hotel Santika Cirebon, Jawa Barat belum lama ini.

Menurutnya, branding merupakan terobosan penting yang harus dilakukan khususnya di bidang pariwisata Tanah Air. “Branding bukan sebatas ‘Wonderful Indonesia’ atau ‘Pesona Indonesia’ tetapi pengenalan Indonesia di pasar. Jadi kalau film Indonesia diputar di luar negeri itu bisa dikatakan branding dan bukan sebatas memasang logo ‘Wonderful Indonesia’ atau ‘Pesona Indonesia’,” paparnya.

Pitana menyatakan jika branding merupakan investasi yang harus dilakukan dalam dunia pariwisata. “Eksistensi dan citra dalam industri sangat penting, dalam pariwisata hal itu lebih penting lagi. Image seperti apa, kita yang tentukan semuanya. Oleh karena itu kita semakin yakin tidak membuang uang melalui branding,” kata Pitana.

Hasilnya, jelas Pitana, Branding “Wonderful Indonesia’ masuk peringkat 47 branding terbaik dunia versi Travel and Tourism Compettitiveness Index World Economic Forum (WEF). Meningkat dari sebelumnya di peringkat 140 dari 144 negara.

Bahkan, dengan memiliki logo ‘Pesona Indonesia’ maka akan mensimbolkan arti pariwisata secara keseluruhan. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Travel Operator

Jababeka Kembangkan Destinasi Wisata Cikarang

Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono (kiri) (Ist) Pariwisata Indonesia seperti tidak pernah kehabisan bahan bakar. Kali ini ada kawasan industri yang ikut memanaskan pariwisata Indonesia. Pertengahan bulan ini ada

Slideshow

Nikmati Wisata Kuliner Khas Daerah Selama Libur Lebaran

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisara (Forwapar) (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menggelar dialog dan silaturahmi dengan wartawan pariwisata yang tergabung dalam Forum

Hotel

PATA Indonesia Chapter Ajak Dorsett Promosikan Indonesia di Dunia

Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono Pemerintah telah mencanangkan target bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 mendatang. Karenanya PATA Indonesia Chapter mengajak Dorsett Internasional untuk melakukan promosi wisata

Travel Operator

Indonesia Berjaya di Negeri Jiran

Dikna Faradiba (Ist) Malam final Miss Tourism International telah berlangsung di Malaysia. Dikna Faradiba, perwakilan dari Indonesia pun berhasil meraih sejumlah penghargaan di ajang ini. Dikna Faradiba, Putri Pariwisata 2015

Slideshow

Lindy Ann Siap Tampilkan The Golden Route di JFW 2015

Lindy Ann (tengah) diapit dua model Sebagai upaya ikut melestarikan wastra Indonesia, khususnya batik, Lindy Ann Umarhadi yang dikenal sebagai perancang busana etnik di Tanah Air tengah menyiapkan koleksi yang

Slideshow

Tanjung Lesung Hadir di Deep and Extreme Indonesia 2018

Berita Foto: Destinasi wisata Tanjung Lesung yang terletak di Pandeglang, Banten ikut serta mempromosikan keindahan destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali baru ini di Deep and Extreme Indonesia 2018.