Cara Cerdas SD Darmono

SD Darmono Chairman PATA Indonesia Chapter

Dalam bisnis, ketepatan waktu merupakan hal penting bagi kelancaran bisnis. Di Jakarta, kendala dalam urusan waktu yang dihadapi adalah kemacetan.

Diprediksi dalam 10 tahun kedepan Jakarta meski akan berkurang, namun masih akan tetap menghadapi masalah kemacetan. Hal tersebut yang dibahas Presiden Komisaris PT Jababeka Tbk SD Darmono dengan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Djarot S Hidayat pada hari Jumat (18/3/2016) di Ruang Rapat Gedung Balai Kota DKI Jakarta.

“Cikarang menuju Jakarta, 20 tahun yang lalu hanya memerlukan waktu 30 menit, sekarang paling cepat memerlukan waktu rata-rata 2 jam perjalanan,” kata Darmono.

Menurut Darmono, di kawasan Cikarang, terdapat 2000 pabrik dan sepanjang Tol Cikampek terdapat 18 Kawasan Industri yang didalamnya terdapat 5000 Pabrik.

“Pabrik akan tutup apabila pengiriman bahan bakunya telat, eksekutif yang ingin ke airport memerlukan waktu enam jam,” katanya.

Saat ini terdapat layanan helikopter sebanyak tiga operator, namun biaya sewa yang ditawarkan masih mahal. “Dua jam sewa bayar 8000 dollar, masa kita mau ke airport atau ke Cikarang harus membayar sejumlah tersebut?,” ungkapnya.

Darmono menyatakan yang membuat layanan helikopter mahal adalah harga helikopter yang paling murah 1,5 Juta dollar dan untuk 8 tempat duduk harganya 3,5 Juta dollar.

Namun, nanti dengan adanya layanan helikopter dari Jababeka, dengan nama Jababeka Taxi, biaya sewa akan menjadi lebih murah. “Kalau kita dapat membuat Jababeka Taxi, biaya sewa hanya 100 Dollar,” kata Darmono.

Dengan adanya layanan helikopter tersebut, maka akan mempercepat urusan bisnis dan perekenomian perusahaan. “Saya pribadi, lebih baik bayar 100 dollar untuk layanan tersebut daripada terkena macet, tidak bertemu dengan tamu bisnis penting sehingga bisnis tetap berjalan” kata Darmono.

Darmono mengungkapkan nantinya akan ada 3000 anggota, dan dengan adanya anggota tersebut dapat membeli 300 Helikopter, sehingga biaya sewa 100 dollar dapat terwujud.

Namun kendala yang ada di DKI Jakarta, jumlah helipad yang ada. “Sekarang ada 40 Helipad, namun masih jarang digunakan,” kata Darmono.

Potensi helipad di DKI Jakarta saat ini ada 1000. “DKI Jakarta memiliki potensi 1000 Helipad apabila peraturan pemda Jakarta dilaksanakan, bangunan 8 tingkat keatas harus ada helipad,” ungkapnya.

Darmono juga mengungkapkan, investor menanyakan tentang layanan helikopter ini dapat dioperasikan pada malam hari serta layanan helikopter sampai airport.

“Untuk saat ini masih belum boleh, mungkin perlu bantuan Pemprov DKI Jakarta untuk mendiskusikan dengan kementerian perhubungan,” kata Darmono.

Secara prinsip, Wagub Djarot setuju dengan layanan helikopter tersebut sebagai solusi kemacetan Jakarta dan meningkatkan perekenomian daerah.

Namun, Djarot menyatakan bahwa untuk kegiatan perjalanan helikopter, Jakarta masih harus mengetahui kondisi wilayah penerbangan di Jakarta.

“Kita harus koordinasi dengan TNI, Polri dan Kementrian Perhubungan,” kata Djarot. Ia juga menambahkan bahwa akses antara helipad yang ada dengan gedung yang menyediakan helipad juga harus memberikan sistem yang terintegrasi dengan layanan transportasi publik.

Faktor keselamatan juga menjadi kepentingan paling utama untuk layanan helikopter. “Tinggal menunggu peizinan dari kementerian yang bersangkutan, kita akan berikan rekomendasi. mudah-mudahan tidak perlu waktu lama,” ungkap Djarot.

PT Jababeka Tbk menggandeng perusahaan penerbangan asal Perancis, Airbus dan Plaza Indonesia untuk layanan Helikopter Jababeka Taxi. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

About author



You might also like

Nature

Gerakan Sadar Wisata di Labuan Bajo

Sadar Wisata di Labuan Bajo (Ist) Labuan Bajo, destinasi yang pernah dikunjungi Gwyneth Paltrow dan Valentino Rossi tak pernah sepi dari pemberitaan. Selain pembenahan infrastruktur fisik, ada juga Gerakan Sadar

Airlines

Wonderful Noon Kibarkan Joglosemar

Peserta Wonderful Noon (Ist) Agenda Kementerian Pariwisata yang melibatkan penggiat digital selalu sukses berkibar jadi trending topic nasional. Setelah GenPi Jateng dan GenPi Aceh, Rabu (3/5/2017), giliran blogger, vlogger dan

Slideshow

President University Perkenalkan RI ke Dunia

  President University terus memperkenalkan Indonesia ke pentas dunia. Dan, tak sia-sia sebab banyak mahasiswa asing yang tertarik datang ke negeri ini untuk menimba ilmu. Adapun beragam cara dilakukan kampus

Nature

Nomadic Tourism Cocok Diterapkan di Belitung

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Belitung (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meyakini konsep nomadic tourism sangat cocok untuk diterapkan dalam pengembangan pariwisata di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Dengan karakteristik

Tourism

Wisatawan Australia Minta Promosi Lombok di Australia Gencar

Yana (baju hitam) dan Emily dua gadis asal Melbourne, Australia didampingi LA Hadi Faishal, General Manager d’Praya Lombok Hotel (berdiri) yang sangat kagum dengan strategi ‘Wonderful Indonesia’ dibawah pimpinan Menteri

Tourism

ASITA DIY Apresiasi patainanews.com dalam FPMDI

Kalibiru di Yogyakarta, destinasi yang bakal menarik minat wisatawan asing ke Indonesia (Ist) Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyampaikan apresiasi terhadap Forum Pimpinan Media Digital