Crisis Center Harus Siaga dalam Industri Pariwisata RI

yoseph umarhadi di rumahnya

Yoseph Umarhadi (kanan) (Ist)

Indonesia memang kaya akan destinasi wisata dan budaya lokal sehingga diminati wisatawan asing. Meski demikian, negeri ini dikenal sebagai negeri cincin api lantaran banyaknya gunung berapi di Indonesia.

Karenanya pemerintah harus sigap melayani kebutuhan wisatawan, termasuk wisatawan asing yang tengah berkunjung ke Indonesia dengan membentuk crisis center, seperti di bandar udara jika terjadi erupsi gunung berapi yang letaknya berdekatan dengan destinasi wisata.

Demikian penjelasan anggota Komisi V DPR Yoseph Umarhadi ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini. Yoseph mengatakan, crisis center diperlukan untuk menghadapi bencana alam seperti erupsi gunung berapi sehingga memudahkan turis asing mendapat informasi mengenai kondisi terkini.

Tak hanya itu, lanjutnya, pemerintah juga perlu memikirkan untuk mencari solusi transportasi alternatif bagi wisatawan jika bandar udara yang ada di sekitar destinasi wisata di Indonesia ditutup karena terjadi erupsi gunung berapi.

Menurutnya, dengan menyediakan kemudahan transportasi darat atau laut maupun kereta api akan membuat wisatawan bisa segera keluar dari bandara untuk menuju daerah terdekat yang tidak mengalami dampak erupsi gunung berapi dan kembali ke tujuan masing-masing, termasuk turis asing juga bisa kembali ke negara mereka masing-masing.

Seperti diketahui belum lama ini, Gunung Baru Jari di Lombok mengalami erupsi dan berdampak terhadap Bandara Internasional Lombok (BIL) dan Bandara Ngurah Rai di Bali.

Letusan Gunung Baru Jari, yang merupakan anak Gunung Rinjani, mengakibatkan hujan abu di tujuh desa dan penutupan sementara bandara di Denpasar dan Lombok.

“Pemerintah harus menyediakan transportasi darat, laut maupun kereta api untuk mengangkut keluar wisatawan yang ada di bandara. Namun, sebelum diangkut keluar bandara, selama wisatawan masih ada di bandara, maka kebutuhan wisatawan harus dilayani dengan baik agar mereka tidak mengalami trauma,” ucap Yoseph yang juga politisi PDI Perjuangan ini.

Penutupan BIL Berdampak Kunjungan Wisatawan Menurun

Penutupan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai dampak erupsi Gunung Baru Jari ternyata membuat kunjungan wisatawan ke Lombok menurun.

Kendati demikian, langkah penutupan BIL dinilai tepat untuk menghindari kecelakaan udara. Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal menjelaskan hal tersebut ketika dihubungi patainanews.com beberapa waktu lalu.

“Hunian hotel di Lombok, khususnya di Lombok Tengah menurun. Padahal biasanya di bulan ini kita panen dimana tingkat hunian hotel mencapai 80 persen,” ujar pria yang akrab disapa Hadi itu.

Hadi yang juga General Manager d’Praya Lombok Hotel ini menuturkan bahwa dampak ditutupnya BIL juga mulai dirasakan masyarakat sekitar sudah mulai terganggu. Ia berharap kondisi BIL bisa segera pulih sehingga tidak mengganggu aktivitas perekonomian di NTB.

Hadi yang juga Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB ini menilai hampir 65 persen terjadi penurunan kunjungan wisatawan ke Lombok sejak ditutupnya BIL sebagai dampak erupsi Gunung Baru Jari. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Hotel

Mata Dunia Melihat Indonesia, GMT 2016 Istimewa

Ilustrasi Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 (Ist) Fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 esok, 9 Maret akan terasa istimewa di Indonesia lantaran bersamaan dengan perayaan Nyepi Tahun Saka 1938.

Tour Package

Semarang yang Kaya Kuliner Khas

Suasana launching Semarang Great Sale 2017 di Jakarta (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap Semarang Great Sale 2017 bisa menjadi agenda pariwisata berskala internasional. Harapan tersebut didukung besarnya potensi wisata

Hotel

Cicipi Olahan Unik Green Tea di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Green Tea Coffee Jelly (Ist) Green tea atau teh hijau dalam beberapa tahun terakhir menjadi sangat populer di Indonesia seiring dengan meningkatnya informasi dan penelitian yang menunjukan berbagai manfaat dari

Heritage

Pemerintah Larang Samsung Galaxy Note 7 dalam Pesawat

Samsung Galaxy Note 7 (Ist) Pemerintah telah secara resmi melarang telepon pintar (smartphone) jenis Samsung Galaxy Note 7 dibawa  dalam penerbangan. Pelarangan tersebut tidak hanya pada penumpang, tapi juga awak

Tour Package

Sambut ASIAN GAMES 2018, Sumsel Gencar Promosi Pariwisata

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan tampak sangat serius untuk mendongkrak kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia, yang tentnnya ke Sumatera Selatan. Salah satu langkah yang dilakukan

SightSeeing

Datuk Hamzah Rahmat Dipercaya Jadi Direktur Eksekutif FATA

FATA Board Members (Ist) Federasi Asosiasi Perjalanan ASEAN (FATA) telah menyelenggarakan Rapat Dewan dan menunjuk Datuk Hamzah Rahmat sebagai Direktur Eksekutif. Adapun Dewan juga mempertahankan Hamzah untuk menjadi Perwakilan Resmi