Dikunjungi Konjen Australia, Gubernur Maluku Dorong Adanya Rute Saumlaki-Darwin

gubernur maluku

Gubernur Maluku Said Assagaff (kiri) (Ist) 

Gubernur Maluku Said Assagaff mendorong pemerintah Australia melalui Konsulat Jenderal (Konjen) Australia untuk segera membuka penerbangan rute Saumlaki-Darwin secepatnya.

Kepala Bagian Humas Setda Maluku Bobby Palapia mengatakan, keinganan besar Gubernur Maluku ialah memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) dan sektor pariwisata lewat adanya pintu penerbangan Saumlaki-Darwin.

“Keinginan Gubernur saat bertemu dengan Konsulat dari Australia, beliau menginginkan agar ada penerbangan internasional langsung Saumlaki-Darwin,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (29/11/2016).

Dengan dibukanya rute Saumlaki-Darwin, maka setiap tahunnya pemerintah provinsi Maluku akan mengirimkan setidaknya 100 siswa lulusan SMA untuk melanjutkan studi mereka di Australia.

“Gubernur tadi tegaskan, dengan dibukanya rute ini, maka pemerintah provinsi telah berkomitmen untuk mengirimkan setidaknya 100 orang lulusan SMA untuk menuntut ilmu di Australia. Sudah tentu rute tersebut akan mempermudah pemerintah,” ungkap Palapia.

Bukan hanya sekadar meningkatkan sektor SDM, gubernur juga katanya ingin agar sektor pariwisata dapat menjadi objek utama saat rute Saumlaki-Darwin di buka.

“Beliau sangat mengharapkan agar pemerintah provinsi juga harus dapat mengoptimalkan spot-spot pariwisata yang ada agar bisa menjadi tujuan saat rute ini dibuka. Kan, alam Maluku sudah sangat menjanjikan, tinggal dipoles saja,” jelasnya.

Di sisi lain, gubernur juga menyampaikan harapannya kepada Konjen Australia, dimana ia sangat berharap ada rute penerbangan Bali-Ambon sehingga wisatawan yang ingin berkunjung ke Ambon tidak perlu menunggu transit untuk bisa menikmati indahnya alam Maluku.

Sementara dari pihak Konjen Australia Richard Mathews menegaskan, pemerintah Australia tidak hanya tertarik dengan sektor pariwisata tapi mereka juga telah menawarkan adanya kursus untuk peningkatan SDM yakni kursus perencanaan pembangunan di bidang kelautan, sosial dan ekonomi serta industri pariwisata yang berkelanjutan.

Adapun tawaran kursus ini, rencananya dimulai tahun depan dengan mengirimkan 20 orang. Strategi kursusnya pun selama 1 tahun akan belajar di Makassar dan 1 tahun di Australia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Wisata Halal di Lombok Incar Wisnus

Turis asing di Lombok (Ist) Sejak Lombok di Nusa Tenggara Barat pada tahun lalu mencetak prestasi dunia yang membanggakan Indonesia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yakni menyumbang dua gelar

Airlines

ICE Gairahkan Industri MICE di Asia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist) Keberadaan Indonesia

Airlines

Produk Wisata Siap, Kementerian Pariwisata yang Mempromosikan

Indonesia kaya akan potensi wisata, termasuk di Bali (www.ninaflynnphotography.com) Negeri ini dikenal kaya akan beragam potensi wisata yang bisa menarik minat wisatawan asing berkunjung ke Indonesia. Tak bisa dipungkiri kekayaan

Culture

Batik tak Hanya Sekadar Kain

Ella V Brizadly (Ist) Batik itu lebih dari sekadar motif kain. Karenanya warisan wastra tradisional asli Indonesia ini memang terus dijaga dan dilestarikan lantaran semakin diminati warga dunia. “Menyambut hari

Slideshow

ITdBI 2016 Sukses Perkenalkan Pariwisata Banyuwangi

Tari Gandrung, tari khas Banyuwangi (Ist) Puncak penyelenggaraan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 dinilai sukses dan lancar. Event kelas dunia di Banyuwangi, Jawa Timur sukses menghidupkan industri pariwisata

Cuisine

Pemerintah Incar Turis Korsel Nikah di Indonesia

Booth Wonderful Indonesia dalam Wedding Expo di Coex Seoul, Korsel (9-10 Juli 2016) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berinovasi untuk mewujudkan target optimistik yang dicanangkan Presiden Jokowi, yakni mendatangkan 20