Desember ke Bali Ada Street Food di Denpasar Festival 2016

AY ketawa

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Street Food alias jajanan kaki lima bakal menjadi jualan utama selama Denpasar Festival 2016. Kendati demikian bukan sembarang kaki lima, tapi yang kualitasnya bintang lima.

Bali selain punya pemandangan alam yang indah, juga punya warisan kuliner yang sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Hal itu yang akan diangkat selama pagelaran Denpasar Festival 2016, yang rencananya akan digelar mulai 28 hingga 31 Desember mendatang.

Bukan sembarang penjaja kuliner kaki lima yang dilibatkan selama festival berlangsung, melainkan hanya para pedagang yang sudah terpilih saja yang boleh berjualan.

Itu artinya para pedagang ini akan dipilih oleh kurator yang berkompeten. “Lewat Food Street ini, para pedagang akan kami tingkatkan kapasitasnya. Biar mereka belajar soal hospitality, soal higienis. Semua pedagang melalui proses kurator yang melibatkan ahli dari ICA, atau Ikatan Chef. Mereka yang akan memilih dan membina para pedagang ini,” tutur Ida Bagus Dharmawijaya Mantra, Walikota Denpasar saat jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Melalui proses kurasi dan pelatihan, Ida Bagus Mantra berharap para pedagang kuliner kaki lima mendapat manfaat langsung dari sektor pariwisata yang memang selama ini jadi tumpuan Bali untuk menyumbang devisa bagi negara.

Meski kaki lima, Ida Bagus pun menjamin kualitas makanan mereka setara dengan masakan restoran hotel bintang lima. “Biar mereka menikmati hasil pariwisata di kotanya sendiri. Rakyat juga harus menikmati pariwisata di daerahnya sendiri. Sejak 2008, sudah hampir 500 pedagang yang kami libatkan. Rata-rata mereka sudah mandiri sekarang. Street Food kami kaki lima, tapi kualitasnya bintang lima. Tidak perlu khawatir soal kualitas,” jelas Ida Bagus.

Sekitar 80 orang pedagang kuliner kaki lima yang akan dilibatkan selama acara Denpasar Festival 2016. Para pedagang akan menjajakan makanan tradisional Bali, mulai dari yang umum dijajakan, hingga jenis kuliner yang sudah mulai langka.

“Untuk kulinernya, makanan tradisional yang khas dari jajanan, Sate Lilit. Ada juga Loloh, semacam jamu. Bahkan kuliner kuliner yang sudah jarang dijual, bisa timbul lagi di sana. Jangan salah, per hari transaksi bisa Rp40-60 Juta. Mereka tidak dikenakan biaya,” terang Ida Bagus.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya mematok target Denpasar Festival ini bisa mendatangkan mencapai 65 ribu wisatawan.

“Semoga Denpasar Festival ini makin memperkuat pariwisata di Great Bali. Target kami festival ini dikunjungi 65 ribu wisman, dengan nilai transaksi Rp6,5 miliar,” kata Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

PATA Indonesia Chapter Ajak Dorsett Promosikan Indonesia di Dunia

Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono Pemerintah telah mencanangkan target bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 mendatang. Karenanya PATA Indonesia Chapter mengajak Dorsett Internasional untuk melakukan promosi wisata

Destinations

Presiden Jokowi Optimistis KEK Tanjung Kelayang Diminati Investor

Presiden Jokowi meresmikan terminal baru Bandara Depati Amir (Ist) Presiden Jokowi menyebut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang di Provinsi Bangka Belitung (Babel) semakin diminati investor yang ingin menanamkan modal

Hotel

Tenun Ikat Kediri Diminati Wisatawan Eropa

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist) Wisatawan mancanegara asal Eropa rupanya selama ini menyukai kain tradisional

All About Indonesia

Martha Lory Fransisca, Wakil JAS yang Menikmati HPN 2018 di Padang

Martha Lory Fransisca, Corporate Communications JAS Airport Services Martha Lory Fransisca, Corporate Communications JAS Airport Services mengaku menikmati traveling di Padang, Sumatera Barat. Adapun PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Tbk ikut berpartisipasi mendukung penyelenggaran

Culture

Penting Tampil di JFW 2015

‘The Golden Route’ Lindy Ann (Ist) Jogja Fashion Week (JFW) 2015 resmi dibuka. Untuk tahun ini, tema yang diusung adalah Svarna Archipelago atau mengangkat keanekaragaman fesyen dan pariwisata daerah di Indonesia. Adapun

SightSeeing

Indonesia, Surga Diving Dunia

Anugerah Pesona Indonesia 2017 (Ist) Negeri ini dikenal kaya akan wisata bahari yang tersebar di Nusantara mulai dari kawasan timur Indonesia hingga ke wilayah barat Tanah Air. Menariknya wisatawan mancanegara