Crisis Center Harus Siaga dalam Industri Pariwisata RI

yoseph umarhadi di rumahnya

Yoseph Umarhadi (kanan) (Ist)

Indonesia memang kaya akan destinasi wisata dan budaya lokal sehingga diminati wisatawan asing. Meski demikian, negeri ini dikenal sebagai negeri cincin api lantaran banyaknya gunung berapi di Indonesia.

Karenanya pemerintah harus sigap melayani kebutuhan wisatawan, termasuk wisatawan asing yang tengah berkunjung ke Indonesia dengan membentuk crisis center, seperti di bandar udara jika terjadi erupsi gunung berapi yang letaknya berdekatan dengan destinasi wisata.

Demikian penjelasan anggota Komisi V DPR Yoseph Umarhadi ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini. Yoseph mengatakan, crisis center diperlukan untuk menghadapi bencana alam seperti erupsi gunung berapi sehingga memudahkan turis asing mendapat informasi mengenai kondisi terkini.

Tak hanya itu, lanjutnya, pemerintah juga perlu memikirkan untuk mencari solusi transportasi alternatif bagi wisatawan jika bandar udara yang ada di sekitar destinasi wisata di Indonesia ditutup karena terjadi erupsi gunung berapi.

Menurutnya, dengan menyediakan kemudahan transportasi darat atau laut maupun kereta api akan membuat wisatawan bisa segera keluar dari bandara untuk menuju daerah terdekat yang tidak mengalami dampak erupsi gunung berapi dan kembali ke tujuan masing-masing, termasuk turis asing juga bisa kembali ke negara mereka masing-masing.

Seperti diketahui belum lama ini, Gunung Baru Jari di Lombok mengalami erupsi dan berdampak terhadap Bandara Internasional Lombok (BIL) dan Bandara Ngurah Rai di Bali.

Letusan Gunung Baru Jari, yang merupakan anak Gunung Rinjani, mengakibatkan hujan abu di tujuh desa dan penutupan sementara bandara di Denpasar dan Lombok.

“Pemerintah harus menyediakan transportasi darat, laut maupun kereta api untuk mengangkut keluar wisatawan yang ada di bandara. Namun, sebelum diangkut keluar bandara, selama wisatawan masih ada di bandara, maka kebutuhan wisatawan harus dilayani dengan baik agar mereka tidak mengalami trauma,” ucap Yoseph yang juga politisi PDI Perjuangan ini.

Penutupan BIL Berdampak Kunjungan Wisatawan Menurun

Penutupan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai dampak erupsi Gunung Baru Jari ternyata membuat kunjungan wisatawan ke Lombok menurun.

Kendati demikian, langkah penutupan BIL dinilai tepat untuk menghindari kecelakaan udara. Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal menjelaskan hal tersebut ketika dihubungi patainanews.com beberapa waktu lalu.

“Hunian hotel di Lombok, khususnya di Lombok Tengah menurun. Padahal biasanya di bulan ini kita panen dimana tingkat hunian hotel mencapai 80 persen,” ujar pria yang akrab disapa Hadi itu.

Hadi yang juga General Manager d’Praya Lombok Hotel ini menuturkan bahwa dampak ditutupnya BIL juga mulai dirasakan masyarakat sekitar sudah mulai terganggu. Ia berharap kondisi BIL bisa segera pulih sehingga tidak mengganggu aktivitas perekonomian di NTB.

Hadi yang juga Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB ini menilai hampir 65 persen terjadi penurunan kunjungan wisatawan ke Lombok sejak ditutupnya BIL sebagai dampak erupsi Gunung Baru Jari. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Tourism

Enaknya Jagung Rebus Terasi Takalar

Ilustrasi Sarabba, sejenis wedang Jahe khas Takalar (Ist) Kabupaten Takalar memiliki beragam potensi wisata kuliner yang beda dengan destinasi lainnya di Indonesia. Pemerintah kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan ini

Slideshow

PATA Travel Mart 2016, Turis Tiongkok Semakin Kenal Indonesia

Press Conference PATA Travel Mart 2016 di Kementerian Pariwisata (Ist) Indonesia bakal menjadi fokus perhatian para pelaku industri pariwisata mancanegara dari 60 negara dengan menggelar PATA Travel Mart 2016 di

SightSeeing

Menanti Tumpeng Vegetarian Chef Chitra

Inilah sosok chef yang gemar kuliner Indonesia. Ya, chef berparas cantik ini mengaku dirinya memang menyukai masakan asli Nusantara sehingga ia pun sering membuat menu baru dalam beragam masakan khas

Airlines

Akhir Pekan ke Surabaya, Ada Surabaya North Quay

Turis bersantai di Terminal Gapura Surya Nusantara (Ist) Warga Surabaya, Jawa Timur kini dapat turut serta menyambut kedatangan kapal pesiar (cruise) internasional di Surabaya North Quay. Adapun Surabaya North Quay

Tourism

Tenun Ikat Kediri, Menjaga Warisan Negeri yang Memikat Wisatawan

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist) Budaya khas Nusantara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, khususnya

Travel Operator

Wisata Halal Kebanggaan Indonesia

Penerima World Halal Tourism Awards 2016 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama CEO International Travel Week Abu Dhabi Andy Buchanan menyerahkan piagam penghargaan World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016 kepada Gubernur