Dikunjungi Konjen Australia, Gubernur Maluku Dorong Adanya Rute Saumlaki-Darwin

gubernur maluku

Gubernur Maluku Said Assagaff (kiri) (Ist) 

Gubernur Maluku Said Assagaff mendorong pemerintah Australia melalui Konsulat Jenderal (Konjen) Australia untuk segera membuka penerbangan rute Saumlaki-Darwin secepatnya.

Kepala Bagian Humas Setda Maluku Bobby Palapia mengatakan, keinganan besar Gubernur Maluku ialah memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) dan sektor pariwisata lewat adanya pintu penerbangan Saumlaki-Darwin.

“Keinginan Gubernur saat bertemu dengan Konsulat dari Australia, beliau menginginkan agar ada penerbangan internasional langsung Saumlaki-Darwin,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (29/11/2016).

Dengan dibukanya rute Saumlaki-Darwin, maka setiap tahunnya pemerintah provinsi Maluku akan mengirimkan setidaknya 100 siswa lulusan SMA untuk melanjutkan studi mereka di Australia.

“Gubernur tadi tegaskan, dengan dibukanya rute ini, maka pemerintah provinsi telah berkomitmen untuk mengirimkan setidaknya 100 orang lulusan SMA untuk menuntut ilmu di Australia. Sudah tentu rute tersebut akan mempermudah pemerintah,” ungkap Palapia.

Bukan hanya sekadar meningkatkan sektor SDM, gubernur juga katanya ingin agar sektor pariwisata dapat menjadi objek utama saat rute Saumlaki-Darwin di buka.

“Beliau sangat mengharapkan agar pemerintah provinsi juga harus dapat mengoptimalkan spot-spot pariwisata yang ada agar bisa menjadi tujuan saat rute ini dibuka. Kan, alam Maluku sudah sangat menjanjikan, tinggal dipoles saja,” jelasnya.

Di sisi lain, gubernur juga menyampaikan harapannya kepada Konjen Australia, dimana ia sangat berharap ada rute penerbangan Bali-Ambon sehingga wisatawan yang ingin berkunjung ke Ambon tidak perlu menunggu transit untuk bisa menikmati indahnya alam Maluku.

Sementara dari pihak Konjen Australia Richard Mathews menegaskan, pemerintah Australia tidak hanya tertarik dengan sektor pariwisata tapi mereka juga telah menawarkan adanya kursus untuk peningkatan SDM yakni kursus perencanaan pembangunan di bidang kelautan, sosial dan ekonomi serta industri pariwisata yang berkelanjutan.

Adapun tawaran kursus ini, rencananya dimulai tahun depan dengan mengirimkan 20 orang. Strategi kursusnya pun selama 1 tahun akan belajar di Makassar dan 1 tahun di Australia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

ninaflynnphotography.com Gandeng patainanews.com untuk Foto Menarik

Tari Kecak (ninaflynnphotography.com) Keberadaan patainanews.com semakin mendapat perhatian para pembaca. Bahkan, juga sudah ada yang menjadi pembaca setia. Tak hanya itu, mulai ada yang tertarik untuk bekerja sama dengan patainanews.com.

Tourism

Pemkab Kotabaru Mengunjungi PATA Indonesia

Pj Bupati Kotabaru Isra (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kedua dari kiri) berfoto bersama selepas bertemu di kantor PATA Indonesia Chapter (Ist) 

Tour Package

GMT 2016 Bersamaan Nyepi

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji Bali sebagai salah satu provinsi yang kreatif dalam menyambut fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016. Padahal, Pulau

Travel Operator

Sultra Tenun Carnaval 2018 Meriah

Sultra Tenun Carnaval 2018 yang merupakan bagian dari Halo Sultra 2018 (Ist) Meski diguyur hujan, Sultra Tenun Carnaval 2018 tetap berlangsung meriah, Selasa (24/4)/2018. Terbukti, warga dan wisatawan tetap antusias

Tourism

IMF WBG Sukses, Pariwisata Indonesia Berkibar di Dunia

Wisatawan di Bali (Ist) Perhelatan akbar Internasional Monetary Fund World Bank Group (IMF WBG) di Bali semakin dekat. Segala persiapan pun terus dilakukan untuk mensukseskan acara tersebut sehingga pariwisata Indonesia akan

Hotel

Indonesia Gandeng Tiongkok Kembangkan Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama Chairman CNTA Li Jinzao beserta jajarannya dalam China International Travel Market (CITM) 2016 di Shanghai New International Expo Centre, Tiongkok 11-13 November 2016 (Ist)