Dukung Asian Games 2018, PM Tiongkok dan Presiden Jokowi Perlihatkan Tiga Maskot

Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang (kiri) Presiden Jokowi (Ist)

Dukungan terhadap pelaksanaan Asian Games 2018 bertambah. Kali ini dukungan disuarakan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang. Dukungan tersebut diungkapkan PM Li dalam pernyataan pers bersama Presiden Jokowi di Istana Presiden Bogor, Senin (7/5/2018).

“Kami akan berpartisipasi secara penuh dan saya mengharapkan bisa terselenggara dengan sukses,” ujar PM Li sekaligus penutup rangkaian kunjungan kerjanya. Dukungan itu mendapat sambutan baik Presiden Jokowi. Menurutnya, dukungan itu nantinya membuat Asian Games 2018 tak hanya menjadi ajang pertandingan olahraga empat tahunan semata. Tetapi juga sebagai ajang perdamaian dan persahabatan antarnegara di Asia.

“Saya apresiasi dukungan Tiongkok. Mari jadikan Asian Games tidak hanya ajang perhelatan olahraga namun energi Asia untuk perdamaian dan persahabatan,” ucap Presiden Jokowi dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Dukungan penuh semakin terlihat ketika keduanya berfoto bersama sambil sambil menunjukan maskot Asian Games 2018. Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Sambil tersenyum, keduanya mengangkat tiga maskot tersebut. Dalam kesempatan ini, Jokowi memegang Bhin-Bhin dan Kaka.

Sementara PM Tiongkok Li memegang Atung. Bhin Bhin, Atung, dan Kaka adalah tiga maskot hasil karya anak bangsa yang diusung Indonesia dalam Asian Games 2018. Ketiganya merupakan cerminan dari tiga energi atau kekuatan yang berbeda yang semuanya berpadu menjadi satu dalam ajang olahraga tertinggi se-Asia.

Bhin Bhin, seekor burung Cenderawasih, merupakan representasi dari strategi. Dalam perwujudannya sebagai maskot, ia mengenakan rompi dengan motif Asmat khas Papua. Sementara Atung adalah seekor rusa bawean yang merepresentasikan kecepatan.

Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Adapun wujud Kaka, diambil dari badak bercula satu. Tentu saja ia mewakili representasi kekuatan. Kaka tampak mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun sumringah. Dirinya makin yakin gaung Asian Games 2018 akan makin luas lagi. Apalagi dukungan terus mengalir dari berbagai pemimpin negara. “Sebelumnya, dukungan juga datang dari duta besar Korea Utara dan Korea Selatan saat bertemu Presiden Jokowi beberapa waktu lalu di Jakarta. Ini merupakan sinyal positif, sebuah kesempatan besar untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan Tiongkok,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief mengatakan, kontingen Tiongkok telah mendaftarkan sekitar 3.000 atlet dan ofisial pada Pre-Delegation Registration Meeting (Pre-DRM) Asian Games 2018 di Phnom Penh, Kamboja. Meski masih berupa entry form by numbers sesuai cabang olahraga yang akan diikuti, hal ini menjadi sinyal positif bagi Asian Games 2018.

“Saya mendapat laporan dari tim panitia pelaksana Asian Games 2018 yang bertugas di Phnom Penh bahwa kontingen Tiongkok sudah mendaftarkan 3.000 atlet dan ofisial. Ini tentu tidak akan kami sia-siakan. Kami akan drive mereka untuk mengunjungi destinasi wisata di Indonesia dengan paket-paket yang sudah kami siapkan,” kata Menteri asal Banyuwangi tersebut. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

SightSeeing

Hotel Desa Wisata Siap Jadi Hunian Atlet Asian Games 2018

Halal Bihalal ASTINDO DKI Jakarta di Hotel Desa Wisata TMII Seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi global di era digital, Hotel Desa Wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga selalu berupaya

World Heritage

Perlu Dukungan Pemerintah untuk Pelaku Industri Perkenalkan Batik ke Dunia

Lindy Ann Umarhadi (tengah) diapit model Batik Lindy Ann (Ist) Para pelaku bisnis batik nasional meminta dukungan pemerintah untuk semakin giat memperkenalkan batik Indonesia agar semakin banyak masyarakat dunia yang

Culture

Selamat Hari Batik Nasional

Avy Loftus (ketiga dari kiri) mampu membuat batik disukai di Kanada (Ist) Peringatan Hari Batik Nasional dilakukan setiap tahun sejak 2 Oktober 2009 silam. Manajemen, staf, dan redaksi patainanews com

Culture

Jiwasraya Tertarik Ajak Wisman Keliling Gedung Bersejarah

‘Hidden Treasure of Art Deco: Sejarah Gedung Olveh Karya Firma Schoemaker dan Tantangan Revitalisasi’ (Ist) Manajemen PT Asuransi Jiwasraya tertarik untuk mengajak wisatawan mancanegara (wisman) yang tengah berkunjung ke negeri

Nature

‘Turis Tiongkok akan Semakin Banyak ke Indonesia’

Turis Tiongkok di Indonesia (Ist) Manajemen PT BSTAR International akan segera melakukan kerja sama dengan pemerintah, khususnya melalui Kementerian Pariwisata guna mendorong semakin banyak wisatawan asal Tiongkok berkunjung ke Indonesia.

Investments

Investor Timteng Minati KEK Tanjung Lesung

  Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terus berkembang pesat, Tanjung Lesung, Banten kian menarik di mata para investor. Salah satu investor yang belum lama ini berminat untuk berinvestasi di