Dukung Asian Games 2018, PM Tiongkok dan Presiden Jokowi Perlihatkan Tiga Maskot

Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang (kiri) Presiden Jokowi (Ist)

Dukungan terhadap pelaksanaan Asian Games 2018 bertambah. Kali ini dukungan disuarakan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang. Dukungan tersebut diungkapkan PM Li dalam pernyataan pers bersama Presiden Jokowi di Istana Presiden Bogor, Senin (7/5/2018).

“Kami akan berpartisipasi secara penuh dan saya mengharapkan bisa terselenggara dengan sukses,” ujar PM Li sekaligus penutup rangkaian kunjungan kerjanya. Dukungan itu mendapat sambutan baik Presiden Jokowi. Menurutnya, dukungan itu nantinya membuat Asian Games 2018 tak hanya menjadi ajang pertandingan olahraga empat tahunan semata. Tetapi juga sebagai ajang perdamaian dan persahabatan antarnegara di Asia.

“Saya apresiasi dukungan Tiongkok. Mari jadikan Asian Games tidak hanya ajang perhelatan olahraga namun energi Asia untuk perdamaian dan persahabatan,” ucap Presiden Jokowi dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Dukungan penuh semakin terlihat ketika keduanya berfoto bersama sambil sambil menunjukan maskot Asian Games 2018. Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Sambil tersenyum, keduanya mengangkat tiga maskot tersebut. Dalam kesempatan ini, Jokowi memegang Bhin-Bhin dan Kaka.

Sementara PM Tiongkok Li memegang Atung. Bhin Bhin, Atung, dan Kaka adalah tiga maskot hasil karya anak bangsa yang diusung Indonesia dalam Asian Games 2018. Ketiganya merupakan cerminan dari tiga energi atau kekuatan yang berbeda yang semuanya berpadu menjadi satu dalam ajang olahraga tertinggi se-Asia.

Bhin Bhin, seekor burung Cenderawasih, merupakan representasi dari strategi. Dalam perwujudannya sebagai maskot, ia mengenakan rompi dengan motif Asmat khas Papua. Sementara Atung adalah seekor rusa bawean yang merepresentasikan kecepatan.

Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Adapun wujud Kaka, diambil dari badak bercula satu. Tentu saja ia mewakili representasi kekuatan. Kaka tampak mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun sumringah. Dirinya makin yakin gaung Asian Games 2018 akan makin luas lagi. Apalagi dukungan terus mengalir dari berbagai pemimpin negara. “Sebelumnya, dukungan juga datang dari duta besar Korea Utara dan Korea Selatan saat bertemu Presiden Jokowi beberapa waktu lalu di Jakarta. Ini merupakan sinyal positif, sebuah kesempatan besar untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan Tiongkok,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief mengatakan, kontingen Tiongkok telah mendaftarkan sekitar 3.000 atlet dan ofisial pada Pre-Delegation Registration Meeting (Pre-DRM) Asian Games 2018 di Phnom Penh, Kamboja. Meski masih berupa entry form by numbers sesuai cabang olahraga yang akan diikuti, hal ini menjadi sinyal positif bagi Asian Games 2018.

“Saya mendapat laporan dari tim panitia pelaksana Asian Games 2018 yang bertugas di Phnom Penh bahwa kontingen Tiongkok sudah mendaftarkan 3.000 atlet dan ofisial. Ini tentu tidak akan kami sia-siakan. Kami akan drive mereka untuk mengunjungi destinasi wisata di Indonesia dengan paket-paket yang sudah kami siapkan,” kata Menteri asal Banyuwangi tersebut. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Jalan-Jalan ke Morotai Jangan Lupa ke Pulau Dodola

Keindahan Morotai (Ist) Wisatawan yang tengah merencanakan berlibur ke Morotai di Maluku Utara jangan lupa mengunjungi Pulau Dodola. Pulau Dodola indah dengan pasir putih yang membuat wisatawan mengagumi pulau ini. Eka

Slideshow

Roadshow Pariwisata Indonesia di Perancis

Promosi pariwisata Indonesia di Perancis (Ist) Promosi Indonesia di Perancis tidak berhenti dan bahkan semakin gencar. Untuk meningkatkan wisatawan Perancis ke Indonesia di tahun ini, VITO akan menyelenggarakan Roadshow keempat

Tourism

El John Menuju Pentas Dunia

Berita Foto: El John Pageants kini semakin percaya diri tampil di pentas dunia demi nama baik Indonesia. El John Pageants terus mendorong generasi muda negeri ini, khususnya kaum perempuan untuk

SightSeeing

Yogyakarta Masuk 10 Besar Kota Murah Incaran Backpaking

Malioboro menjadi destinasi utama di Yogyakarta (Ist) Tidak semua wisatawan asing berkantung tebal. Ada juga mereka yang disebut backpacker. Dan, kota yang murah memang menggoda untuk didatangi backpacker. Dari seluruh

Destinations

Peserta PATA Travel Mart 2016 Jalan-Jalan ke TMII

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Indonesia kembali mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah ajang pameran pariwisata bergengsi, PATA Travel Mart (PTM) 2016. Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City,

Tourism

Sadaya UNIKOM Melestarikan Budaya Nusantara

Sebagai bagian anak bangsa, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) ikut melestarikan budaya Indonesia yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke negeri ini. “Di UNIKOM ada unit kegiatan