Demi Danau Toba, Garuda Indonesia Terbang ke Silangit

maskapai nasional

Pesawat Garuda Indonesia (Ist) 

Manajemen maskapai penerbangan nasional, PT Garuda Indonesia memastikan akan menambah pesawat dan jam penerbangan rute Jakarta menuju Bandara Silangit, Sumatera Utara.

Begitu juga rute sebaliknya. Rencana penerbangan itu akan dimulai 23 Maret mendatang. ”Ini sebuah kabar yang mengembirakan. Impian kita terwujud, kita promosikan dan dukung secara bersama-sama karena ini merupakan upaya percepatan pengembangan Danau Toba sebagai Monaco Asia sehingga secara otomatis masyarakat di sekitar Danau Toba akan maju dan sejahtera,” ungkap Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan saat menandatangani kesepakatan dengan PT Garuda Indonesia di Rumah Dinas Tapanuli Utara, Jumat (3/3/2016).

Dalam penandatanganan itu dihadiri pimpinan daerah yang terkait dengan kawasan Danau Toba. Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Bupati Tobasa Darwin Siagian dan Bupati Samosir Rapiddin Simbolon dan perwakilan dari PT Garuda Indonesia, Syamsuddin.

Nikson menjelaskan, keputusan Garuda Indonesia yang menambah pesawat jenis CSJR 100 Bombardir dan menambah jumlah penerbangan seminggu tiga kali dengan rute Jakarta-Silangit (pp) sangat berdampak baik bagi wilayah yang berkaitan dengan destinasi wisata Danau Toba.

”Karena ini sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi yang mendukung pengembangan Bandara Silangit menjadi bandara internasional,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Langkah Garuda Indonesia ini sebagai tindak lanjut Rapat Terbatas (Ratas) Percepatan Kawasan Danau Toba yang dipimpin Presiden Jokowi dan dimoderatori Menteri Pariwisata Arief Yahya belum lama ini.

Akses melalui Silangit itu adalah solusi cepat atas jalur darat dari Kuala Namu Prapat yang masih 4-5 jam. Jika turun Silangit bisa menghemat sekitar 2-3 jam sehingga dari bandara ke Toba hanya mencapai 1-2 jam saja.

“Sambil secara paralel, jalan tol Kualanamu-Tebing Tinggi selesai dibangun 2018,” ucap Arief Yahya. Bupati Nikson bersyukur karena semua perangkat bandara dan PT Garuda Indonesia akan cepat berbenah memanjangkan dan melebarkan landasan Bandara Silangit untuk menyambut debut penerbangan CSJR 100 tersebut.

”Kami akan maksimalkan waktu 2 minggu ini dengan sangat efektif untuk pembenahan. Karena ini adalah awal dari bangkitnya perekonomian wilayah sekotar dan Pariwisata Danau Toba,” kata Nikson.

Hal senada diungkapkan Bupati Samosir Rapiddin Simbolon. Menurutnya, penandatanganan dan keputusan PT Garuda Indonesia ini bukan hanya kebaikan bagi wilayahnya saja.

”Saya yakin kemajuannya akan mengalir ke kabupaten lainnya, terutama mengangkat Danau Toba,” kata Samosir. Bandara Silangit memang sudah disiapkan sejak tahun lalu untuk menjadi bandara internasional.

Landasan bandara tersebut mengalami perpanjangan menjadi 2.650 meter dan lebarnya 40 meter dan bisa menyambut pesawat besar jenis Boeing 737.

Danau Toba merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas. Sembilan destinasi lainnya adalah Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang. (Gabriel Bobby)

 

 

 

About author



You might also like

Slideshow

Indonesian Day di Perancis

Chef Anita Sobron (Restaurant Indonesia), Direktur FNAC, Manager FNAC Voyages, Eka MONCARRE dari VITO Perancis (Ist) Vito Perancis bekerja sama dengan FNAC Voyages menggelar Indonesian Day di salah satu toko

Hotel

Banyuwangi Kota Festival Terbaik Nasional

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya secara resmi meluncurkan Banyuwangi Indonesia Festival 2018 Top 77 Events di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata di Jakarta.  Menpar Arief mengapresiasi

Culture

Vote Indonesia Jadi Surga Dunia

Raja Ampat di Indonesia (Ist) Patenkan Indonesia sebagai destivasi underwater terbaik di dunia! Karena faktanya memang bawah laut Indonesia diciptakan Tuhan untuk juara dunia. Kalau pun banyak media massa yang

Destinations

PATA Indonesia Chapter Dukung ASITA Jakarta Sosialisasi Pajak

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo memberikan sambutan (Ist) PATA Indonesia Chapter mendukung DPD ASITA DKI Jakarta mengadakan sosialisasi pajak bagi anggota ASITA Jakarta. President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo

All About Indonesia

CEO Metranet Gandeng FPMDI Kembangkan Media Digital

Didik Budi Santoso, Chief Executive Officer (CEO) PT Metranet (duduk nomor tiga dari kiri) foto bersama FPMDI, termasuk patainanews.com (memakai topi) (Ist)  “Saya orang di balik layar, jarang muncul ke

SightSeeing

Ulos Diusulkan ke UNESCO sebagai World Intangible Cultural Heritage

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan akan mendukung Ulos, kain khas masyarakat Batak, Sumatera Utara (Sumut) untuk diusulkan