Darmono Dorong Percepatan Pembangunan dengan Konsep Kelola Shopping Mall

Founder dan Chairman PT Jababeka Tbk SD Darmono (kiri) (Ist)

Founder dan Chairman PT Jababeka Tbk SD Darmono mendorong percepatan pembangunan dengan konsep mengelola  shopping mall.

Hal tersebut tertuang dalam diskusi buku miliknya yang berjudul ‘Building A Ship While Sailing’ di Cozyfield Gramedia, Mal Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (4/8/2018). Sejak meluncurkan bukunya pada tahun lalu, Darmono ingin banyak orang mengenal Indonesia lebih baik.

Tak terkecuali orang Indonesia sendiri yang sering kali lupa ada potensi yang besar yang perlu digarap bersama namun dengan keterbatasan sumber daya. Diskusi buku pun dilakukan secara rutin baik di Jakarta hingga ke daerah-daerah, mulai dari kampus, kantor kementerian hingga tempat umum agar dapat menjangkau banyak pihak.

Dalam diskusi kali ini, Darmono menyampaikan, “Indonesia banyak memiliki pulau-pulau yang penduduknya sedikit, namun karena keterbatasan anggaran lalu siapa yang akan membangunnya? Yang membangun infrastrukturnya, pendidikannya, industrinya siapa? maka dibutuhkan investor asing yang membawa dana, teknologi dan pasar”.

Menurutnya, mereka sedang mencari lahan yang bisa meningkatkan ekonomi yang baru dimana Indonesia punya, kosong dan kita lagi susah. Namun karena alasan keamanan maka kita menolaknya, padahal kita butuh. Masak dari 17 ribu pulau hanya di pulau Jawa semua konsentrasinya, semua berkumpul di pulau Jawa.

“Jadi daerah-daerah yang masih kosong daripada menganggur dan tidak dikelola, biarinlah perusahaan-perusahaan besar masuk dan meningkatkan kesejarhteraan kita, pendidikan kita dan kesehatan layak kita. Tinggal di atur peraturannya supaya tidak selamanya dan tidak menjadi penjajahan”.

Darmono menambahkan, “Yang memegang peraturan adalah pemerintah Indonesia, yang megang senjata TNI, hukum kita ada. Kenapa mesti takut? Kalau di zaman Belanda kita lemah gak punya apa-apa kita takut untuk dimasuki orang asing. Maka kita anti asing untuk mengusir Belanda, tapi sekarang kita tidak boleh anti asing lagi karena kita sudah negara besar. Kita harus menolong orang lain yang susah. Contohnya Morotai yang 2.500 kilometer dari Jakarta, daripada kosong?”

Menurutnya, pulau-pulau tersebut dapat dibuat seperti Singapura agar dikelola sama Taiwan atau Jepang supaya dapat menjadi Singapurnya Indonesia tapi milik Indonesia. “Seperti konsep shopping mall, mal ini punya siapa tanahnya kan punya Indonesia dan tidak mungkin dibawa kemana-mana. Biar orang asing yang mengelola tapi kan bayar pajak, menciptakan lapangan pekerjaan dan tidak mungkin tanahnya di bawa,” jelasnya.

Darmono mengaitkan dengan judul bukunya yang dalam bahasa Indonesianya yaitu ‘Membangun Kapal Sambil Berlayar’ bahwa Indonesia harus terus membangun dengan berbagai kerja sama dan berbagai sumber daya yang bisa digunakan.

Akan ada kritik bagi yang tidak mengerti tapi lambat laun semakin banyak juga yang mengerti dan akhirnya mendukung mimpi besar Indonesia yang memiliki potensi besar tersebut. (Gabriel Bobby/TPP)

About author



You might also like

Tour Package

Pariwisata NTB Promosi di Malaysia

Ketua BPD PHRI NTB Lalu Abdul Hadi Faishal (kanan) bersama Timbalan Perdana Mentri (Wakil Perdana Menteri) Malaysia Yang Amat Berhormat (YAB )Dato’ Seri Wan Azizah Wan Ismail di kantor Perdana

Heritage

Buku Kuliner Indonesia Menangkan Hati Dunia

Buku Kuliner Flavors of Indonesia oleh Chef William Wongso Indonesia meraih juara pertama di Gourmand World Cookbook Awards di Yantai, Tiongkok mengalahkan 98 negara (Ist) Kabar baik untuk Indonesia datang

All About Indonesia

Kolabarasi yang Mencerdaskan

Suasana Social Media One Day President University bersama detik.com menyelenggarakan acara bertajuk Social Media One Day di Kuningan City Mall P7 Ballroom. Acara yang membahas tentang media sosial dan seluk

Nature

ASIAN GAMES 2018 itu Sport Tourism

Menteri Pariwisata Arief Yahya Memaksimalkan promosi pariwisata Indonesia pada event Asian Games 2018, Menteri Pariwisata (Menpar) bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Sallahudin Uno meluncurkan bus dengan branding logo Wonderful

Cuisine

2017, Turis Tiongkok ke Lombok akan Meningkat

LA Hadi Faishal (Ist) Malaysia Inbound Tourism Association (MITA) menyatakan bahwa siap untuk mendatangkan wisatawan Tiongkok ke Lombok. Presiden MITA Uzaidi Udanis bersama tim diketahui sudah bertolak dari Lombok, Selasa

Cuisine

Raja Salman ke Indonesia, Wisman Timteng Pasti Melonjak

Presiden Jokowi beserta jajarannya menerima kunjungan Raja Arab Saudi Salman (Ist) Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dan rombongannya ke Indonesia selama 9 hari mulai tanggal 1