Dampak Erupsi Gunung Agung, Pemerintah dan Pengusaha Hotel Bersama Urus Wisatawan

gunung agung

Gunung Agung di Bali (Ist)

Presiden Jokowi menyampaikan pesan khusus mengenai para wisatawan yang terdampak erupsi Gunung Agung di Pulau Dewata, Bali. Kepala Negara berpesan supaya mereka dilayani secara baik.

“Para wisatawan yang terdampak karena bandara ditutup agar ditangani dilayani sebaik-baiknya. Jangan sampai mereka tidak terurus pulang atau keluar dari Bali karena bandaranya tertutup,” kata Presiden Jokowi di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Karenanya Presiden meminta Menteri Perhubungan, Menteri Pariwisata, Gubernur Bali maupun para bupati di Pulau Dewata ikut bersama-sama menangani dampak letusan Gunung Agung. “Saya terus memonitor perkembangan yang ada di Bali,” tegas Presiden dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Terhadap masyarakat di sekitar Gunung Agung, mantan gubernur DKI Jakarta ini meminta agar tetap tenang. Bagi yang berada di zona berbahaya diminta menuju tempat-tempat pengungsian demi keselamatan. Selain itu, BNPB, TNI, Polri, Basarnas dan kementerian terkait harus bekerja sama memberikan dukungan kepada pemerintah daerah di Bali dalam menangani pengungsi.

“Semua harus di-backup. Saya minta jangan sampai ada korban karena terkena letusan. Untuk Kemenhub agar memperhatikan keselamatan penerbangan. Ini penting sekali karena abu dari Gunung Agung sangat membahayakan penerbangan dan keselamatan penumpang,” pinta Jokowi.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat concern dengan erupsi Gunung Agunh ini. Bagaimana tidak? Sekitar 40% wisman masuk ke Indonesia via Bali, 30% Jakarta dan 20% Kepri. Karena itu sejak ada tanda-tanda gunung mulai aktif, mantan Dirut PT Telkom ini terus melakukan koordinasi dengan industri pariwisata di Pulai Dewata.

Sejak 5 Oktober lalu, Menpar Arief juga mendatangi Pura Besakih, yang jaraknya hanya 9 km dari pusat erupsi. Kawasan itu sudah dinyatakan zona merah, dan penduduk sudah diungsikan. “Kami sudah membentuk Bali Tourism Hospitality (BTH), kata lain dari Tim Crisis Center,” ungkap Arief Yahya.

Arief Yahya pun membuat frame work dengan membagi pre, on, dan post eruptions. Apa saja yang harus dilakukan, di tiga level situasi itu menggunakan pola yang direkomendasi UNWTO, lembaga PBB yanh bergerak di bidang pariwisata.

Hotel di Bali layani wisatawan

Wisatawan yang tertahan di Puluu Dewata yang terkena dampak erupsi Gunung Agung ternyata dilayani dengan baik oleh pengelola hotel di Bali.

Hal tersebut disampaikan Rainier H Daulay, pemilik Hotel The Rhadana Group ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini. Rainier menuturkan bahwa pihaknya memberikan layanan yang terbaik untuk tamu yang menginap di dua hotel miliknya.

“Kami menyampaikan secara jujur dan apa adanya kepada tamu yang menginap sebab tamu juga mendapatkan informasi melalui televisi dan internet,” urainya. Ia mengatakan bahwa pihaknya juga terjun langsung ke Bandara Ngurah Rai untuk mengikuti perkembangan terkini untuk diteruskan kepada tamu yang menginap.

Tak hanya itu, PHRI di Lombok, Nusa Tenggara Barat juga menyampaikan kepada pengusaha hotel untuk memberikan diskon khusus untuk tamu yang menginap di Lombok. Ketua PHRI NTB Lalu Abdul Hadi Faishal kepada patainanews.com baru-baru ini.

“PHRI NTB mengimbau agar hotel yang ada di Lombok memberikan layanan sebagai wujud empati kepada wisatawan yang menginap di Lombok,” kata Hadi. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Bersama Coca-Cola, Koin Kemanusiaan Donasi ke Panti Asuhan

Anton Ristiono (kanan) perwakilan dari Koin Kemanusiaan menyerahkan donasi Coca-Cola kepada pengurus Panti Asuhan Putra Nusa Putra Ramadan 1439 H adalah bulan baik. Karenanya Koin Kemanusiaan kembali menyalurkan donasi untuk

Culture

Selamat Pemenang Kuis Batik Putra Fakhrudin

Batik Putra Fakhrudin (Ist) Pemenang kuis di patainanews.com mengenai batik khas Indonesia berhadiah Batik Putra Fakhrudin adalah Tomi Nala Prabayaksa. Ya, Tomi berhasil menjawab tiga pertanyaan yang diajukan patainanews.com mengenai kain

Heritage

Wisman Tiongkok Paling Banyak ke Indonesia

Data wisman ke Indonesia (Ist) Berbagai upaya Menteri Pariwisata Arief Yahya berpromosi melalui skema DOT, matching antara destinasi, originasi dan timeline mulai terasa. Strategi marketing dengan pola BAS, branding, advertising,

SightSeeing

Jangan Ragu Bawa Oleh-Oleh dari Destinasi Wisata Indonesia

Ilustrasi kaos Lombok (Ist) Sudah sejak lama seolah menjadi tradisi di negeri ini untuk membawa oleh-oleh ketika pulang dari luar kota. Namun, beberapa waktu lalu, sempat ramai di jejaring media

Culture

ICE Siap Gelar PATA Travel Mart

PATA Travel Mart (Ist) Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten bisa dipastikan menjadi venue penyelenggaraan PATA Travel Mart, yang  merupakan acara travel trade fair kelas internasional yang cukup bergengsi

Travel Operator

Wisatawan Senang ke JungleLand

Wisatawan Nusantara menikmati JungleLand (Ist) Wisatawan rupanya semakin banyak yang berkunjung ke JungleLand yang terletak di kawasan Sentul City. Hal tersebut diungkapkan Direktur PT Murni Wisata Ninik Irawan ketika ditemui