Dukung Pariwisata, Kemenhub Beri Keringanan Tarif Jasa Kepelabuhanan untuk Kapal Wisata

cruise

Ilustrasi kapal cruise (Ist)

Sebagai upaya mendukung pertumbuhan pariwisata nasional, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut memberikan keringanan tarif jasa kepelabuhanan untuk kapal yacht, super yacht, dan kapal cruise.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut A Tonny Budiono menyebutkan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang mendatangkan devisa untuk negara sehingga harus didukung oleh semua pihak termasuk Kementerian Perhubungan dalam hal kemudahan sarana dan prasarana transportasi khususnya transportasi laut.

Dirjen Tonny menyebutkan bahwa keberadaan kapal-kapal wisata tentunya dapat mendukung dan meningkatkan sektor pariwisata Indonesia dan pihaknya telah mengeluarkan surat pemberian keringanan (discount reduksi) tarif jasa kepelabuhanan bagi kapal Yacht, Kapal Super Yacht dan Kapal Cruise No: PP 002/5/14/ DJPL-17 pada 24 Mei 2017 yang ditujukan kepada para Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I hingga Pelindo IV.

“Keringanan jasa kepelabuhanan dimaksud dilakukan untuk menarik kapal-kapal pesiar agar bersandar di Indonesia dan tentunya dapat bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan di negara tetangga khususnya negara ASEAN,” urai Tonny dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (11/7/2017).

Dirjen Tonny meminta kepada PT Pelindo I sampai Pelindo IV untuk memberikan keringanan tarif jasa kepelabuhanan terhadap kapal-kapal yacht, super yacht, dan cruise yang bersandar di pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo.

Pemberian keringanan itu, kata Tonny sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) No. 6 Tahun 2013 tentang Jenis, Struktur, dan Golongan Tarif Jasa Kepelabuhanan bahwa pemberian keringanan (diskon/reduksi), tarif diferensiasi, tarif progresif, tarif reward, dan penalty diberikan oleh Badan Usaha Pelabuhan Secara Langsung.

Dengan demikian, Dirjen Tonny juga berharap agar kedepannya sektor pariwisata dapat terus berkembang pesat untuk menunjang perekonomian negara. Selanjutnya Dirjen Tonny juga menegaskan agar kendati diberikan keringanan (discount reduksi) tarif jasa kepelabuhanan, keselamatan pelayaran juga harus diutamakan tanpa kompromi.

“Jadi disamping pemberian keringanan tarif jasa kepelabuhanan untuk kapal Yacht, Super Yacht dan Cruise, kami tetap mengingatkan agar keselamatan pelayaran untuk diutamakan tanpa kompromi. Saya meminta jajaran Ditjen Perhubungan Laut untuk bekerja profesional dan disiplin agar pelayanan kapal wisata di pelabuhan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tutup Tonny. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Culture

Budaya Berkembang Diiringi Majunya Pendidikan

Ilustrasi Turis Asing Belajar Membatik (Ist) Tanpa melupakan kemajuan zaman, Yogyakarta masih terus mempertahankan budaya, khususnya budaya Jawa sehingga tetap menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi turis, termasuk wisatawan mancanegara (wisman)

World Heritage

Kereta Api Malaysia Promosikan Pariwisata Indonesia

Wisatawan menikmati perjalanan menggunakan kereta wisata (Ist) Keretapi Tanah Melayu Berhad (KTMB) yang ada di negeri jiran, Malaysia akan memasarkan paket wisata yang ada di Nusantara, khususnya yang tersebar di Jawa

Culture

Pariwisata Aceh Menatap Dunia

Ninik Irawan (kiri) yang mewakili PATA Indonesia Chapter di depan Museum Tsunami Aceh (Ist) Potensi pariwisata Aceh disiapkan untuk bisa mendatangkan wisatawan mancanegara lantaran kondisi alam yang unik, budaya dan adat istiadat

Festival

ASITA Jakarta Menuju Era Digital

Foto bersama dalam Rakerda I ASITA DKI Jakarta (Ist) Perkembangan zaman semakin memudahkan banyak orang untuk melakukan beragam aktivitas, termasuk ketika wisatawan memutuskan untuk berlibur. Tekonologi yang canggih kini bisa

Festival

JAS, AP I Sinergi Tangani Ekspor 60 Ribu Ekor Domba ke Malaysia

PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) dan PT Angkasa Pura I sinergi dukung peningkatan ekspor Indonesia ke Malaysia (Ist) JAS Airport Services selesai menangani pengiriman perdana ternak domba potong yang diekspor

Tourism

Wae Rebo, Destinasi Wisata Impian Claudia Ingkiriwang

Claudia Ingkiriwang (Ist) Claudia Ingkiriwang ternyata seorang woman traveler. Disela-sela kesibukannya mengembangkan Jungleland, ternyata Claudia masih punya untuk traveling. Perempuan berparas cantik ini mengaku suka traveling ke beragam destinasi wisata