Candi Borobudur Masih Favorit Wisatawan Asing

candi borobudur 1

Wisatawan di Candi Borobudur (Ist)

Pesona Candi Borobudur ternyata masih besar lantaran masih banyak wisatawan asing yang tertarik datang ke warisan dunia yang telah diakui UNESCO ini selepas berkunjung ke Yogyakarta.

“Ada beberapa wisatawan asing yang masih ingin melihat Candi Borobudur. Biasanya bagi mereka yang kunjungannya sudah lama dilakukan. Tetapi ada juga yang ingin menunjukkan ke kerabat atau famili mereka perihal candi,” tutur Udhi Sudiyanto, Ketua Asita Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2015-2019 ketika dihubungi patainanews.com, Rabu (23/9/2015).

Adapun Joglosemar (Jogja Solo Semarang) yang digagas pemerintah melalui Kementerian Pariwisata memang bisa mendorong peningkatan wisatawan mancanegara datang ke Candi Borobudur tak ditampik Udhi.

Kendati demikian, menurutnya, tentu semua tergantung pada keseriusan kita dalam mengemas dengan paket yang baik dan layak jual. “Perlu kajian yang mendalam perihal kesiapan tujuan wisata, transportasi dan sumber daya manusia di setiap lini sehingga harus benar-benar matang persiapannya,” paparnya.

Disamping itu, lanjutnya, harus ada pemasaran yang menyeluruh dan terus menerus. “Menyeluruh dilakukan oleh setiap pelaku pariwisata dan pemerintah sebagai fasilitator, terus menerus artinya kita dalam mencapai tujuan pemasaran, awalnya kita harus membuat branding awareness,” ucapnya.

Ia menyambut baik Joglosemar sehingga pelaku bisnis pariwisata di Yogyakarta siap mendukung Joglosemar yang digagas pemerintah. “Kita harus pastikan, kemana arah pemasarannya sehingga kita tahu apa yang perlu dipersiapkan. Karena kalau Joglosemar titik awalnya bisa di Kota Tua Semarang atau Gedung Batu (Sam Poo Khong). Kalau dari Kota Tua artinya kita akan bidik market Belanda, tetapi kalau Sam Poo Khong market share-nya adalah daratan China. Tentu persiapannya lain,” urainya. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Airlines

2018, Turis Malaysia akan Nonton ASIAN GAMES 2018 di Palembang

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Pentas event olahraga prestisius di kawasan Asia, ASIAN GAMES 2018 sudah dipastikan Indonesia menjadi tuan rumah dengan penyelenggaraan di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Karenanya

Cuisine

Rayakan HUT RI ke-71 di Tanjung Lesung

Berita Foto: Dapatkan harga spesial perayaan Kemerdekaan RI ke-71 mulai dari Rp900 ribuan di Tanjung Lesung Beach Hotel. (Ist)

Festival

Lombok Diminati Wisatawan Timteng

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal (Ist)  Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal kawasan Timur Tengah (Timteng) menjadi incaran Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). “Untuk

Indonesiaku

Gubernur DKI Jakarta Dukung PATA Tavel Mart 2016

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di Jakarta. “Saya mewakili seluruh jajaran pemerintah provinsi DKI Jakarta mendukung penuh penyelenggaraan PATA Travel Mart

Festival

Pemerintah Apresiasi Palu Serius Sambut GMT 2016

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi kepada Palu di Sulawesi Tengah yang serius menyiapkan acara menyambut fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016.

SightSeeing

Menanti Tumpeng Vegetarian Chef Chitra

Inilah sosok chef yang gemar kuliner Indonesia. Ya, chef berparas cantik ini mengaku dirinya memang menyukai masakan asli Nusantara sehingga ia pun sering membuat menu baru dalam beragam masakan khas