Crossborder Datangkan Wisman dari Negeri Jiran

AY ketawa

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut di banyak negara yang menjadikan tourism sebagai backbone, selalu menjadikan crossborder sebagai pendulang devisa.

Perancis dan Spanyol yang hebat mengelola deatinasi di perbatasan juga melakukan hal yang sama. “Malaysia juga, untuk market travellers Singapura,” jelas mantan Dirut PT Telkom ini.

Arief Yahya yang asli Banyuwangi ini menjelaskan bahwa model bisnis tourism itu mirip-mirip dengan transportasi dan telekomunikasi.

Ada faktor jarak, dan timeline (season) yang sangat berpengaruh. Di transportasi, jarak sudah pasti berpengaruh pada harga dan minat orang.

Season apa lagi, weekend atau bahkan long week end pasti lebih ramai. Menjelang Lebaran pasti ramai dan mahal ketimbang dengan hari-hari biasa. “Telco juga sama! Dan, tourism juga punya behaviour yang sama,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Nah, karena ada jarak dan waktu itu, maka crossborder adalah area yang terdekat secara jarak yang punya potensi besar untuk menghasilkan tourism.

Deputi Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana memaparkan, untuk refleksi pengalaman dipaparkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

”Nanti juga akan ada bahasan tentang pengalaman lapangan, dimana topiknya adalah pengalaman penyelenggaraan di  Batam Bintan, Aruk Sambas, Atambua dan Skouw Papua. Sedangkan untuk pertunjukan dan Showcase akan hadir Papuan Animale, Jecko Siompo, Nera Ivan Nistreman dari Nusa Tenggara Timur,” kata pria asli Bali itu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

2018, Turis India ke Indonesia Ditargetkan Meningkat

Press conference perayaan Hari Yoga Internasional ke-4 di Indonesia Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan pertumbuhan wisatawan mancanegara dari India. Menpar Arief pun menetapkan pasar India masuk dalam lima besar penghasil

Cuisine

Pigijo Siap Bantu Pemerintah Datangkan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Claudia Ingkiriwang, co founder blog.pigijo.com (tengah) Komunitas Pigijo yang memberikan informasi pariwisata Indonesia secara keseluruhan dalam blog.pigijo.com, blog traveling menyatakan siap untuk ikut serta membantu pemerintah dalam upaya mendatangkan wisatawan

Tour Package

Perkuat Branding Pariwisata NTB, BPPD Rangkul Media Massa Nasional

Wakil Ketua BPPD NTB Lalu Abdul Hadi Faishal (kiri) tengah mengisi acara talk show di studio Jawa Pos TV di Graha Pena Jakarta, Rabu (25/7/2018) (Ist) Badan Promosi Pariwisata Daerah

Tourism

WKB Melestarikan Kuliner Indonesia

Kuliner khas WKB (Ist) Mendengar nama Tegal, Jawa Tengah identik dengan warung tegl (warteg). Dan, banyak warga setempat yang merantau ke sejumlah kota, termasuk Jakarta untuk membuka warung tegal (warteg)

Nature

Mengemas Promosi Pariwisata Indonesia yang Menarik

Labuan Bajo, destinasi wisata di Indonesia yang diminati wisatawan asing (Ist) Promosi beragam potensi pariwisata Indonesia sebaiknya tidak hanya sebatas seremonial karena lebih penting memenuhi target kunjungan wisatawan, termasuk kunjungan

Destinations

Pariwisata Andalan Sumatera Barat

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit (Ist) Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit berharap pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Kota Padang harus menjadi ajang branding atau pengenalan nilai jual