Drink Coffee Wear Batik

WhatsApp Image 2017-10-11 at 11.19.47

Perpaduan kopi dan batik khas Indonesia (Ist)

Komoditas kopi di Indonesia kian maju. Untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi Nusantara, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM kembali menyelenggarakan event promosi bertajuk SMESCO Rembug Kopi Nusantara 2017 Drink Coffee Wear Batik.

Acara tersebut berlangsung di Exhibition Hall, Gedung SME Tower SMESCO Indonesia, Rabu (11/10/2017) hingga Jumat (13/10/2017). ’’Tahun lalu, kami juga sukses menggelar acara tersebut. Kini, kami akan mengemas acara itu lebih berkualitas dan bervariatif dengan mengenalkan wawasan tentang ragam kopi lokal di Indonesia,’’ ujar Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (11/10/2017).

Emilia menambahkan, event ini juga sekaligus sebagai suatu upaya untuk menyatukan potensi yang ada dari komoditas kopi Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Sebagai pelaksana teknis dari Kementerian Koperasi dan UKM, SMESCO Indonesia senantiasa memberikan ruang gerak yang leluasa kepada para pelaku KUKM dengan potensi yang dimiliki untuk mengekspresikan dan mempromosikan hasil kreativitasnya kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat akan semakin mengenal produk- produk lokal yang berkualitas.

’’Dengan demikian, para pelaku UKM di bidang kopi dapat berkumpul dan saling bersinergi dalam rangka mem-branding produk kopi unggulan dari masing-masing daerah,’’ ujar Emilia. Ia berharap melalui event ini masyarakat, pembisnis, pencinta kopi akan lebih mengenal berbagai hal tentang kopi.

Mulai dari proses penanaman, panen dan pengolahan biji kopi serta ciri khas rasa kopi lokal yang sangat beragam dari berbagai wilayah di Indonesia,’’’Melalui kegiatan SMESCO Rembug Kopi Nusantara ini, diharapkan akan memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas sehingga bagi para pengusaha skala mikro, kecil dan menengah dapat memanfaatkan peluang usaha di bisnis kopi ini,” papar Emilia.

Acara ini didukung penuh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) dan Coffee Lover’s Indonesia (CLI), bersama dengan Asosiasi Duta Indonesia (ADI), Uncle John Roasting, d’Excellent-Coffee Class, Maharaja Coffee, Qertoev Coffee, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), Indonesian Latte Art Artist (ILAA), dan juga pelaku usaha di bidang kopi lainnya.

Sementara Ketua Pelaksana SMESCO Rembug Kopi Nusantara Lisa Ayodhia menambahkan, acara tersebut juga menampilkan Pameran Produk Kopi Nusantara dan sarana pendukung usaha di bidang kopi. Nantinya, dalam tiga hari pelaksanaan event tersebut juga akan dibagikan minuman kopi secara gratis. 

Selain itu, kata dia, pada hari pertama ada aneka lomba kopi, seperti lomba roasting kopi, coffee cupping competition, public cupping yang akan dinilai oleh certified Q-grader. Kemudian pada hari kedua digelar brewing fun throwdown ’’Ngulik Robusta Fine’’.

Selain itu akan ada Pemilihan Duta Kopi, dan lomba busana batik. Menurut dia, bagi yang ingin mempelajari brewing, dibuka juga Logica Brewing Class pada hari pertama, serta dilengkapi dengan Cold Brew Demo bersama SCAI dan Latte Art Demo, dan ada kegiatan di dalamnya seperti Inspiratif Talk Show mengenai ‘Successful Coffee Car Seller’ pada hari pertama dan ‘Specialty Coffee Appreciation–Menghargai Kopi yang Berkualitas’ dan ‘Yang Muda yang Berprestasi’, serta talk show ‘Mengait Rupiah, Menembus Mimpi, dengan Kopi’ pada hari kedua. (Gabriel Bobb)





About author



You might also like

Slideshow

RI Berjaya di World Halal Travel Awards 2015, Devisa Negara Bertambah

Nia Niscaya (youtube) Indonesia sukses dalam ajang dunia, World Halal Travel Awards 2015 yang diperkirakan wisatawan asing akan semakin banyak yang datang ke Tanah Air, khususnya dari kawasan Asia, yakni

Tour Package

Memelihara Asa Menuju Indonesia Travel Mart

Pembukaan AJTF 2016 (Ist) Tak salah jika menyebut September bulan yang tepat untuk pameran. Dimulai Awal bulan ini ada event bursa pariwisata internasional, PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia

All About Indonesia

IWABA Gelar Peningkatan Kualitas UKM Kediri

IWABA gelar workshop untuk UKM (Ist) Ikatan Wanita Bank Kediri Jawa Timur (IWABA) menggelar workshop usaha kecil dan menengah (UKM) untuk peningkatan kualitas UKM. Adapun kegiatan tersebut digelar di Kediri,

Culture

Gowes di Cirebon

Start Family Fun Bike ‘Tour de Keraton Kasepuhan’ (Ist) Daya tarik Cirebon tak kalah dengan destinasi lainnya. Kini semakin banyak wisatawan, baik turis domestik maupun wisatawan mancanegara tertarik untuk berkunjung ke

Tour Package

Banten Harus Punya Homestay yang Memadai

Wisatawan Nusantara di Tanjung Lesung (Ist) Pemerintah memasang target membangun 20 ribu homestay tahun 2017 dan destinasi wisata yang termasuk 10 Bali baru akan menjadi priortias, seperti Tanjung Lesung di

Tourism

2017, NTB Optimistis 4 Juta Wisatawan

Wisatawan asing di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Tahun 2016 memang masih beberapa bulan lagi, namun Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah memasang target kunjungan wisatawan 2017 sebanyak 4 juta orang. Hal