Dampak Erupsi Gunung Agung, Pemerintah dan Pengusaha Hotel Bersama Urus Wisatawan

gunung agung

Gunung Agung di Bali (Ist)

Presiden Jokowi menyampaikan pesan khusus mengenai para wisatawan yang terdampak erupsi Gunung Agung di Pulau Dewata, Bali. Kepala Negara berpesan supaya mereka dilayani secara baik.

“Para wisatawan yang terdampak karena bandara ditutup agar ditangani dilayani sebaik-baiknya. Jangan sampai mereka tidak terurus pulang atau keluar dari Bali karena bandaranya tertutup,” kata Presiden Jokowi di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Karenanya Presiden meminta Menteri Perhubungan, Menteri Pariwisata, Gubernur Bali maupun para bupati di Pulau Dewata ikut bersama-sama menangani dampak letusan Gunung Agung. “Saya terus memonitor perkembangan yang ada di Bali,” tegas Presiden dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Terhadap masyarakat di sekitar Gunung Agung, mantan gubernur DKI Jakarta ini meminta agar tetap tenang. Bagi yang berada di zona berbahaya diminta menuju tempat-tempat pengungsian demi keselamatan. Selain itu, BNPB, TNI, Polri, Basarnas dan kementerian terkait harus bekerja sama memberikan dukungan kepada pemerintah daerah di Bali dalam menangani pengungsi.

“Semua harus di-backup. Saya minta jangan sampai ada korban karena terkena letusan. Untuk Kemenhub agar memperhatikan keselamatan penerbangan. Ini penting sekali karena abu dari Gunung Agung sangat membahayakan penerbangan dan keselamatan penumpang,” pinta Jokowi.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat concern dengan erupsi Gunung Agunh ini. Bagaimana tidak? Sekitar 40% wisman masuk ke Indonesia via Bali, 30% Jakarta dan 20% Kepri. Karena itu sejak ada tanda-tanda gunung mulai aktif, mantan Dirut PT Telkom ini terus melakukan koordinasi dengan industri pariwisata di Pulai Dewata.

Sejak 5 Oktober lalu, Menpar Arief juga mendatangi Pura Besakih, yang jaraknya hanya 9 km dari pusat erupsi. Kawasan itu sudah dinyatakan zona merah, dan penduduk sudah diungsikan. “Kami sudah membentuk Bali Tourism Hospitality (BTH), kata lain dari Tim Crisis Center,” ungkap Arief Yahya.

Arief Yahya pun membuat frame work dengan membagi pre, on, dan post eruptions. Apa saja yang harus dilakukan, di tiga level situasi itu menggunakan pola yang direkomendasi UNWTO, lembaga PBB yanh bergerak di bidang pariwisata.

Hotel di Bali layani wisatawan

Wisatawan yang tertahan di Puluu Dewata yang terkena dampak erupsi Gunung Agung ternyata dilayani dengan baik oleh pengelola hotel di Bali.

Hal tersebut disampaikan Rainier H Daulay, pemilik Hotel The Rhadana Group ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini. Rainier menuturkan bahwa pihaknya memberikan layanan yang terbaik untuk tamu yang menginap di dua hotel miliknya.

“Kami menyampaikan secara jujur dan apa adanya kepada tamu yang menginap sebab tamu juga mendapatkan informasi melalui televisi dan internet,” urainya. Ia mengatakan bahwa pihaknya juga terjun langsung ke Bandara Ngurah Rai untuk mengikuti perkembangan terkini untuk diteruskan kepada tamu yang menginap.

Tak hanya itu, PHRI di Lombok, Nusa Tenggara Barat juga menyampaikan kepada pengusaha hotel untuk memberikan diskon khusus untuk tamu yang menginap di Lombok. Ketua PHRI NTB Lalu Abdul Hadi Faishal kepada patainanews.com baru-baru ini.

“PHRI NTB mengimbau agar hotel yang ada di Lombok memberikan layanan sebagai wujud empati kepada wisatawan yang menginap di Lombok,” kata Hadi. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Kondisi Kerusakan Laut Masih Bisa Diperbaiki

President/CEO PATA Indonesia Poernomo Siswoprasetijo (batik biru) hadir dalam MoU Signing Blue (Ist) Kawasan perairan Indonesia selama ini masih menjadi target utama para pelaku penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing). Kementerian Kelautan

Airlines

Memadukan Dive and Dine untuk Majukan Wisata Bahari Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengusulkan komunitas Indonesian Women in Diving menggabungkan dive and dine sebagai upaya ikut memajukan wisata bahari Indonesia. AY,

Heritage

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara, PT Pelindo III Serius Kembangkan Pelabuhan

Turis asing ke Lombok melalui Pelabuhan Lembar, Lombok (Ist) Kunjungan kapal pesiar di lingkungan kerja PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) hingga paruh tahun 2016 tercatat sebanyak 46 unit kapal pesiar

Slideshow

Strategi Badan Usaha Pelabuhan Hadapi Konsesi

Diskusi Panel Persiapan BUP Dalam Menghadapi Konsesi Pelabuhan (Ist) Konsesi merupakan hak dan kewajiban bagi setiap perusahaan/badan yang akan membuka usaha di atas tanah milik negara. Dalam kurun waktu yang

Festival

Svarna Archipelago

Lindy Ann (tengah) dalam JFW 2015 (Ist) Pencinta fesyen di Indonesia berkumpul lagi di Yogyakarta. Pagelaran Jogja Fashion Week (JFW) 2015 yang merupakan acara tahunan menjadi sarana berkumpulnya pencinta fesyen di Tanah

Nature

Turis Eropa Suka Traveling di Indonesia dengan Kereta Wisata

Penumpang menikmati layanan kereta wisata Priority (Ist) Wisatawan Eropa diketahui suka menggnukan kereta wisata ketika mereka traveling di Indonesia, khususnya sejumlah destinasi wisata yang tersebar di Jawa. Hal tersebut dikatakan