Diplomasi Kuliner untuk Promosikan Pariwisata Indonesia

WhatsApp Image 2017-09-04 at 02.49.29

Diplomasi kuliner Indonesia di Belgia (Ist)

Kuliner khas Nusantara rupanya diminati saat dipromosikan diberbagai acara di belahan dunia.

Demikian juga yang terjadi di Brussels, Belgia. Acara resepsi diplomatik KBRI Brussels yang dihadiri lebih kurang 400 undangan menjadi ajang diplomasi yang ciamik dimana kuliner Indonesia menjadi salah satu daya tarik yang ditampilkan pada 6 September 2017 di Chatteu Saint Anne Brussels Belgia.

Dengan dukungan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, maka delegasi kuliner Indonesia yang dipimpin Vita Datau Messakh, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia sekaligus kurator Gastronomi Kemendikbud untuk mendukung Europalia 2017 kembali mengajak pakar kuliner kenamaan William Wongso.

Mau tahu makanan apa yang disajikan dan didemontrasikan oleh tokoh kuliner kondang William Wongso? Asinan Jakarta dan Martabak Rendang Kambing. Sambil menceritakan asal usul makanan dan pengaruh budaya di dua makanan yang dipertunjukkan dalam sesi cooking demo, William Wongso juga mengajak tamu untuk berpatisipasi memasak bersama.

Seketika area cooking demo manjadi pusat perhatian semua tamu yang hadir. Yang kemudian mencicipi makanan yang disuguhkan. Alhasil setelah ditambahkan lagi stok makanannya untuk melayani antrean panjang, delegasi kuliner harus menyerah karena memang makanan yang disiapkan sudah bersih dinikmati para tamu.

“Melihat antusias ini, kami semakin yakin akan kuliner Indonesia mengglobal dan dijadikan media diplomasi yang efektif yang dapat digunakan oleh seluruh perwakilan kita di dunia” kata Vita Datau Messakh dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sementara Duta Besar Indonesia untuk Belgia Yuri Thamrin merasa sangat senang dengan dukungan Kemendikbud dengan mengirim Chefs ke Brussels. Dubes Indonesia untuk Belgia ini menambahkan bahwa keberadaan Indonesia di Europalia harus didukung dengan acara-acara kuliner karena sudah saatnya kuliner sebagai pembuka jalan bagi industri lainnya.

Resepsi diplomatik kali ini juga menjadi pemanasan dari Festival Gastronomi Indonesia yang akan berlangsung Oktober dan November mendatang di Brussels dan sekitarnya. Dimana Festival Gastronomi yang mengambil tema “Experience the Flavor of Indonesia” ditujukan untuk membuka kesempatan dan jaringan bagi pelaku industri kuliner dan produk lokal Indonesia.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid dikesempatan terpisah menyampaikan bahwa program Gastronomi yang akan dilaksanakan dibawah payung Rumah Budaya Indonesia harus menjadi ajang untuk memperkuat jaringan dan tidak hanya sebatas kuliner harus dapat menjadi alat bagi pengembangan Trade Tourism and Investment bagi Indonesia.

Resepsi diplomatik di Brussels ini memberikan gambaran yang positif dan optimis bahwa kuliner Indonesia bisa diterima oleh penduduk Ibu Kota Uni Eropa Brussels yang multi culture. “Harapan kami acara yang akan kami persiapkan nanti bisa menjangkau negara negara sekitar Belgia untuk turut memanfaatkan keberadaan tim kuliner Indonesia yang terdiri dari para chef ternama dan menguasai masakan Indonesia yang akan menyajikannya dengan standard internasional sekaligus mempromosikan destinasi wisata kuliner di Indonesia,” ujar Vita Datau Messakh. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

All About Indonesia

PT Pelindo III Borong Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi

PT Pelindo III mendapat penghargaan dari Kementerian Perhubungan yang diserahkan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Ist)  Kinerja pelayanan PT Pelabuhan Indonesia III mendapat apresiasi dari Kementertian Perhubungan (Kemenhub).  Apresiasi

Cuisine

WKB Melestarikan Kuliner Indonesia

Kuliner khas WKB (Ist) Mendengar nama Tegal, Jawa Tengah identik dengan warung tegl (warteg). Dan, banyak warga setempat yang merantau ke sejumlah kota, termasuk Jakarta untuk membuka warung tegal (warteg)

SightSeeing

Nikmatnya Mie Celor 26 Ilir Palembang

Mie Celor 26 Ilir Palembang (Ist) Kuliner khas Palembang, Sumatera Selatan ternyata beragam. Tak hanya sebatas pempek yang sudah begitu terkenal, namun masih ada yang lain, yakni Mie Celor 26

Slideshow

Baby Boomers Club, Community Activation untuk Senior

Senior Living (Ist) Senior Living D’Khayangan mengadakan Senior Living Planning dan Baby Boomber Lifestye di Menara Batavia, Jakarta, Selasa (17/1/2017). Acara tersebut membahas bagaimana merencanakan kesehatan yang baik bagi para

Cuisine

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 Wow

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 (Ist) Balige, betul-betul berpesta! Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 yang dipusatkan di kota itu, 21 Agustus 2016 betul-betul meriah. Seluruh warga Kabupaten Tobasa

Destinations

Layang-Layang Penuhi Langit Tanjung Lesung

Pemain layang-layang memeriahkan Rhino Kites Festival (Ist) Puluhan pelayang (pemain layang-layang) ikut memeriahkan Rhino Kites Festival yang dimulai sejak Sabtu (12/5/2018) di kawasan pantai Tanjung Lesung, Banten. Rhino Kites Festival