Diplomasi Kuliner untuk Promosikan Pariwisata Indonesia

WhatsApp Image 2017-09-04 at 02.49.29

Diplomasi kuliner Indonesia di Belgia (Ist)

Kuliner khas Nusantara rupanya diminati saat dipromosikan diberbagai acara di belahan dunia.

Demikian juga yang terjadi di Brussels, Belgia. Acara resepsi diplomatik KBRI Brussels yang dihadiri lebih kurang 400 undangan menjadi ajang diplomasi yang ciamik dimana kuliner Indonesia menjadi salah satu daya tarik yang ditampilkan pada 6 September 2017 di Chatteu Saint Anne Brussels Belgia.

Dengan dukungan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, maka delegasi kuliner Indonesia yang dipimpin Vita Datau Messakh, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia sekaligus kurator Gastronomi Kemendikbud untuk mendukung Europalia 2017 kembali mengajak pakar kuliner kenamaan William Wongso.

Mau tahu makanan apa yang disajikan dan didemontrasikan oleh tokoh kuliner kondang William Wongso? Asinan Jakarta dan Martabak Rendang Kambing. Sambil menceritakan asal usul makanan dan pengaruh budaya di dua makanan yang dipertunjukkan dalam sesi cooking demo, William Wongso juga mengajak tamu untuk berpatisipasi memasak bersama.

Seketika area cooking demo manjadi pusat perhatian semua tamu yang hadir. Yang kemudian mencicipi makanan yang disuguhkan. Alhasil setelah ditambahkan lagi stok makanannya untuk melayani antrean panjang, delegasi kuliner harus menyerah karena memang makanan yang disiapkan sudah bersih dinikmati para tamu.

“Melihat antusias ini, kami semakin yakin akan kuliner Indonesia mengglobal dan dijadikan media diplomasi yang efektif yang dapat digunakan oleh seluruh perwakilan kita di dunia” kata Vita Datau Messakh dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sementara Duta Besar Indonesia untuk Belgia Yuri Thamrin merasa sangat senang dengan dukungan Kemendikbud dengan mengirim Chefs ke Brussels. Dubes Indonesia untuk Belgia ini menambahkan bahwa keberadaan Indonesia di Europalia harus didukung dengan acara-acara kuliner karena sudah saatnya kuliner sebagai pembuka jalan bagi industri lainnya.

Resepsi diplomatik kali ini juga menjadi pemanasan dari Festival Gastronomi Indonesia yang akan berlangsung Oktober dan November mendatang di Brussels dan sekitarnya. Dimana Festival Gastronomi yang mengambil tema “Experience the Flavor of Indonesia” ditujukan untuk membuka kesempatan dan jaringan bagi pelaku industri kuliner dan produk lokal Indonesia.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid dikesempatan terpisah menyampaikan bahwa program Gastronomi yang akan dilaksanakan dibawah payung Rumah Budaya Indonesia harus menjadi ajang untuk memperkuat jaringan dan tidak hanya sebatas kuliner harus dapat menjadi alat bagi pengembangan Trade Tourism and Investment bagi Indonesia.

Resepsi diplomatik di Brussels ini memberikan gambaran yang positif dan optimis bahwa kuliner Indonesia bisa diterima oleh penduduk Ibu Kota Uni Eropa Brussels yang multi culture. “Harapan kami acara yang akan kami persiapkan nanti bisa menjangkau negara negara sekitar Belgia untuk turut memanfaatkan keberadaan tim kuliner Indonesia yang terdiri dari para chef ternama dan menguasai masakan Indonesia yang akan menyajikannya dengan standard internasional sekaligus mempromosikan destinasi wisata kuliner di Indonesia,” ujar Vita Datau Messakh. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Oktober Jalan-Jalan ke Soppeng Lihat Bunda Maria Pieta

Ilustrasi Patung Bunda Maria Pieta (Ist) Tak terasa akhir tahun semakin dekat. Dan, destinasi wisata di Indonesia yang harus diakui memang beragam akan semakin ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya bisa

Tourism

Turis Jepang Suka ke Yogyakarta

Candi Borobudur (Ist) Wisatawan asal Jepang mengaku menikmati negeri ini ketika jalan-jalan ke Indonesia. Turis asal Negeri Matahari Terbit itu mengaku ketika berkunjung ke negeri ini tak lupa berkunjung ke

SightSeeing

Membangun UKM Dukung Pariwisata Indonesia

Irma Sustika (Ist) Usaha kecil dan menengah (UKM) di negeri ini terus berkembang. Menariknya UKM di Tanah Air rupanya banyak yang mendukung sektor pariwisata Indonesia. Dukungan dari UKM untuk pariwisata

World Heritage

Menteri Pariwisata Berdayakan UMKM di Mandalika

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku BUMN yang mengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menjadi sentral koordinasi

Tour Package

Puas dengan Layanan BRI

Logo PT BRI (Ist) Wartawan patainanews.com Gabriel Bobby menyampaikan apresiasi terhadap PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) lantaran kinerja bank pelat merah ini bagus pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal

Slideshow

PWI Bantu Pemerintah Promosikan Indonesia ke Korsel

Benteng Kuto Besak (BKB) di Palembang, Sumatera Selatan (Ist) Sudah tiga tahun terakhir Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Asosiasi Wartawan Korea Selatan (JAK) melakukan kegiatan saling kunjung mengunjungi. Program persahabatan