Chef Degan Promosikan Kuliner Khas Nusantara di Perancis

kuliner Nusantara
Master Chef Degan Septoadji membawa kuliner Indonesia ke Perancis (Ist)
Master Chef Degan Septoadji membawa kuliner Indonesia ke mancanegara. Ini kali ke Paris yang dikenal sebagai pusar gastronomi dunia dalam rangkaian acara ‘Festival Colorful Indonesia’ pada 14 hingga 16 Oktober 2016 mendatang berlokasi di Pavillon Dauphine.
Adapun promosi kuliner ini menampilkan sejumlah hidangan populer Indonesia yang menjadi bagian acara dalam rangka perayaan HUT ke-71 Republik Indonesia.
“Merupakan sebuah kehormatan sekaligus tantangan bagi seorang chef untuk menampilkan kuliner bangsanya di Paris yang terkenal akan haute cuisine atau hidangan tingkat tingginya,” ujar Chef Degan dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (26/9/2016).
“Bagaimana kuliner Indonesia ditampilkan agar mendapatkan sambutan baik dari masyarakat yang amat terlatih seleranya dalam mengapresiasi hidangan gourmet,” paparnya.
Salah satu upaya yang dilakukan dalam promosi kuliner ini adalah memahami ragam hidangan khas Nusantara dan memilih diantaranya yang cocok dan sesuai dengan selera budaya makan Eropa, khususnya Perancis.
Chef Degan menjelaskan, “Masyarakat Eropa umumnya menikmati cita rasa gurih, asam, segar, manis dengan tingkat kepedasan yang wajar agar masih dapat menikmati sensasi aneka rasa lainnya, terutama karena hidangan akan dipadukan dengan wine.” 
Hidangan yang ditampilkan diambil dari beberapa menu favorit di Café Degan Bali, restoran milik Chef Degan, seperti Bebek Bumbu Bali, Iga Kambing Bumbu Ketumbar, Daging Sambal Hijau, Salmon Sayur Lodeh, Sambal Goreng Udang, Rendang, dan Ayam Bumbu Rujak.
“Semakin banyak diantara kita yang bangga dan mempromosikan kekayaan budaya kita, termasuk kuliner Indonesia, semoga makin mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional seperti kuliner asal Asia lainnya,” tutup Chef Degan. 
Festival Colorful Indonesia diinisiasi Duta Besar Republik Indonesia untuk Perancis, Monaco dan Andorra Hotmangaradja Pandjaitan sebagai bentuk komitmen mempromosikan Indonesia dari berbagai aspek budaya, ekonomi dan investasi, yang akan digelar di Pavillon Dauphine di Paris.
Acara promosi terpadu ini merupakan kesempatan bagi pemerintah dan pemerintah provinsi serta pihak swasta di Indonesia untuk mengenalkan potensi daerahnya dan menjalin kerja sama dengan berbagai kalangan di Perancis.
Sementara Dubes Hotmangaradja mengatakan, potensi Indonesia masih sangat besar untuk dijelajah dan dipamerkan pada dunia. Khusus bidang kuliner, makan dan makanan adalah sebuah bahasa universal yang dimengerti seluruh masyarakat dunia.
“Melalui pengenalan kuliner dapat dilakukan soft power diplomacy yang diharapkan semakin memperkuat hubungan diplomatis antar negara dan membuka peluang temasuk niaga maupun kunjungan ke Indonesia kedepannya,” tandasnya. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Culture

Panorama Gandeng Perusahaan Travel Terbesar di Dunia

Turis Jepang di Indonesia (Ist) PT Panorama Sentrawisata Tbk telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Japan Travel Bureau/JTB Corporation (JTB), salah satu perusahaaan travel terbesar di dunia untuk melepas saham

Destinations

Indonesian Day di Perancis

Chef Anita Sobron (Restaurant Indonesia), Direktur FNAC, Manager FNAC Voyages, Eka MONCARRE dari VITO Perancis (Ist) Vito Perancis bekerja sama dengan FNAC Voyages menggelar Indonesian Day di salah satu toko

All About Indonesia

Sambut Idul Fitri 1437 H, Pelindo III Siap Layani Pemudik

Logo PT Pelindo III (Ist) Menjelang arus mudik Lebaran 2016, manajemen PT Pelindo III sudah mulai menyiapkan fasilitas pendukung di 13 terminal penumpang yang dioperasikan demi mendukung kelancaran transportasi, termasuk

Tour Package

Film Elang Promosikan Kepulauan Seribu

Imelda Budiman (Ist) Kepulauan Seribu di DKI Jakarta semakin gencar melakukan promosi. Tak salah memang lantaran Kepulauan Seribu yang masuk wilayah DKI Jakarta ini termasuk dalam 10 destinasi unggulan yang dikembangkan

SightSeeing

Lari Bersama Dikna Faradiba dengan Latar Belakang Alam di Ijen Green Run 2017

Bupati Baynyuwangi Abdullah Azwar Anas (kaus putih) (Ist) Destinasi wisata Banyuwangi semakin mendunia. Apalagi dengan rencana sport event yang bertajuk Banyuwangi Ijen Green Run 2017, yang akan digelar Minggu, 23

Travel Operator

Sedulur Jokowi Baksos di Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Sedulur Jokowi (Ist) Sebagai upaya membantu pemerintah mewujudkan lingkungan yang bersih, indah, asri dan nyaman, Sedulur Jokowi melakukan gerakan bersih lingkungan di berbagai wilayah. Belum lama ini, Sedulur Jokowi melakukan