Dikunjungi Konjen Australia, Gubernur Maluku Dorong Adanya Rute Saumlaki-Darwin

gubernur maluku

Gubernur Maluku Said Assagaff (kiri) (Ist) 

Gubernur Maluku Said Assagaff mendorong pemerintah Australia melalui Konsulat Jenderal (Konjen) Australia untuk segera membuka penerbangan rute Saumlaki-Darwin secepatnya.

Kepala Bagian Humas Setda Maluku Bobby Palapia mengatakan, keinganan besar Gubernur Maluku ialah memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) dan sektor pariwisata lewat adanya pintu penerbangan Saumlaki-Darwin.

“Keinginan Gubernur saat bertemu dengan Konsulat dari Australia, beliau menginginkan agar ada penerbangan internasional langsung Saumlaki-Darwin,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (29/11/2016).

Dengan dibukanya rute Saumlaki-Darwin, maka setiap tahunnya pemerintah provinsi Maluku akan mengirimkan setidaknya 100 siswa lulusan SMA untuk melanjutkan studi mereka di Australia.

“Gubernur tadi tegaskan, dengan dibukanya rute ini, maka pemerintah provinsi telah berkomitmen untuk mengirimkan setidaknya 100 orang lulusan SMA untuk menuntut ilmu di Australia. Sudah tentu rute tersebut akan mempermudah pemerintah,” ungkap Palapia.

Bukan hanya sekadar meningkatkan sektor SDM, gubernur juga katanya ingin agar sektor pariwisata dapat menjadi objek utama saat rute Saumlaki-Darwin di buka.

“Beliau sangat mengharapkan agar pemerintah provinsi juga harus dapat mengoptimalkan spot-spot pariwisata yang ada agar bisa menjadi tujuan saat rute ini dibuka. Kan, alam Maluku sudah sangat menjanjikan, tinggal dipoles saja,” jelasnya.

Di sisi lain, gubernur juga menyampaikan harapannya kepada Konjen Australia, dimana ia sangat berharap ada rute penerbangan Bali-Ambon sehingga wisatawan yang ingin berkunjung ke Ambon tidak perlu menunggu transit untuk bisa menikmati indahnya alam Maluku.

Sementara dari pihak Konjen Australia Richard Mathews menegaskan, pemerintah Australia tidak hanya tertarik dengan sektor pariwisata tapi mereka juga telah menawarkan adanya kursus untuk peningkatan SDM yakni kursus perencanaan pembangunan di bidang kelautan, sosial dan ekonomi serta industri pariwisata yang berkelanjutan.

Adapun tawaran kursus ini, rencananya dimulai tahun depan dengan mengirimkan 20 orang. Strategi kursusnya pun selama 1 tahun akan belajar di Makassar dan 1 tahun di Australia. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

Destinations

Turis Taiwan Tertarik ke Lombok

Pesona Lombok memikat turis Taiwan (Ist) Kawasan Asia Timur dinilai sebagai pasar potensial bagi pariwisata Indonesia, termasuk destinasi Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain turis dari Tiongkok, kini wisatawan asal Taiwan

Slideshow

Dua HPC Perkuat Pelabuhan Tanjung Perak

Proses bongkar HPC (Ist) Setelah sebelumnya kedatangan satu alat bongkar muat berjenis Harbour Mobile Crane (HMC) pada pertengahan tahun lalu, Pelabuhan Tanjung Perak kembali kedatangan alat bongkar muat, yakni dua

Airlines

Keraton Kasepuhan Dukung Mata Sunyaragi 2017

Gua Sunyaragi (Ist) Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat mendukung penyelenggaraan Mata Sunyaragi 2017 yang akan digelar di Gua Sunyarangi, Cirebon, Jawa Barat. “Keraton Kasepuhan Cirebon mendukung

Tour Package

Morotai Bakal Ngetop di TV Prancis

Menteri Pariwisata Arief Yahya (keempat dari kiri) ketika meluncurkan Wonderful Morotai 2016 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memang memproyeksikan untuk memperkokoh 3A di destinasi Manado dulu, yakni menyentuh Atraksi, Akses

Heritage

Potensi Wisata Bahari Kei Curi Perhatian Pencinta Laut Indonesia

Ilustrasi potensi wisata bahari di Kei (Ist) Kepulauan Kei Kecil mulai menjadi primadona baru destinasi wisata bahari di kawasan Timur Indonesia. Tidak hanya kunjungan turis yang meningkat, awal Desember 2015

Indonesiaku

Semangat Sumpah Pemuda, Forum Pimpinan Media Digital Dideklarasikan

Forum Pimpinan Media Digital (Ist) Sejumlah pimpinan media digital mendeklarasikan Forum Pimpinan Media Digital di Jakarta, Rabu (28/10/15) setelah menandatangani naskah deklarasi. Inisiator Forum Pimpinan Media Digital Wina Armada membacakan