Crossborder Datangkan Wisman dari Negeri Jiran

AY ketawa

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut di banyak negara yang menjadikan tourism sebagai backbone, selalu menjadikan crossborder sebagai pendulang devisa.

Perancis dan Spanyol yang hebat mengelola deatinasi di perbatasan juga melakukan hal yang sama. “Malaysia juga, untuk market travellers Singapura,” jelas mantan Dirut PT Telkom ini.

Arief Yahya yang asli Banyuwangi ini menjelaskan bahwa model bisnis tourism itu mirip-mirip dengan transportasi dan telekomunikasi.

Ada faktor jarak, dan timeline (season) yang sangat berpengaruh. Di transportasi, jarak sudah pasti berpengaruh pada harga dan minat orang.

Season apa lagi, weekend atau bahkan long week end pasti lebih ramai. Menjelang Lebaran pasti ramai dan mahal ketimbang dengan hari-hari biasa. “Telco juga sama! Dan, tourism juga punya behaviour yang sama,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Nah, karena ada jarak dan waktu itu, maka crossborder adalah area yang terdekat secara jarak yang punya potensi besar untuk menghasilkan tourism.

Deputi Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana memaparkan, untuk refleksi pengalaman dipaparkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

”Nanti juga akan ada bahasan tentang pengalaman lapangan, dimana topiknya adalah pengalaman penyelenggaraan di  Batam Bintan, Aruk Sambas, Atambua dan Skouw Papua. Sedangkan untuk pertunjukan dan Showcase akan hadir Papuan Animale, Jecko Siompo, Nera Ivan Nistreman dari Nusa Tenggara Timur,” kata pria asli Bali itu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Presiden Jokowi Apresiasi Kunjungan Wisman

Presiden Jokowi (kanan) (Ist) Presiden Jokowi memang punya cara yang ‘anti mainstream’ dalam segala sisi, termasuk dalam mengungkapkan rasa gembira ketika angka capaian kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke negeri ini

Destinations

Pelaku Bisnis Pariwisata Lombok Apresiasi Pemprov NTB

General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (kiri) dengan wisatawan remaja dari Republik Czech (kanan) Keberhasilan pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat tak bisa dilepaskan dari peran pemerintah provinsi (Pemprov)

Destinations

Warga Semarang Antusias Ikut Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel melakukan wawancara dengan Jazzy Anastassia Kinsky, peserta audisi pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017 di Hotel Horison NJ Semarang. (Ist) Warga Semarang, Jawa Tengah

Festival

Tidak Ada Visit Malaysia di Mobil Rio Haryanto

Rio Haryanto (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memastikan tidak akan ada tulisan ‘Visit Malaysia’ menempel di Manor Racing, mobil balap Rio Haryanto. Hal tersebut dikatakan AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata menjawab

SightSeeing

PATA Perkenalkan Tourism InSPIRE Awards 2015

Tourism InSPIRE Awards 2015 (Ist) Pacific Asia Travel Association (PATA) dengan bangga mengumumkan peluncuran Tourism InSPIRE (Industry’s Sustainability Practitioners Inspiring Responsibility and Excellency)Awards 2015 yang bisa memberikan inspirasi untuk mengenali

Nature

Menanti Menteri Pariwisata Arief Yahya Mengembangkan Wisata Kopi Indonesia

Berharap adanya dukungan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) dalam International Expo Coffee (Ist) Peran pemerintah memang tak pernah bisa dilepaskan dalam pengembangan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara. Kendati demikian,