Desain Arsitektur Nusantara Perkuat 10 Bali Baru

Jumpa pers Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018 (Ist)

Desain Arsitektur Nusantara yang sudah lima kali disayembarakan semakin memperkuat posisi 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) atau 10 Bali Baru yang dikembangkan sebagai destinasi pariwisata kelas dunia dengan menonjolkan arsitektur khas daerah masing-masing, khususnya untuk 3A (atraksi, amenitas, maupun aksesibilitas) sebagai unsur utama dalam mengembangkan destinasi pariwisata.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dadang Rizki Ratman mengatakan, hingga kini sudah 4 kali Kemenpar bekerja sama dengan PT Propan Raya menggelar sayembara Desain Arsitektur Nusantara untuk mendesain diantaranya Bandar Udara Nusantara (2015), Rumah Wisata (Homestay) Nusantara (2016), Restoran Nusantara (2017), dan tahun ini dilanjutkan dengan sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018.

Dalam sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018 ini, kata Dadang Rizki Ratman, Kemenpar menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan PT Propan Raya sebagai inisiator serta Bank Rakyat lndonesia (BRI) sebagai sponsorship yang akan memberikan total hadiah sebesar Rp600 juta.

“Akan ada 10 pemenang untuk sepuluh destinasi pariwisata prioritas. Masing-masing pemenang mendapat hadiah sebesar Rp 50 juta. Dari kesepuluh pemenang akan dipilih satu pemenang ‘the best of the best’ yang akan mendapat hadiah uang Rp 100 juta, sehingga total hadiah pemenang ‘the best of the best’ sebesar Rp 150 juta,” kata Dadang Rizki Ratman dalam jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Jumat (5/10/2018).

Dadang Rizki Ratman didampingi Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari, Direktur PT Propan Raya Yuwono Imanto, salah satu anggota dewan juri Yori Antar menjelaskan, hasil dari sayembara desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018 nantinya diharapkan dapat digunakan oleh para pelaku bisnis pariwisata di bidang usaha cinderamata menjadi bagian dari unsur atraksi yang akan meningkatkan lama tinggal serta pengeluaran (spending money) wisatawan ketika berlibur di 10 Bali Baru.

Sementara Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari mengatakan, ekonomi kreatif mempunyai 5 nilai rantai yaitu kreasi, produksi, distribusi, konsumsi, dan konservasi. “Pusat cinderamata ini akan mendukung rantai distribusi bagi cinderamata akan menjadi jalur distribusi untuk sub-sektor kriya, fashion dan kuliner. Bekraf berharap sayembara ini dapat menghasilkan Pusat Cinderamata yang dapat mengangkat arsitektur Indonesia,” kata Hari Santosa Sungkari dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sementara itu Yori Antar, salah satu anggota dewan juri mengatakan, sebuah pusat cenderamata harusnya dapat memberikan kesan baik dari segi pelayanan maupun suasana ruangnya. “Untuk itu, desain harus mempunyai kesan tersendiri dari segi interiornya. Kesan-kesan itu dapat dibentuk pada elemen-elemen pembentuk. Juga pelengkap ruang yang merupakan unsur-unsur desain interior,” kata Yori Antar.

Direktur PT Propan Raya Yuwono Imanto mengatakan, sayembara ini akan memperkenalkan, menjaga, dan melestarikan budaya bangsa. “Jangan sampai Arsitektur Nusantara diakui oleh negara lain bahkan hilang dengan sendirinya karena tak ada yang peduli,” kata Yuwono.

Seperti diketahui dari 10 Bali Baru ini telah ditetapkan 4 sebagai destinasi pariwisata super prioritas yaitu Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Borobudur. Pendaftaran Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018 dimulai dari 5 hingga 31 Oktober mendatang, sedangkan pengumuman pemenang dilaksanakan pada 30 November 2018.

Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi laman;arsitekturnusantara.propanraya.com sekaligus mendaftarkan diri sebagai peserta sayembara. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

12 September Jalan-Jalan ke Destinasi Wisata Indonesia Berhadiah Voucher Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Indonesia memang dikenal kaya akan beragam destinasi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Contohnya Lombok di Nusa Tenggara Barat. Wisatawan banyak yang suka

Heritage

Ekspatriat Australia yang Menyukai Indonesia

Paskah di Gereja Katedral Jakarta Ekspatriat dari Australia yang sudah lama menetap di Indonesia mengaku menyukai Indonesia. Grant McClean, Technical Manager Capital Projects Coca Cola Amatil Indonesia ini mengaku sudah

SightSeeing

Easter Care Brunch 2016

Grandkemang Jakarta Easter Care 2016 (Ist) Melanjutkan kesuksesan sebelumnya,  grandkemang Hotel Easter Care Brunch tidak hanya terfokus kepada acara makan keluarga di hari Paskah dan kegiatan untuk anak-anak, namun juga terfokus pada

Tourism

Ke Cirebon, Ada Family Fun Bike Tour de Keraton

Keraton Kasepuhan Cirebon PATA Indonesia Chapter, dan Keraton Kasepuhan akan mengadakan Family Fun Bike di Cirebon, Jawa Barat. Demikian dijelaskan Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat ketika

Heritage

Tour Guide Jadi Turis

Kegiatan tour guide jadi turis (Ist) Sebuah pengalaman langka bagi rmereka tour guide desa wisata Sade, Ende dan Setanggor, Nusa Tenggara Barat (NTB) ketika satu waktu mereka menjadi seorang wisatawan.

Heritage

Terbang dengan Helicity itu Menyenangkan

Helicity Bell 505 Terbang dengan Helicity itu menyenangkan. Tak hanya sekadar mendapat pengalaman baru, namun sensasi terbang dengan Helikopter Bell 505 melihat Jakarta dari ketinggian yang bebas dari macet. patainanews.com