CEO Commitment Majukan Pariwisata Babel

Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara (Ist)

Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara menilai, sektor pariwisata Kepulauan Bangka Belitung (Babel), khususnya pariwisata Belitung yang tumbuh pesat belakangan ini menjadi bukti tingginya CEO Commitment terhadap pariwisata.

“Sebagai indikatornya PAD Provinsi Babel 43% dihasilkan dari pariwisata. Begitu pula pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 83%, sedangkan pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) tumbuh 11%,” kata Ukus Kuswara seusai meluncurkan Festival Tanjung Kelayang 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian Pariwisata, Senin (5/11/2018).

Ukus Kuswara didampingi Gubernur Provinsi Babel Erzaldi Rosman Djohan dan Bupati Belitung H Sahani Saleh pada kesempatan itu menjelaskan, CEO Commitment terutama dari gubernur dan bupati memiliki porsi terbesar dalam kemajuan pariwisata di daerah.

“Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sering mengutarakan bahwa CEO Commitment 50% menjadi faktor keberhasilan pariwisata daerah. Ini telah dibuktikan oleh Provinsi Babel dan Kabupaten Belitung,” kata Ukus Kuswara dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (5/11/2018).

Sementara Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan menegaskan komitmennya untuk mempercepat transformasi ekonomi dari pertambangan ke sektor pariwisata dalam upaya menyejahterakan masyarakat Belitung yang memiliki Tanjung Kelayang sebagai icon pariwisata Babel dan telah ditetapkan sebagai (KEK) Pariwisata serta menjadi satu di antara 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) yang dikembangkan sebagai ‘Bali Baru’.

“Pariwisata menjadi sektor andalan Provinsi Babel dalam menyejahterakan masyarakat. Pada kesempatan itu saya meminta Pemerintah Pusat (Kemenpar) membantu SDM dalam mengelola event pariwisata berskala internasional. Untuk meningkatkan wisatawan, tahun depan kami menyiapkan 127 event berskala nasional dan internasional,” kata Erzaldi Rosman Djohan.

Sedangkan Bupati Belitung H Sahani Saleh mengatakan, untuk event sport tourism telah dilakukan kerja sama dengan Singapura dalam penyelenggaraan Belitung Triatlon. “Tahun depan kita akan menyelenggarakan Belitung Triatlon Internasional. Sekitar 2.000 peserta dari Singapura akan hadir dalam event sport tourism tersebut,” katanya.

Festival Tanjung Kelayang 2018 akan berlangsung di Pantai Wisata Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada 15 hingga 19 November 2018 mendatang. Festival budaya masuk dalam Top 100 Canlender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2018 dan mendapat dukungan Kemenpar ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan antara lain Parade Pelangi Budaya, Fashion Show Batik Daerah, Fun Run On The Beach, Bersih Pantai, Lomba Lari 10K, Lomba Vlog Pariwisata, Lomba Lukis, Pagelaran Kesenian, Lomba Layang-Layang, Seminar Geopark, Kolaborasi Musik Tradisional & Modern, Pesta Kembang Api & Lampion, Festival Kuliner, Pameran Produk KUKM, Workshop dan Seminar Kebaharian, serta Festival Obor.

Belitung yang dikenal sebagai destinasi ‘Laskar Pelangi’ tahun 2017 yang lalu dikunjungi sebanyak 379.274 wisatawan terdiri atas 9.358 wisman dan 369.916 wisnus. Kunjungan wisman ke Belitung terbanyak dari Korea, China, Malaysia, Singapura, dan Jepang sebagai top 5, serta Australia, India, USA, Jerman, dan Inggris. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Tanjung Lesung Workshop Photography

Membuat Foto Layak Jual di Tanjung Lesung Pada 27 Juni lalu, PT Tanjung Lesung Leisure Industry kembali menyelenggarakan acara workshop fotografi yang bertajuk ‘Membuat Foto Layak Jual di Tanjung Lesung’

Slideshow

Kenapa Melancong ke Indonesia Timur Lebih Mahal?

Komodo di Pulau Komodo (Ist) Selama ini sudah bukan rahasia lagi, wisatawan harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal ketika memilih jalan-jalan ke Indonesia bagian timur. Sebut saja seperti ke Papua

World Heritage

Menteri Pariwisata Dorong Partisipasi Mahasiswa dalam Program Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam berbagai program pariwisata Kementerian Pariwisata, yaitu Wonderful Start Up Academy, Pengembangan Digital

SightSeeing

2016, Pemerintah Promosikan Tanjung Lesung

Founder PT Jababeka Tbk SD Darmono (kedua dari kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (keempat dari kiri) (Ist) Pemerintah akan menyiapkan 10 destinasi wisata baru untuk menambah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)

Destinations

Yogyakarta Masuk 10 Besar Kota Murah Incaran Backpaking

Malioboro menjadi destinasi utama di Yogyakarta (Ist) Tidak semua wisatawan asing berkantung tebal. Ada juga mereka yang disebut backpacker. Dan, kota yang murah memang menggoda untuk didatangi backpacker. Dari seluruh

SightSeeing

Sharing Experience Bisa Menarik Wisatawan Mancanegara Semakin Berkunjung ke Indonesia

Pariwisata Indonesia selama ini menjadi daya tarik wisatawan mancanegara (wisman). Banyak turis asing yang berkunjung ke negeri ini. Bali selama ini masih menjadi tujuan utaman wisatawan asing ke Indonesia. Selama