Dari Yogya untuk Dunia

Arief Yahya di asita

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Country branding ‘Wonderful Indonesia’ menebarkan pesonanya di Chingay Night Fiesta, Singapura. Dalam pre-parade di F1 Pit Stop, Singapura, Kamis (18/2/2016) sore waktu setempat, ada Grand Champion World Costume Festival 2013 yang ikut tampil.

Adapun juara dunia itu tampil dengan mengedepankan budaya asal Indonesia khas Yogyakarta. “Wonderful Indonesia memang harus tampil wow. Dunia harus tahu bahwa costume festival itu juaranya Indonesia, bukan Brasil yang tersohor dengan Carnaval Rio de Janeiro itu,” papar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com beberapa waktu lalu.

Dengan konsep gunungan, upacara gerebeg kesultanan Yogyakarta yang selalu diserbu masyarakat membuat juara dunia Costume Festival itu sukses mengibarkan ‘Wonderful Indonesia’. Ya, ini memang berakar dari budaya keraton Yogya dan Solo yang setiap Maulud Nabi selalu pawai mengeluarkan prajurit-prajurit keraton.

“Karena punya akar budaya, maka kita bisa tampil all out. Ada konsep gunungan, yang di puncak prosesi, tumpeng besar berisi buah-buahan itu jadi rebutan. Siapa yang dapat, konon legendanya juga akan memperoleh rezeki,” ungkapnya.
Kontingen Tiongkok, Jepang, Rusia dan Malaysia, Korea Selatan, Amerika Serikat dan Singapura dibuat terpukau. Banyak diantara peserta Chingay Night Fiesta 2016 yang meminta foto dengan tim ‘Wonderful Indonesia’ asal Yogyakarta itu.
Pre-parade kupu kuwi, ragam gerak kupu-kupu, mendapat sambutan dari 8.000 peserta yang memadati kawasan Marina Bay, Singapura. Tak bisa dipungkiri karnaval dan segala kostumnya, Indonesia selama ini memang dikenal jago.
Sebut saja ada Jember Carnaval, Banyuwangi, Malang, Solo Batik, Palembang hingga ke Yogyakarta.
“Misi kami dari Yogya untuk Indonesia. Dari Yogya untuk dunia. Dari Yogya untuk Wonderful Indonesia,” papar Afif Ghurub Bestari, koreografer dan desainer tim Universitas Negeri Yogyakarta yang tampil di Chingay Night Fiesta 2016.
Afif menambahkan, ini sekaligus pemanasan sebelum tampil di ajang tiga tahunan World Costume Festival 2016 di Filipina. “Mudah-mudahan lewat upaya ini, Wonderful Indonesia bisa lebih mendunia,” harap Afif. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Destinasi Wisata Bahari di Pulau Pari Kepulauan Seribu Memikat Wisatawan

Wisatawan menikmati wisata bahari di Pulau Pari Kepulauan Seribu (Ist) Wisata bahari di Kepulauan Seribu tak kalah dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia. Semakin banyak wisatawan yang tertarik

World Heritage

Mei, Jalan-Jalan ke Kepulauan Seribu Lihat Budaya Bugis

Poster acara di Kepulauan Seribu 11 hingga 13 Mei 2017 (Ist) Kepulauan Seribu termasuk dalam 10 Bali baru yang merupakan destinasi wisata yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.

SightSeeing

Masa Depan itu Ada di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama Chairman CNTA Li Jinzao beserta jajarannya dalam China International Travel Market (CITM) 2016 di Shanghai New International Expo Centre, Tiongkok 11-13 November 2016 (Ist)

Cuisine

Tabel Kunjungan Wisman ke Indonesia 2016

Tabel Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Indonesia Sepanjang 2016 (Ist)

SightSeeing

Saksikan Legenda Dewi Tanjung Lesung

Berita Foto: Wisatawan banyak yang belum mengetahui sejarah Tanjung Lesung di Banten. Ya, saksikan Legenda Dewi Tanjung Lesung di Tanjung Lesung Resorts, Sabtu (29/4/2017). Pastikan Anda memeroleh tiket untuk menonton

Travel Operator

Buktikan Sendiri Indonesia itu Memang Indah…

Wisata bahari di Samber Gelap, Kotabaru di Kalimantan Selatan (Ist) Pemerintah menetapkan Jumat (25/3/2016) sebagai libur nasional wafat Isa Almasih. Dan, itu menjadi bagian dari perayaan Paskah 2016. Rupanya banyak