Bukan Mimpi Berlayar dengan Kapal Perang TNI AL KRI Makassar 590

kapal perang

Kapal Perang TNI AL KRI Makassar 590 (Ist)

Dari kejauhan di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) di Surabaya, Jawa Timur, kapal perang TNI AL KRI Makassar 590 terlihat begitu gagah. Dan, ketika masuk ke dalam KRI Makassar 590 merupakan mimpi yang menjadi kenyataan.

Bangun tidur selepas menginap di Surabaya, seakan tak percaya bisa ikut berlayar bersama kapal perang TNI AL ini dari Surabaya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Banyak peserta Sail Journalist 2016 yang mengaku belum pernah naik kapal perang milik TNI AL dan menjadi pengalaman baru ketika ikut berlayar bersama KRI Makassar 590.

Pelayaran bersama wartawan lainnya itu merupakan bagian dari rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2016. Ya, saat menginjak KRI Makassar 590, terasa bangga sebagai warga negara Indonesia bisa melihat dari dekat alutsista milik TNI AL ini dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Menariknya KRI Makassar 590 rupanya bisa bersahabat dengan wartawan. Perjalanan dimulai Jumat, 5 Februari dariKoarmatim Surabaya. Peserta Sail Journalist 2016 pun mengabadikan momen ini. Mulai mengambil gambar hingga merekam segala sudut KRI Makassar.

Sehari semalam menjalani perjalanan, peserta Sail Journalist 2016 mengikuti berbagai acara yang berlangsung di ruangan perwira Deck F KRI Makassar. Adapun kedisiplinan adalah hal utama ketika berada di kapal perang ini.

Meski bebas beraktivitas, peserta diwajibkan menaati peraturan salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak boleh menekan tombol sembarangan. Jika nekat, siap-siap ditegur prajurit KRI Makassar.

kri makassar

patainanews.com Berpose di Depan KRI Makassar 590 (Ist)

Helipad menjadi tempat favorit bagi para peserta Sail Journalist 2016. Di area ini, peserta asyik melihat pemandangan laut yang biru, terutama ketika sore dan pagi hari. Kopi dan teh hangat menjadi teman baik para peserta Sail Journalist 2016 ketika melihat pemandangan laut sambil berbincang akrab dengan peserta lainnya.

Untuk makanan tak perlu khawatir lantaran ada makanan yang disediakan, seperti tempe goreng buatan para personel TNI AL KRI Makassar yang tak kalah enak dari chef hotel bintang lima atau chef di wisata kapal pesiar.

Disiplin, itu menjadi kebiasaan. Selesai makan, peserta harus menaruh piring kotor di tempatnya. Malam hari selepas diskusi menjadi tenang karena peserta memilih istirahat di ranjang yang selama ini biasa ditiduri prajurit TNI AL, yakni tiga tingkat.

Kamar-kamar prajurit perempuan dan laki-laki tentunya dipisah. Dilihat, kamar-kamar prajurit ini cukup bagus dan ada pendingin ruangan yang menyemburkan udara dingin. Namun, dini hari pendingin ruangan ini terasa lebih dingin sehingga sejumlah peserta menggigil kedinginan.

Selama pelayaran, peserta ketika berada dalam ruangan kesulitan untuk berkomunikasi karena sinyal ponsel mendadak lemah sehingga ketika ingin melakukan komunikasi dengan ‘dunia luar’, maka harus bergeser ke ruang terbuka.

Dan, keesokan harinya, Sabtu, 6 Februari, KRI Makassar 590 tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Adapun patainanews.com berkesempatan hadir mengikuti puncak peringatan HPN 2016 di Lombok juga didukung d’Praya Lombok Hotel dan Warteg Kharisma Bahari (WKB). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Mencari Penerus Lois Merry Tangel di Semarang

Roadshow El John Pageants keliling Indonesia mencari Putri Pariwisata Indonesia 2017 sampai ke Semarang pada 8 hingga 9 Mei mendatang (Ist) El John Pageants tengah melakukan roadshow keliling Indonesia mencari

Indonesiaku

Selena Gomez Sukses Konser di ICE

Konser Selena Gomez (Ist) Selena Marie Gomez atau yang lebih akrab disapa Selena Gomez sukses menghibur ribuan Selenator -sebutan fans Selena Gomez- dalam konsernya ‘Revival Tour’ di Indonesia Convention Exhibition

Indonesiaku

FPMDI Usulkan Calon Anggota Dewan Pers

Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) (Ist) Dewan Pers akan selesai pada Februari 2016 mendatang. Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) ikut menyikapi pengumuman dari Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA)

Slideshow

RI Tuan Rumah Konferensi Pelabuhan Dunia

PT Pelindo III menjadi sebagai salah satu pelaksana  he 30th IAPH Port World Conference di Bali (Ist) Para pelaku usaha kepelabuhanan dan pendukungnya dari seluruh penjuru dunia akan berkumpul di

Indonesiaku

Libur Lebaran, TNI Jamin Keamanan Wisatawan di NTB

Aparat keamanan yang bertugas di Nusa Tenggara Barat (NTB), termasuk dari jajaran TNI menjamin keamanan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang tengah berlibur di destinasi wisata, seperti Lombok selama Ramadan

Indonesiaku

Gairah Libur Tahun 2016

Meski tahun ini belum selesai, pemerintah telah menetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2016 sehingga kepastian ini tentunya akan memudahkan bagi wisatawan untuk berkunjung ke beragam destinasi yang