Diplomasi Kuliner untuk Promosikan Pariwisata Indonesia

WhatsApp Image 2017-09-04 at 02.49.29

Diplomasi kuliner Indonesia di Belgia (Ist)

Kuliner khas Nusantara rupanya diminati saat dipromosikan diberbagai acara di belahan dunia.

Demikian juga yang terjadi di Brussels, Belgia. Acara resepsi diplomatik KBRI Brussels yang dihadiri lebih kurang 400 undangan menjadi ajang diplomasi yang ciamik dimana kuliner Indonesia menjadi salah satu daya tarik yang ditampilkan pada 6 September 2017 di Chatteu Saint Anne Brussels Belgia.

Dengan dukungan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, maka delegasi kuliner Indonesia yang dipimpin Vita Datau Messakh, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia sekaligus kurator Gastronomi Kemendikbud untuk mendukung Europalia 2017 kembali mengajak pakar kuliner kenamaan William Wongso.

Mau tahu makanan apa yang disajikan dan didemontrasikan oleh tokoh kuliner kondang William Wongso? Asinan Jakarta dan Martabak Rendang Kambing. Sambil menceritakan asal usul makanan dan pengaruh budaya di dua makanan yang dipertunjukkan dalam sesi cooking demo, William Wongso juga mengajak tamu untuk berpatisipasi memasak bersama.

Seketika area cooking demo manjadi pusat perhatian semua tamu yang hadir. Yang kemudian mencicipi makanan yang disuguhkan. Alhasil setelah ditambahkan lagi stok makanannya untuk melayani antrean panjang, delegasi kuliner harus menyerah karena memang makanan yang disiapkan sudah bersih dinikmati para tamu.

“Melihat antusias ini, kami semakin yakin akan kuliner Indonesia mengglobal dan dijadikan media diplomasi yang efektif yang dapat digunakan oleh seluruh perwakilan kita di dunia” kata Vita Datau Messakh dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sementara Duta Besar Indonesia untuk Belgia Yuri Thamrin merasa sangat senang dengan dukungan Kemendikbud dengan mengirim Chefs ke Brussels. Dubes Indonesia untuk Belgia ini menambahkan bahwa keberadaan Indonesia di Europalia harus didukung dengan acara-acara kuliner karena sudah saatnya kuliner sebagai pembuka jalan bagi industri lainnya.

Resepsi diplomatik kali ini juga menjadi pemanasan dari Festival Gastronomi Indonesia yang akan berlangsung Oktober dan November mendatang di Brussels dan sekitarnya. Dimana Festival Gastronomi yang mengambil tema “Experience the Flavor of Indonesia” ditujukan untuk membuka kesempatan dan jaringan bagi pelaku industri kuliner dan produk lokal Indonesia.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid dikesempatan terpisah menyampaikan bahwa program Gastronomi yang akan dilaksanakan dibawah payung Rumah Budaya Indonesia harus menjadi ajang untuk memperkuat jaringan dan tidak hanya sebatas kuliner harus dapat menjadi alat bagi pengembangan Trade Tourism and Investment bagi Indonesia.

Resepsi diplomatik di Brussels ini memberikan gambaran yang positif dan optimis bahwa kuliner Indonesia bisa diterima oleh penduduk Ibu Kota Uni Eropa Brussels yang multi culture. “Harapan kami acara yang akan kami persiapkan nanti bisa menjangkau negara negara sekitar Belgia untuk turut memanfaatkan keberadaan tim kuliner Indonesia yang terdiri dari para chef ternama dan menguasai masakan Indonesia yang akan menyajikannya dengan standard internasional sekaligus mempromosikan destinasi wisata kuliner di Indonesia,” ujar Vita Datau Messakh. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Wisatawan Perancis Suka ke Samosir

Berita Foto: Akhir-akhir ini kunjungan wisatawan mancanegara ke berbagai objek wisata alam di Kecamatan Harian di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara semakin menunjukkan tanda menggembirakan. Seperti tampak pagi hari ini (23/2/2018)

Tourism

Tenun Ikat Kediri, Menjaga Warisan Negeri yang Memikat Wisatawan

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist) Budaya khas Nusantara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, khususnya

Slideshow

Sri Sudarwati yang Ingin Traveling ke Raja Ampat

Sri Sudarwati di Pulau Menjangan (Ist) Indonesia adalah negeri yang kaya akan destinasi wisata alam yang indah, budaya khas Nusantara, dan kearifan lokal yang menjadi daya tarik wisatawan untuk traveling

Slideshow

Turis Belanda Suka Menginap di Hotel Horison NJ

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana (kemeja abu-abu dan berkaca mata) tampak mendengarkan penjelasan mengenai sejarah kota Semarang di Kampung Batik Semarang di kawasan Kota Lama Semarang (Ist) Wisatawan

SightSeeing

Libur Imlek 2569, Turis Tiongkok ke Bali

Turis Tiongkok di Bali (Ist) Pesona pariwisata Bali tidak henti-hentinya menarik wisatawan mancanegara. Yang terbaru, Pulau Dewata dibanjiri 1000 wisatawan asal Tiongkok ketika ada perayaan Imlek 2018.  Kamis (15/2/2018), gelombang

Slideshow

Aston Cirebon Hotel Diminati Wisatawan

Aston Cirebon Hotel (Ist) Potensi wisata yang terus berkembang di Cirebon, Jawa Barat membuat minat wisatawan semakin banyak yang tertarik datang ke Kota Wali ini sehingga daerah yang berbatasan langsung