Cara Cerdas SD Darmono

SD Darmono Chairman PATA Indonesia Chapter

Dalam bisnis, ketepatan waktu merupakan hal penting bagi kelancaran bisnis. Di Jakarta, kendala dalam urusan waktu yang dihadapi adalah kemacetan.

Diprediksi dalam 10 tahun kedepan Jakarta meski akan berkurang, namun masih akan tetap menghadapi masalah kemacetan. Hal tersebut yang dibahas Presiden Komisaris PT Jababeka Tbk SD Darmono dengan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Djarot S Hidayat pada hari Jumat (18/3/2016) di Ruang Rapat Gedung Balai Kota DKI Jakarta.

“Cikarang menuju Jakarta, 20 tahun yang lalu hanya memerlukan waktu 30 menit, sekarang paling cepat memerlukan waktu rata-rata 2 jam perjalanan,” kata Darmono.

Menurut Darmono, di kawasan Cikarang, terdapat 2000 pabrik dan sepanjang Tol Cikampek terdapat 18 Kawasan Industri yang didalamnya terdapat 5000 Pabrik.

“Pabrik akan tutup apabila pengiriman bahan bakunya telat, eksekutif yang ingin ke airport memerlukan waktu enam jam,” katanya.

Saat ini terdapat layanan helikopter sebanyak tiga operator, namun biaya sewa yang ditawarkan masih mahal. “Dua jam sewa bayar 8000 dollar, masa kita mau ke airport atau ke Cikarang harus membayar sejumlah tersebut?,” ungkapnya.

Darmono menyatakan yang membuat layanan helikopter mahal adalah harga helikopter yang paling murah 1,5 Juta dollar dan untuk 8 tempat duduk harganya 3,5 Juta dollar.

Namun, nanti dengan adanya layanan helikopter dari Jababeka, dengan nama Jababeka Taxi, biaya sewa akan menjadi lebih murah. “Kalau kita dapat membuat Jababeka Taxi, biaya sewa hanya 100 Dollar,” kata Darmono.

Dengan adanya layanan helikopter tersebut, maka akan mempercepat urusan bisnis dan perekenomian perusahaan. “Saya pribadi, lebih baik bayar 100 dollar untuk layanan tersebut daripada terkena macet, tidak bertemu dengan tamu bisnis penting sehingga bisnis tetap berjalan” kata Darmono.

Darmono mengungkapkan nantinya akan ada 3000 anggota, dan dengan adanya anggota tersebut dapat membeli 300 Helikopter, sehingga biaya sewa 100 dollar dapat terwujud.

Namun kendala yang ada di DKI Jakarta, jumlah helipad yang ada. “Sekarang ada 40 Helipad, namun masih jarang digunakan,” kata Darmono.

Potensi helipad di DKI Jakarta saat ini ada 1000. “DKI Jakarta memiliki potensi 1000 Helipad apabila peraturan pemda Jakarta dilaksanakan, bangunan 8 tingkat keatas harus ada helipad,” ungkapnya.

Darmono juga mengungkapkan, investor menanyakan tentang layanan helikopter ini dapat dioperasikan pada malam hari serta layanan helikopter sampai airport.

“Untuk saat ini masih belum boleh, mungkin perlu bantuan Pemprov DKI Jakarta untuk mendiskusikan dengan kementerian perhubungan,” kata Darmono.

Secara prinsip, Wagub Djarot setuju dengan layanan helikopter tersebut sebagai solusi kemacetan Jakarta dan meningkatkan perekenomian daerah.

Namun, Djarot menyatakan bahwa untuk kegiatan perjalanan helikopter, Jakarta masih harus mengetahui kondisi wilayah penerbangan di Jakarta.

“Kita harus koordinasi dengan TNI, Polri dan Kementrian Perhubungan,” kata Djarot. Ia juga menambahkan bahwa akses antara helipad yang ada dengan gedung yang menyediakan helipad juga harus memberikan sistem yang terintegrasi dengan layanan transportasi publik.

Faktor keselamatan juga menjadi kepentingan paling utama untuk layanan helikopter. “Tinggal menunggu peizinan dari kementerian yang bersangkutan, kita akan berikan rekomendasi. mudah-mudahan tidak perlu waktu lama,” ungkap Djarot.

PT Jababeka Tbk menggandeng perusahaan penerbangan asal Perancis, Airbus dan Plaza Indonesia untuk layanan Helikopter Jababeka Taxi. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)



About author



You might also like

Cuisine

Obama Datang, Turis AS akan Melancong ke Indonesia

Imelda Budiman (keempat dari kanan) (Ist) Kunjungan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama ke Indonesia diperkirakan akan memberi dampak positif terhadap kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya turis asing dari Amerika Serikat

SightSeeing

Ruang Terbuka Hijau, Pesan Cinta Astira untuk Masyarakat Dunia

Astira Intan Vernadeina (Ist) Runner Up III Putri Pariwisata Indonesia 2017 sekaligus Miss Eco Indonesia 2018 Astira Intan Vernadeina merilis eco video terbarunya dengan judul ‘Urban Open Green Space’ yang

Destinations

Pelestarian Satu Juta Pohon Asli Banten di KEK Tanjung Lesung

Proses pembuatan Batik khas Tanjung Lesung (Ist) Setelah sukses mengadakan penanaman terumbu karang bekerja sama dengan Marinir TNI AL pada tahun lalu, kini PT Banten West Java TD sebagai anak

Travel Operator

Bali yang Cantik Andalan Pariwisata Indonesia

Bali menjadi daya tarik utama wisatawan (Ist) Bali tak bisa dipungkiri memang sudah sangat terkenal di dunia. Dan, tak salah menyebut Pulau Dewata menjadi andalan pariwisata Indonesia guna menjaring wisatawan

Tour Package

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari Helicity

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Whitesky Aviation yang mengelola Helicity yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

World Heritage

2018, Desainer Cilik Akeyla Pertahankan Sinergi dengan Batik NengMas

Poetrie Hanjani, pemilik Batik NengMas dan desainer cilik yang tengah naik daun, Akeylanaraya Alyandina (Ist) Desainer cilik yang tengah naik daun, Akeylanaraya Alyandina akan meneruskan kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini