CEO Commitment Majukan Pariwisata Babel

Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara (Ist)

Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara menilai, sektor pariwisata Kepulauan Bangka Belitung (Babel), khususnya pariwisata Belitung yang tumbuh pesat belakangan ini menjadi bukti tingginya CEO Commitment terhadap pariwisata.

“Sebagai indikatornya PAD Provinsi Babel 43% dihasilkan dari pariwisata. Begitu pula pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 83%, sedangkan pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) tumbuh 11%,” kata Ukus Kuswara seusai meluncurkan Festival Tanjung Kelayang 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian Pariwisata, Senin (5/11/2018).

Ukus Kuswara didampingi Gubernur Provinsi Babel Erzaldi Rosman Djohan dan Bupati Belitung H Sahani Saleh pada kesempatan itu menjelaskan, CEO Commitment terutama dari gubernur dan bupati memiliki porsi terbesar dalam kemajuan pariwisata di daerah.

“Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sering mengutarakan bahwa CEO Commitment 50% menjadi faktor keberhasilan pariwisata daerah. Ini telah dibuktikan oleh Provinsi Babel dan Kabupaten Belitung,” kata Ukus Kuswara dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (5/11/2018).

Sementara Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan menegaskan komitmennya untuk mempercepat transformasi ekonomi dari pertambangan ke sektor pariwisata dalam upaya menyejahterakan masyarakat Belitung yang memiliki Tanjung Kelayang sebagai icon pariwisata Babel dan telah ditetapkan sebagai (KEK) Pariwisata serta menjadi satu di antara 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) yang dikembangkan sebagai ‘Bali Baru’.

“Pariwisata menjadi sektor andalan Provinsi Babel dalam menyejahterakan masyarakat. Pada kesempatan itu saya meminta Pemerintah Pusat (Kemenpar) membantu SDM dalam mengelola event pariwisata berskala internasional. Untuk meningkatkan wisatawan, tahun depan kami menyiapkan 127 event berskala nasional dan internasional,” kata Erzaldi Rosman Djohan.

Sedangkan Bupati Belitung H Sahani Saleh mengatakan, untuk event sport tourism telah dilakukan kerja sama dengan Singapura dalam penyelenggaraan Belitung Triatlon. “Tahun depan kita akan menyelenggarakan Belitung Triatlon Internasional. Sekitar 2.000 peserta dari Singapura akan hadir dalam event sport tourism tersebut,” katanya.

Festival Tanjung Kelayang 2018 akan berlangsung di Pantai Wisata Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada 15 hingga 19 November 2018 mendatang. Festival budaya masuk dalam Top 100 Canlender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2018 dan mendapat dukungan Kemenpar ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan antara lain Parade Pelangi Budaya, Fashion Show Batik Daerah, Fun Run On The Beach, Bersih Pantai, Lomba Lari 10K, Lomba Vlog Pariwisata, Lomba Lukis, Pagelaran Kesenian, Lomba Layang-Layang, Seminar Geopark, Kolaborasi Musik Tradisional & Modern, Pesta Kembang Api & Lampion, Festival Kuliner, Pameran Produk KUKM, Workshop dan Seminar Kebaharian, serta Festival Obor.

Belitung yang dikenal sebagai destinasi ‘Laskar Pelangi’ tahun 2017 yang lalu dikunjungi sebanyak 379.274 wisatawan terdiri atas 9.358 wisman dan 369.916 wisnus. Kunjungan wisman ke Belitung terbanyak dari Korea, China, Malaysia, Singapura, dan Jepang sebagai top 5, serta Australia, India, USA, Jerman, dan Inggris. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

JAS Serius Promosikan Pariwisata Indonesia

Presiden Direktur PT JAS Adji Gunawan (Ist) Manajemen PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services), perusahaan ground handling swasta nasional menyatakan ikut serta mempromosikan pariwisata Indonesia guna mendukung upaya

Destinations

Turis Australia Suka Traveling ke Sabang

Press conference Sail Sabang 2017 (Ist) Wisatawan mancanegara rupanya sudah lama banyak yang tertarik untuk traveling ke Sabang, Aceh. Turis Australia termasuk yang sering berkunjung ke Sabang. Hal tersebut dikatakan

Cuisine

Tidar Heritage Foundation Menutup 2017 Gelar Sedekah Bumi

Agung, koordinator THF (kiri) bersama Dalang Karto Wijaya, pimpinan Warisan Pusaka Jaya Group (Ist) Tidar Heritage Foundation (THF) menggelar pertunjukkan wayang kulit Betawi di depan pintu masuk Bekasi Power, Cikarang. Adapun

Tourism

MICT Sepakati Bisnis US$400 Juta

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjadi salah satu panelis ‘Redifining The Role of Goverment in Developing New Tourist Destination’ dalam rangkaian kegiatan Manado International Conference on Tourism Investment di Sintesa Peninsula

Cuisine

Membuat Bali Semakin Dikenal di Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Nusa Dua Fiesta (NDF) 2016 sebagai pesta besar menjadi ajang penampilan atraksi seni, budaya, kuliner, olahraga dan hiburan kembali akan digelar di kawasan wisata Nusa

Cuisine

Sambut Ramadan di Hotel Horison NJ Semarang

Promo Tongseng Kota Lama Hotel Horison NJ Semarang (Ist) Ramadan sudah di depan mata. Bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia juga disambut di Indonesia. Momen puasa menjadi ritul