Dieng Culture Festival 2019 Dikunjungi 177 Ribu Wisatawan

Dieng Culture Festival 2019 (Ist)

Gelaran Dieng Culture Festival (DCF) 2019 yang berlangsung pada 2 hingga 4 Agustus 2019 lalu dikunjungi 177 ribu wisatawan baik wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara.

Ketua Panitia Dieng Culture Festival 2019 Alif Fauzi di Banjarnegara Rabu (7/8/2019) mengatakan, setiap tahun DCF mengalami peningkatan jumlah wisatawan.

“Selama event berlangsung ada 177 ribu wisatawan. Jumlah tersebut didominasi domestik, sementara yang mancanegara terdapat 930 wisatawan,” kata Alif dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (8/8/2019).

Adapun jumlah tersebut meningkat setiap tahunnya, tercatat pada 2017 silam ada 148 ribu wisatawan, tahun 2018 sebesar 158 ribu wisatawan.

Kemeriahan Dieng Culture Festival 2019 (Ist)

Tiket masuk DCF tahun ini memang dijual lebih banyak dibandingkan tahun lalu, yakni 5.500 buah tiket, harga per-tiketnya sendiri mencapai Rp 360 ribu selama tiga hari festival berlangsung.

“Spending wisatawan rata-rata Rp400 ribu, kami perkirakan selama tiga hari ada perputaran uang sebesar Rp70,8 miliar,” kata Alif.

Tahun lalu, lanjut Alif perputaran uang tercatat sekitar Rp 58 miliar. Jumlah tersebut, lanjut Alif, sama dengan jumlah penjualan hasil panen kentang di Dieng selama satu tahun.

Sementara Ketua Pelaksana Top 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengatakan, kesuksesan Dieng Culture Festival ke-10 memberikan dampak langsung terhadap perekonomian sekitarnya.

Masyarakat diharapkan bisa lebih baik dalam memberikan hospitality terhadap wisatawan baik wisatawan mancanegara ataupun nusantara.

“Kekayaan adat dan budaya daerah ini tentunya akan memperkaya keragaman adat dan budaya nasional perlu untuk dilestarikan,” ujar Esthy. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Menikmati GMT 2016 dari Ketinggian

Ilustrasi GMT (Ist) Agen perjalanan dari Perancis tengah merencanakan tur menikmati Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di atas ketinggian 48.000 kaki. Tur ini akan membawa peserta terbang di atas Halmahera

World Heritage

Sriwijaya Air Dukung Anugerah Pesona Indonesia 2018

Foto bersama jumpa pers Anugerah Pesona Indonesia 2018 Tanpa terasa kegiatan Anugerah Pesona Indonesia (API) telah menginjak penyelengaraan tahun ketiga. Seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia penyelenggara terus melakukan evaluasi dan perbaikan

Heritage

Genting Dream Cruise Datang, Bintan Panen Wisman

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Bahari Indroyono Soesilo (kanan) (Ist) Sekitar 2.000 wisatawan membanjiri Pulau Bintan, Sabtu (7/7/2018). Para wisatawan ini datang bersama kapal pesiar mewah Genting Dream Cruises. Seharian

Cuisine

Menikmati Experience Baru Traveling Keliling Jakarta dengan Helicity

Helicity Tak bisa dipungkiri transportasi menjadi andalan wisatawan menuju destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. PT Whitesky Aviation rupanya jeli menangkap peluang yang ada dalam sektor pariwisata Indonesia dengan memperkenalkan

SightSeeing

Pembangunan Boom Marina Banyuwangi Terus Digenjot

Koordinasi perizinan di BLH Jatim (Ist) Pembangunan kompleks wisata Boom Marina Banyuwangi yang dinanti masyarakat Banyuwangi terus digenjot. Marina bertaraf internasional tersebut nantinya akan menjadi destinasi wisata bahari yang terintegrasi

Slideshow

Erupsi Gunung Agung, Wisatawan Masih Bisa Traveling ke Destinasi Wisata Indonesia

Rainier H Daulay (Ist) Erupsi Gunung Agung yang ada di Bali tak perlu membuat industri pariwisata Indonesia panik sebab wisatawan, khususnya turis asing masih tetap bisa datang ke Indonesia untuk