Chef Degan Promosikan Kuliner Khas Nusantara di Perancis

kuliner Nusantara
Master Chef Degan Septoadji membawa kuliner Indonesia ke Perancis (Ist)
Master Chef Degan Septoadji membawa kuliner Indonesia ke mancanegara. Ini kali ke Paris yang dikenal sebagai pusar gastronomi dunia dalam rangkaian acara ‘Festival Colorful Indonesia’ pada 14 hingga 16 Oktober 2016 mendatang berlokasi di Pavillon Dauphine.
Adapun promosi kuliner ini menampilkan sejumlah hidangan populer Indonesia yang menjadi bagian acara dalam rangka perayaan HUT ke-71 Republik Indonesia.
“Merupakan sebuah kehormatan sekaligus tantangan bagi seorang chef untuk menampilkan kuliner bangsanya di Paris yang terkenal akan haute cuisine atau hidangan tingkat tingginya,” ujar Chef Degan dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (26/9/2016).
“Bagaimana kuliner Indonesia ditampilkan agar mendapatkan sambutan baik dari masyarakat yang amat terlatih seleranya dalam mengapresiasi hidangan gourmet,” paparnya.
Salah satu upaya yang dilakukan dalam promosi kuliner ini adalah memahami ragam hidangan khas Nusantara dan memilih diantaranya yang cocok dan sesuai dengan selera budaya makan Eropa, khususnya Perancis.
Chef Degan menjelaskan, “Masyarakat Eropa umumnya menikmati cita rasa gurih, asam, segar, manis dengan tingkat kepedasan yang wajar agar masih dapat menikmati sensasi aneka rasa lainnya, terutama karena hidangan akan dipadukan dengan wine.” 
Hidangan yang ditampilkan diambil dari beberapa menu favorit di Café Degan Bali, restoran milik Chef Degan, seperti Bebek Bumbu Bali, Iga Kambing Bumbu Ketumbar, Daging Sambal Hijau, Salmon Sayur Lodeh, Sambal Goreng Udang, Rendang, dan Ayam Bumbu Rujak.
“Semakin banyak diantara kita yang bangga dan mempromosikan kekayaan budaya kita, termasuk kuliner Indonesia, semoga makin mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional seperti kuliner asal Asia lainnya,” tutup Chef Degan. 
Festival Colorful Indonesia diinisiasi Duta Besar Republik Indonesia untuk Perancis, Monaco dan Andorra Hotmangaradja Pandjaitan sebagai bentuk komitmen mempromosikan Indonesia dari berbagai aspek budaya, ekonomi dan investasi, yang akan digelar di Pavillon Dauphine di Paris.
Acara promosi terpadu ini merupakan kesempatan bagi pemerintah dan pemerintah provinsi serta pihak swasta di Indonesia untuk mengenalkan potensi daerahnya dan menjalin kerja sama dengan berbagai kalangan di Perancis.
Sementara Dubes Hotmangaradja mengatakan, potensi Indonesia masih sangat besar untuk dijelajah dan dipamerkan pada dunia. Khusus bidang kuliner, makan dan makanan adalah sebuah bahasa universal yang dimengerti seluruh masyarakat dunia.
“Melalui pengenalan kuliner dapat dilakukan soft power diplomacy yang diharapkan semakin memperkuat hubungan diplomatis antar negara dan membuka peluang temasuk niaga maupun kunjungan ke Indonesia kedepannya,” tandasnya. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Cuisine

Wisata Halal di Indonesia Bukan Sekadar Branding

Turis asing menyatu dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Indonesia selama ini dikenal sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim sehingga harus bisa menjadi pelopor produk halal internasional karena

Festival

Menteri Pariwisata Minta Gilang Ramadhan Promosikan Pulau Dewata

Gilang Ramadhan dan Gugun Blues Shelter akan promosikan Bali (Ist) Melanjutkan sukses tahun lalu, penyelenggaraan event tahunan Bali Blues Festival (BBF) 2017 tahun ini akan lebih semarak dengan tampilnya para

Slideshow

Selena Gomez Konser di ICE

Selena Gomez (Ist) Indonesia Convention Exhibition (ICE) kembali dipercaya sebagai tempat pagelaran konser artis berskala internasional. Esok, 23 Juli 2016, Selena Gomez siap mengguncang Indonesia melalui konser bertajuk ‘Selena Gomez

Travel Operator

Takalar, Mutiara Terpendam dari Sulsel

Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin (kiri) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo di Hotel Sultan, Jakarta  Indonesia memang kaya akan potensi wisata bahari. Menariknya banyak mutiara terpendam yang terkesan belum

Destinations

Kunjungan Wisman 2018 Naik Signifikan Capai 15,81 Juta

Indonesia yang begitu indah (Ist) Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia selama 2018 naik signikan sekitar 12,58 persen ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya atau mencapai 15,81 juta wisatawan. Badan

World Heritage

‘Promosi Destinasi Pariwisata secara Online dan Offline’

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Nia Niscaya (Ist) Kementerian Pariwisata diketahui memiliki tiga poin yang menjadi pokok utama program pemasaran internasional, yaitu Target and Performance, Indonesia Tourism Representative (VITO), dan