Branding dalam Pariwisata Penting

kotabaru

Wisata bahari di Indonesia (Ist)

Sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, maka Kementerian Pariwisata pun melakukan promosi. Dalam melakukan promosi pariwisata Indonesia ke mancanegara, maka promosi yang dilakukan adalah own dan social media.

I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata mengatakan, branding (citra) dalam dunia pariwisata sangatlah penting.

“Kita belajar dari tetangga dan industri yang berjualan secara langsung, semua negara berlomba melakukan branding yang banyak. Dimana branding adalah investasi, hasilnya tidak bisa ditingkatkan secara linear. Di pariwisata, citra sangat penting karena tourism is image industry. Kita yang menentukan pariwisata itu sendiri dan harus yakin sehingga tidak membuang uang dalam melakukanbranding,” paparnya kepada wartawan di Hotel Santika Cirebon, Jawa Barat belum lama ini.

Menurutnya, branding merupakan terobosan penting yang harus dilakukan khususnya di bidang pariwisata Tanah Air. “Branding bukan sebatas ‘Wonderful Indonesia’ atau ‘Pesona Indonesia’ tetapi pengenalan Indonesia di pasar. Jadi kalau film Indonesia diputar di luar negeri itu bisa dikatakan branding dan bukan sebatas memasang logo ‘Wonderful Indonesia’ atau ‘Pesona Indonesia’,” paparnya.

Pitana menyatakan jika branding merupakan investasi yang harus dilakukan dalam dunia pariwisata. “Eksistensi dan citra dalam industri sangat penting, dalam pariwisata hal itu lebih penting lagi. Image seperti apa, kita yang tentukan semuanya. Oleh karena itu kita semakin yakin tidak membuang uang melalui branding,” kata Pitana.

Hasilnya, jelas Pitana, Branding “Wonderful Indonesia’ masuk peringkat 47 branding terbaik dunia versi Travel and Tourism Compettitiveness Index World Economic Forum (WEF). Meningkat dari sebelumnya di peringkat 140 dari 144 negara.

Bahkan, dengan memiliki logo ‘Pesona Indonesia’ maka akan mensimbolkan arti pariwisata secara keseluruhan. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Slideshow

Meriahkan HUT Korpri, Kemenpar Gelar Lomba Foto

Lomba foto HUT ke-47 Korpri (Ist) Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 Korpri, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar lomba fotografi seputar aktivitas aparatur sipil negara (ASN). “HUT Korpri adalah pestanya ASN

Culture

Target 17 Juta Wisman akan Tercapai di 2018

Tedjo Iskandar (duduk ketiga dari kanan) Target pemerintah untuk kunjungan wisatawan mancanegara yang mencapai 17 juta wisman pada tahun ini diperkirakan akan tercapai. Hal tersebut disampaikan Founder TTC Travel Mart

Investments

PT Pelindo III Kenalkan Maritim dan Pelabuhan

General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak Joko Noerhudha mengajar (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III menugaskan kepada para pimpinan perusahaan di daerah (General Manager-red) untuk tampil menjadi

Destinations

DPP ASITA Dukung Menparekraf Wishnutama

Ketua Umum DPP ASITA Nunung Rusmiati bersama Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandi0 (Ist) DPP ASITA memberikan dukungan terhadap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Tour Package

Potensi Turis Korsel ke Indonesia Besar

Ilustrasi turis asing di Indonesia (Ist) Wisatawan asal Korea Selatan (Korsel) semakin suka berkunjung ke Indonesia. Mereka datang ke negeri ini menikmati beragam destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Kehadiran

World Heritage

YPSWI Berharap Kerja Sama dengan Menparekraf Wishnutama

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (kanan) Ketua Yayasan Pariwisata Spa & Wellness Indonesia (YPSWI) Trisya Suherman berharap bisa terjalin kerja sama yang baik dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi