Drumblek, Menarik untuk Wisman Berkunjung ke Salatiga

garuda drumblek

Aksi Garuda Drumblek (Ist)

Bagi masyarakat urban di kota-kota besar keberadaan marching band tentunya sudah familiar. Namun, ada yang menarik dari Salatiga, Jawa Tengah, yakni drumblek.

Menggunakan media bekas, drumblek semakin sering diundang pentas di luar Salatiga, seperti di Yogyakarta. Peralatan musik drumblek ini menggunakan kaleng, tong plastik bekas, drum kaleng bekas, dan bambu.

Para penabuhnya menggunakan atribut khas, yaitu memainkan musik dengan media tong plastik bekas, drum kaleng bekas, serta bambu.

Mereka memainkan musik secara berkelompok dengan berbaris layaknya sebuah kelompok marching band. patainanews.com ketika ada di Daerah Istimewa Yogyakarta belum lama ini sempat melihat aksi Garuda Drumblek.

Drumblek yang seperti drum band ataupun marching band ini biasanya dimainkan oleh sekelompok pemusik dengan jumlah banyak.

Adapun yang membedakan antara drumblek dengan brum band adalah peralatannya. Drumblek juga dipimpin oleh mayoret, layaknya drum band maupun marching band.

Karenanya diharapkan masyarakat negeri ini juga mengetahui drumblek adalah musik asli Salatiga dan dipersembahkan untuk Indonesia guna menarik minat wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Salatiga. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Pemerintah Apresiasi Palu Serius Sambut GMT 2016

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi kepada Palu di Sulawesi Tengah yang serius menyiapkan acara menyambut fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016.

Hotel

patainanews.com Mengucapkan Dirgahayu HUT RI ke-72

Manajemen, Staf dan Redaksi patainanews.com mengucapkan Dirgahayu HUT RI ke-72. Semoga pariwisata Indonesia semakin dikenal di mancanegara dan sebagai leading sector pembangunan nasional bisa mensejahterakan masyarakat negeri ini

Hotel

HPN 2016 Momen Sosialisasi Halal Tourism di Indonesia

LA Hadi Faishal (Ist) Penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dinilai menjadi momen yang tepat untuk melakukan sosialisasi mengenai penerapan halal tourism di berbagai

Destinations

Indonesia Promosi Pariwisata di Singapura

Danau Toba, destinasi wisata di Indonesia (Ist) Indonesia diketahui mengikuti ajang Travel Exchange ASEAN Tourism Forum (Travex ATF) 2017 di Singapura. Kementerian Pariwisata hadir di Negeri Singa itu pada 18

Heritage

Thailand Aman, Turis Asing Datang ke Negeri Gajah Putih

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pariwisata Indonesia tengah bersaing ketat dengan negeri jiran, Malaysia dan Thailand untuk menjadi yang terbaik dari kawasan Asia Tenggara. Adapun Indonesia mengusung Wonderful Indonesia, sementara

Culture

Pelajari Strategi Membangun Kota Wisata, Teguh Santosa Berkunjung ke Melaka

Teguh Santosa (Ist) Melaka merupakan salah satu kota bersejarah di kawasan Asia Tenggara. Di masa lalu, Melaka adalah titik yang menghubungkan kawasan ini dengan dunia luar, Asia Selatan, Timur Tengah,