Cinven, CPPIB Capai Kesepakatan Akuisisi Hotelbeds Group

JOAN VILÁ_CEO Hotebeds Group1

Joan Vilà, CEO Hotelbeds Group (Ist)

Cinven, perusahaan ekuitas swasta asal Eropa dan Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB) mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Hotelbeds Group (Hotelbeds), penyedia layanan perjalanan global yang berpusat di Spanyol dari Tui Group untuk nilai perusahaan total sebesar €1,165 miliar.

 

Siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini menulis, Hotelbeds adalah business-to-business (B2B) bedbank independen terbesar di dunia yang menawarkan kamar hotel bagi industri perjalanan dari inventaris 75.000 hotel di lebih dari 180 negara kepada basis pelanggannya di lebih dari 120 pasar sumber. Selain akomodasi hotel, Hotelbeds juga menyediakan penjemputan/pengantaran, tur dan wisata, pertemuan dan event, alihdaya pemrosesan visa, serta layanan penanganan pesiar. Klien utama Hotelbeds adalah operator tur, agen perjalanan, klien perusahaan, dan para konsumen.   

 

Bisnis Bedbank, yang menghasilkan mayoritas keuntungan Hotelbeds, menunjukkan pertumbuhan volume dua digit baik dalam portofolio hotelnya maupun dalam room night selama lima tahun terakhir. Bermarkas besar di Palma de Mallorca, Hotelbeds Group didirikan pada 2001 silam dan mempekerjakan 6.150 karyawan di seluruh dunia.

 

Cinven dan CPPIB meyakini bahwa Hotelbeds adalah peluang investasi yang menarik berdasarkan kuatnya kinerja keuangan dengan pertumbuhan dua digit pada nilai transaksi total (“TTV”) untuk bisnis Bedbank-nya selama lima tahun terakhir, kuatnya pertumbuhan pasar yang mendasari, didukung oleh perkiraan peningkatan pada pemesanan hotel secara global, tim manajemen Hotelbeds yang sangat berpengalaman dan sudah terbukti di bawah pimpinan Joan Vilà sebagai CEO, dengan rekam jejak yang sangat bagus dalam mendorong pertumbuhan organik baik dalam pasokan hotelnya maupun basis pelanggannya, peluang konsolidasi pasar di Eropa, Timur Tengah, Asia, dan Amerika, mengingat fragmentasi pasar dan potensi untuk peningkatan margin lebih lanjut melalui skala keekonomian, peluang untuk meningkatkan distribusi bedbank melalui agen perjalanan dan operator tur, terutama di ekonomi yang sedang berkembang melalui investasi pada tim penjualan dan kontrak, serta investasi pada R&D dan sistem TI guna meningkatkan efisiensi dan layanan pelanggan.

 

Cinven memiliki rekam jejak yang kuat dalam bisnis teknologi perjalanan setelah sukses berinvestasi di Amadeus, penyedia terkemuka solusi teknologi canggih bagi industri perjalanan global, dengan menginvestasikan lebih dari €1 miliar pada R&D dan melipatgandakan EBITDA selama masa kepemilikan Cinven sehingga menghasilkan keuntungan tujuh kali lipat.

 

Mengomentari transaksi ini, Jorge Quemada, Partner di Cinven mengatakan, “Hotelbeds Group adalah bisnis dengan kinerja kuat dan jaringan distribusi akomodasi terbesar di pasar B2B bedbank secara keseluruhan sehingga menawarkan jangkauan global bagi banyak kliennya. Kami meyakini adanya peluang pertumbuhan melalui investasi lebih lanjut pada TI, seperti yang pernah kita lakukan pada bisnis global lainnya yang juga berpusat di Spanyol, Amadeus, pertumbuhan di Asia dan pasar lainnya didukung oleh tim portofolio kami yang berpusat di Hong Kong, dan konsolidasi pasar mengingat pasar akomodasi wholesale masih sangat terfragmentasi”.

 

“Hotelbeds dijalankan oleh tim manajemen yang ahli dan sangat berpengalaman di bawah pimpinan Joan Vilà sebagai CEO. Kami dan mitra kami, CPPIB, sangat menantikan untuk bekerja sama dengan beliau”. Sementara Shane Feeney, Managing Director, Head of Direct Private Equity, CPPIB mengatakan, “Hotelbeds adalah peluang unik untuk berinvestasi pada operator terkemuka dalam pasar distribusi akomodasi hotel, industri dengan prospek kuat jangka panjang yang akan mendukung pertumbuhan berkelanjutan. Dengan dukungan tim manajemen terbaik yang memiliki rekam jejak pertumbuhan organik sangat bagus, kami akan membantu Hotelbeds mendorong konsolidasi industri dalam tahun-tahun mendatang, sehingga menghasilkan peluang hebat bagi CPPIB.”

 

“Kami menantikan untuk bekerja sama dengan mitra lama kami Cinven, dan tim manajemen Hotelbeds yang kuat, agar dapat terus menumbuhkan dan membangun nilai bagi bisnis ini”.

 

Dan, Chris Good, Senior Principal di Cinven, menambahkan, “Hotelbeds telah memperlihatkan pertumbuhan luar biasa dan membangun posisi pasar terkemuka berkat teknologi miliknya yang menjadi pemimpin pasar, serta hubungan pelanggan dan pemasok yang kuat. Fokusnya untuk mendiversifikasi ke segmen pasar baru terbukti sangat sukses dan menghasilkan tingkat pertumbuhan impresif pada semua usaha barunya”.

 

“Investasi ini memperlihatkan dengan sempurna bagaimana tim di Cinven mampu menyatukan kemampuan tim sektor dan regional guna bekerja sama dengan tim Layanan Bisnis dan TMT, beserta para kolega dari Jerman dan Iberia, untuk mengidentifikasi dan mengeksekusi transaksi ini”.

 

Joan Vilà, CEO Hotelbeds Group berkomentar, “Kami sangat gembira dengan investasi Cinven dan CPPIB di Hotelbeds yang memungkinkan kami untuk terus meningkatkan mutu dan rentang layanan yang kami berikan kepada pelanggan sebagai operator bedbank dengan keuangan yang solid, independen, dan skalabel”.

 

“Segmen Bedbank masih tumbuh pesat dan dengan dukungan dari Cinven dan CPPIB, kami akan sangat siap berinvestasi lebih banyak pada teknologi, inovasi, dan distribusi. Kami menantikan untuk ikut mendukung pertumbuhan mitra dagang kami pada tahap perkembangan kami berikutnya”.

 

Transaksi ini tunduk pada persetujuan dari otoritas regulator yang relevan. Penasihat untuk transaksi ini, termasuk Bain & Co. (komersial), Freshfields (legal), Lazard, Morgan Stanley, HSBC and PwC (M&A), Deloitte (pajak), PwC (keuangan, ketenagakerjaan, dan TI). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

‘Perempuan Indonesia adalah ‘Pencerita’ yang Baik’

Claudia Ingkiriwang (tengah) April di Tanah Air identik dengan bulan Kartini lantaran setiap tahun pada 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Menariknya perempuan Indonesia ternyata juga berkecimpung dalam dunia pariwisata

Investments

Kinerja Keuangan 2016, PT Pelindo III Bukukan Laba Rp1,51 Triliun

TPS bird view PT Pelindo III (Ist) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III menunjukkan peningkatan kinerja perusahaan dari berbagai sisi pada akhir tahun 2016. 

World Heritage

Mahasiswa STP Bandung Antusias Ikut MariMenulis.org

Mahasiswa STP Bandung tengah mendengarkan pemaparan dari President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo mengenai pariwisata Indonesia (Ist) Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung tampak antusias belajar menulis mengenai beragam potensi

SightSeeing

Siapa yang Unggul, RI atau Taiwan?

LA Hadi Faishal (Ist) Kawasan Asia Timur masih dianggap sebagai pasar potensial bagi pariwisata Indonesia, termasuk destinasi Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain turis dari Tiongkok, kini wisatawan asal Taiwan juga

World Heritage

Bus Wonderful Indonesia Keliling Perancis

Bus Wonderful Indonesia keliling Perancis (Ist) Promosi Indonesia pada September tidak akan berhenti di acara TOP RESA. Mulai 26 hingga 30 September 2016, VITO bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata akan

Travel Operator

Hotel Santika Premiere ICE BSD City Siap Sukseskan PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 di ICE BSD City, Banten (Ist) Hotel Santika Premiere ICE BSD City adalah hotel bintang 4 di kawasan Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Banten. Ya,