Demi Danau Toba, Garuda Indonesia Terbang ke Silangit

maskapai nasional

Pesawat Garuda Indonesia (Ist) 

Manajemen maskapai penerbangan nasional, PT Garuda Indonesia memastikan akan menambah pesawat dan jam penerbangan rute Jakarta menuju Bandara Silangit, Sumatera Utara.

Begitu juga rute sebaliknya. Rencana penerbangan itu akan dimulai 23 Maret mendatang. ”Ini sebuah kabar yang mengembirakan. Impian kita terwujud, kita promosikan dan dukung secara bersama-sama karena ini merupakan upaya percepatan pengembangan Danau Toba sebagai Monaco Asia sehingga secara otomatis masyarakat di sekitar Danau Toba akan maju dan sejahtera,” ungkap Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan saat menandatangani kesepakatan dengan PT Garuda Indonesia di Rumah Dinas Tapanuli Utara, Jumat (3/3/2016).

Dalam penandatanganan itu dihadiri pimpinan daerah yang terkait dengan kawasan Danau Toba. Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Bupati Tobasa Darwin Siagian dan Bupati Samosir Rapiddin Simbolon dan perwakilan dari PT Garuda Indonesia, Syamsuddin.

Nikson menjelaskan, keputusan Garuda Indonesia yang menambah pesawat jenis CSJR 100 Bombardir dan menambah jumlah penerbangan seminggu tiga kali dengan rute Jakarta-Silangit (pp) sangat berdampak baik bagi wilayah yang berkaitan dengan destinasi wisata Danau Toba.

”Karena ini sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi yang mendukung pengembangan Bandara Silangit menjadi bandara internasional,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Langkah Garuda Indonesia ini sebagai tindak lanjut Rapat Terbatas (Ratas) Percepatan Kawasan Danau Toba yang dipimpin Presiden Jokowi dan dimoderatori Menteri Pariwisata Arief Yahya belum lama ini.

Akses melalui Silangit itu adalah solusi cepat atas jalur darat dari Kuala Namu Prapat yang masih 4-5 jam. Jika turun Silangit bisa menghemat sekitar 2-3 jam sehingga dari bandara ke Toba hanya mencapai 1-2 jam saja.

“Sambil secara paralel, jalan tol Kualanamu-Tebing Tinggi selesai dibangun 2018,” ucap Arief Yahya. Bupati Nikson bersyukur karena semua perangkat bandara dan PT Garuda Indonesia akan cepat berbenah memanjangkan dan melebarkan landasan Bandara Silangit untuk menyambut debut penerbangan CSJR 100 tersebut.

”Kami akan maksimalkan waktu 2 minggu ini dengan sangat efektif untuk pembenahan. Karena ini adalah awal dari bangkitnya perekonomian wilayah sekotar dan Pariwisata Danau Toba,” kata Nikson.

Hal senada diungkapkan Bupati Samosir Rapiddin Simbolon. Menurutnya, penandatanganan dan keputusan PT Garuda Indonesia ini bukan hanya kebaikan bagi wilayahnya saja.

”Saya yakin kemajuannya akan mengalir ke kabupaten lainnya, terutama mengangkat Danau Toba,” kata Samosir. Bandara Silangit memang sudah disiapkan sejak tahun lalu untuk menjadi bandara internasional.

Landasan bandara tersebut mengalami perpanjangan menjadi 2.650 meter dan lebarnya 40 meter dan bisa menyambut pesawat besar jenis Boeing 737.

Danau Toba merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas. Sembilan destinasi lainnya adalah Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang. (Gabriel Bobby)

 

 

 

About author



You might also like

Nature

Melihat Palembang Saat GMT 2016

Acara GMT 2016 di Palembang (Ist) Fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 sudah semakin dekat. Kehadiran wisatawan Nusantara maupun turis asing ke destinasi yang dilewati GMT pada Rabu,

Tour Package

Sekjen UNWTO Dukung RI Capai Target 20 Juta Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Duta Besar RI di Madrid Yuli Mumpuni memenuhi Undangan HE Dr Taleb Rifai, Sekjen UNWTO di Madrid, Spanyol (Ist)  Sinyal yang dilempar Presiden Joko Widodo

Cuisine

Gereja Katedral Jakarta dan Masjid Istiqlal Gratis untuk Wisatawan

Turis asing di Indonesia menyatu dengan masyarakat (Ist) Masyarakat pada bulan lalu sempat ramai mengenai ada usulan kenaikan harga satu bungkus rokok pada September 2016.  Di media sosial, banyak yang

Hotel

Menikmati GMT 2016 di Jakabaring

Berita Foto: Fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 yang melintas di Palembang, Sumatera Selatan tak hanya bisa dilihat di Jembatan Ampera, melainkan juga di Jakabaring. Tampak wisatawan Nusantara dan

Tourism

Putri Pariwisata Indonesia Ikut Promosikan 10 Destination Brandings

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel, Miss Intercontinental Indonesia 2016 Dani Wulandari, Kep Seribu Tourism Ambassadrees Dani Wulandari  menghadiri launching 10 Destination Brandings di kementerian Pariwisata (Ist) Putri Pariwisata

Travel Operator

Sumsel Incar Turis Tiongkok

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kaca mata) berpose bersama wartawan di Palembang (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sadar begitu besar potensi wisatawan Tiongkok yang suka