Budaya Melengkapi Pariwisata Indonesia

peserta putri

Finalis Putri Pariwisata 2016 beraksi (Ist)

Keanekaragaman budaya negeri ini menjadi daya tarik paling besar bagi turis asing untuk berkunjung ke Indonesia. Dan, tak bisa dipungkiri masih banyak wisatawan mancanegara ke negeri ini lantaran terpikat dengan budaya khas Indonesia.

Demikian penjelasan Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Kemenpar dalam jumpa pers Welcome Dinner Karantina Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2016 di Balairung Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/9/2016).

“60 persen turis asing berkunjung ke Indonesia karena faktor budaya sehingga budaya Nusantara memiliki peran penting untuk mendatangkan wisatawan mancanegara,” paparnya.

Esthy menjawab patainanews.com bahwa budaya bisa digabungkan dengan pariwisata, seperti budaya dengan wisata bahari sehingga akan semakin banyak turis asing yang tertarik datang ke Indonesia.

Adapun pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2016 mengusung tema mengenai budaya Indonesia.

Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2016

Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia kembali digelar. Gelaran Putri Pariwisata Indonesia 2016 kali ini sedikit berbeda karena diisi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih beragam dan bermanfaat.

Putri Pariwisata Indonesia 2016 ini digelar untuk kesembilan kalinya oleh EL JOHN Pageants selaku penyelenggara yang didukung Kementerian Pariwisata Indonesia, serta beberapa lembaga, mitra dan sponsor.

Founder and Chairman EL JOHN Pageants Johnnie Sugiarto selaku penyelenggara menerangkan, pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2016 ini diselenggarakan dengan masa karantina mulai dari 17 September hingga 1 Oktober mendatang.

Memanfaatkan momen World Tourism Day atau hari pariwisata dunia yang jatuh pada 27 September, para finalis pilihan ini diajarkan dan dipupuk rasa pedulinya kepada kekayaan alam dan budaya bangsa hingga akhirnya dapat menjadi duta wisata Tanah Air. 

“Organisasi Pariwisata Dunia merayakan Hari Pariwisata Sedunia setiap tanggal 27 September setiap tahunnya. Melihat momentum ini kami semakin semangat agar putri-putri duta wisata ini dapat menjadi duta yang menginspirasi masyarakat luas mengenai pentingnya menjaga dan mengetahui lebih baik destinasi wisata Indonesia,” ujar Johnnie dalan Welcome Dinner Karantina Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2016 di Balairung Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/9/2016).

Johnnie menambahkan, gelaran karantina Putri Pariwisata Indonesia kali ini diisi dengan sejumlah jadwal yang padat dan bermanfaat.

Dari kunjungan ke Taman Safari Indonesia di Cisarua Bogor, berkunjung ke kantor Markplus hingga talent show di Summarecon Mal Serpong.

“Dan tak kalah penting para finalis akan mengikuti psikotes dan medical check-up yang didukung oleh Rumah Sakit Awal Bros Evasari,” pungkas Johnnie.

Pada karantina yang digelar di Ibis Budget Daan Mogot Jakarta ini, para finalis juga akan mengikuti sejumlah kelas materi dari berbagi narasumber yang kompeten di bidangnya.

Dari kelas pariwisata, kesehatan, kecantikan, tehnologi informasi, fotografi hingga informasi publik. Pematerinyapun berasal dari beragam instansi, seperti dari Kementerian Pariwisata, Taman Safari, Google, LT Pro Professional Make-up, Lumina Fotography dan Markplus.

Putri Pariwisata Indonesia adalah sebuah kontes kecantikan yang berfokus pada kepedulian terhadap promosi dan pengembangan pariwisata Tanah Air.

Kegiatan pemilihan Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia dimulai dari tahap audisi, tahap pengumuman peserta lolos audisi, masa karantina dan grand final tanggal 30 September di Studio Rajawali Televisi (RTV).

Tahun ini, acara yang diadakan oleh EL JOHN Pageants mengangkat tema ‘Enjoying Indonesia’s Wonderful Culture’, yaitu menikmati Indonesia dengan budaya yang menakjubkan.

Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2016, 37 finalis menampilkan kegiatan yang menarik yang berkaitan dengan budata Indonesia. Para finalis menunjukkan bakat dan keahliannya di Panggung Broadway Summarecon Mal Serpong (SMS).

Founder and Chairman EL JOHN Pageants Johnnie Sugiarto menjelaskan, menariknya evening gown dan busana nasional modifikasi ini dibawa para finalis dari daerahnya masing-masing.

“Mereka mempercayakan desainer-desainer setempat untuk mendesain dan menyiapkan busana yang mereka tampilkan,” ujar Johnnie pada Malam Bakat Karantina PemilihanPutri Pariwisata Indonesia 2016 di Summarecon Mal Serpong, Banten (24/9/2016).

Johnnie menjelaskan, terkait uji bakat, ke-37 finalis juga menampilkan bakat yang beragam.Dari menari tari tradisional, tari modern, memainkan alat musik hingga menyanyi.

“Bakat ini pun telah mereka siapkan dari jauh-jauh hari sebelum masa karantina dimulai pada tanggal 17 September lalu,” terang Johnnie dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Sementara Kepala Seksi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Dewi Utari yang ditemui patainanews.com di SMS mengatakan bahwa kegiatan pemilihan Putri Pariwisata 2016 di SMS menjadi peluang dan tantangan bagi pariwisata Banten untuk semakin dikenal sehingga semakin banyak wisatawan Nusantara dan wisatawan asing berkunjung ke Banten.

Ia mengatakan sebelumnya pada 7 hingga 9 September lalu digelar PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten. (Gabriel Bobby)

 





About author



You might also like

Heritage

Kotabaru akan Gelar Festival Katir Race

Terumbu Karang di Samber Gelap, Kotabaru  Kotabaru di Kalimantan Selatan memang memiliki beragam pesona wisata. Tak hanya Samber Gelap yang menjadi andalan wisata bahari dan Wahana Hutan Meranti untuk menarik

Cuisine

Pariwisata Indonesia Memadukan Business dan Leisure

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, Ketua AKSES, Suroto, GM Pacto Baliprima Holidays Rika Larasati, dan Praktisi MICE PNJ Christina L Raudatin menjadi narasumber dalam FGD

Tourism

Pariwisata Andalan Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo Pariwisata kini menjadi primadona di Indonesia. Sektor pariwisata diharapkan menjadi penyumbang devisa negara terbesar pada 2019 mendatang. Hal

Tour Package

Tanjung Lesung yang Semakin Lengkap

Peletakan batu pertama Dive Center di Tanjuug Lesung (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten kini semakin lengkap sebab tengah dibangun Dive Center. Tak hanya itu, manajemen PT Banten

Culture

‘Sabang adalah Destinasi Wisata Bahari Dunia’

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dwisuryo Indroyono Soesilo (tengah) Sabang Marine Festival (SMF) 2018 dipastikan diikuti sebanyak 22 kapal yacht dari mancanegara. Event tersebut berlangsung di

Travel Operator

Hotel Neo Samadikun Ikut Promosikan Pariwisata Cirebon

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Pariwisata Cirebon kini semakin bergairah yang kunjungan wisatawan pun meningkat ke Kota Udang ini. Kendati demikian, pariwisata Cirebon tak berpuas diri. Sebut saja Hotel Neo Samadikun