Bukan Mimpi Berlayar dengan Kapal Perang TNI AL KRI Makassar 590

kapal perang

Kapal Perang TNI AL KRI Makassar 590 (Ist)

Dari kejauhan di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) di Surabaya, Jawa Timur, kapal perang TNI AL KRI Makassar 590 terlihat begitu gagah. Dan, ketika masuk ke dalam KRI Makassar 590 merupakan mimpi yang menjadi kenyataan.

Bangun tidur selepas menginap di Surabaya, seakan tak percaya bisa ikut berlayar bersama kapal perang TNI AL ini dari Surabaya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Banyak peserta Sail Journalist 2016 yang mengaku belum pernah naik kapal perang milik TNI AL dan menjadi pengalaman baru ketika ikut berlayar bersama KRI Makassar 590.

Pelayaran bersama wartawan lainnya itu merupakan bagian dari rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2016. Ya, saat menginjak KRI Makassar 590, terasa bangga sebagai warga negara Indonesia bisa melihat dari dekat alutsista milik TNI AL ini dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Menariknya KRI Makassar 590 rupanya bisa bersahabat dengan wartawan. Perjalanan dimulai Jumat, 5 Februari dariKoarmatim Surabaya. Peserta Sail Journalist 2016 pun mengabadikan momen ini. Mulai mengambil gambar hingga merekam segala sudut KRI Makassar.

Sehari semalam menjalani perjalanan, peserta Sail Journalist 2016 mengikuti berbagai acara yang berlangsung di ruangan perwira Deck F KRI Makassar. Adapun kedisiplinan adalah hal utama ketika berada di kapal perang ini.

Meski bebas beraktivitas, peserta diwajibkan menaati peraturan salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak boleh menekan tombol sembarangan. Jika nekat, siap-siap ditegur prajurit KRI Makassar.

kri makassar

patainanews.com Berpose di Depan KRI Makassar 590 (Ist)

Helipad menjadi tempat favorit bagi para peserta Sail Journalist 2016. Di area ini, peserta asyik melihat pemandangan laut yang biru, terutama ketika sore dan pagi hari. Kopi dan teh hangat menjadi teman baik para peserta Sail Journalist 2016 ketika melihat pemandangan laut sambil berbincang akrab dengan peserta lainnya.

Untuk makanan tak perlu khawatir lantaran ada makanan yang disediakan, seperti tempe goreng buatan para personel TNI AL KRI Makassar yang tak kalah enak dari chef hotel bintang lima atau chef di wisata kapal pesiar.

Disiplin, itu menjadi kebiasaan. Selesai makan, peserta harus menaruh piring kotor di tempatnya. Malam hari selepas diskusi menjadi tenang karena peserta memilih istirahat di ranjang yang selama ini biasa ditiduri prajurit TNI AL, yakni tiga tingkat.

Kamar-kamar prajurit perempuan dan laki-laki tentunya dipisah. Dilihat, kamar-kamar prajurit ini cukup bagus dan ada pendingin ruangan yang menyemburkan udara dingin. Namun, dini hari pendingin ruangan ini terasa lebih dingin sehingga sejumlah peserta menggigil kedinginan.

Selama pelayaran, peserta ketika berada dalam ruangan kesulitan untuk berkomunikasi karena sinyal ponsel mendadak lemah sehingga ketika ingin melakukan komunikasi dengan ‘dunia luar’, maka harus bergeser ke ruang terbuka.

Dan, keesokan harinya, Sabtu, 6 Februari, KRI Makassar 590 tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Adapun patainanews.com berkesempatan hadir mengikuti puncak peringatan HPN 2016 di Lombok juga didukung d’Praya Lombok Hotel dan Warteg Kharisma Bahari (WKB). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Indonesiaku

Mencintai Alam untuk Mendekatkan Diri kepada Sang Pencipta

Elpala SMA 68 Jakarta (Ist) Kegiatan pencinta alam merupakan salah satu cara pelajar untuk dapat mendekatkan diri kepada Tuhan karena melalui alam para pelajar dapat merasakan betapa besar karunia Tuhan

Indonesiaku

Februari, Kediri Kombinasikan Pariwisata dan Kegiatan Sosial

Kediri memadukan kegiatan sosial dan pariwisata (Ist) Kediri yang terletak di Jawa Timur pada 24 Februari mendatang akan menggelar acara yang cukup unik, yakni menggabungkan kegiatan sosial dan pariwisata. Diawali

Indonesiaku

1300 Jurnalis akan Meriahkan World Press Freedom Day

Wartawan siap meriahkan World Press Freedom Day 2017 (Ist) Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersama Dewan Pers melaksanakan jalan santai untuk mempromosikan peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia (World Press Freedom

Indonesiaku

Menumbuhkan Nasionalisme Mengenal Nusantara

Siswa Mengenal Nusantara (Ist) Memperingati HUT RI ke-71, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang mengajak ribuan pelajar SMA di Indonesia untuk saling

Indonesiaku

Pemenang Kuis GMT 2016

Voucher menginap di grandkemang Jakarta (Ist) Informasi dari Hesti R, pemenang kuis gerhana matahari total (GMT) 2016 yang diselenggarakan patainanews.com menjelang GMT 2016: Selamat siang redaksi patainanews.com,Hadiah voucher menginapnya sudah

Indonesiaku

Kukar Capai Nilai Tertinggi LAKIP 2016 Se-Kaltim

Bupati Kukar Rita Widyasari menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dalam hal Laporan Akutanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2016 dengan skor 66,10 lebih tinggi