Dukung Pengembangan KEK Tanjung Lesung, Rano Karno Kepala Daerah Inovatif

Joko TL

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist)

Gubernur Banten Rano Karno meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2016 dalam bidang pembangunan infrastruktur yang digelar salah satu perusahaan media nasional, di Bandung, Kamis malam (11/8/2016).

Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten baru-baru ini menyampaikan, Gubernur Banten menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif bersama 34 kepala daerah (Gubernur, Bupati dan Walikota) lainnya di Indonesia yang dinilai inovatif dalam mengelola daerahnya masing-masing.

Adapun Gubernur Banten Rano Karno menerima penghargaan kategori pembangunan infrastruktur. Penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan disaksikan CEO MNC Media Grup Hary Tanoesoedibjo dan Ketua DPD Irman Gusman.

Rano Karno mengatakan, pihaknya akan berupaya memfokuskan pembangunan infrastruktur untuk menunjang kegiatan perekonomian masyarakat Banten.

Bahkan, Pemprov Banten tengah memfokuskan pembangunan infrastruktur di Banten Selatan.Pembangunan tersebut, kata Rano, dalam rangka mempercepat laju pertumbuhan ekonomi wilayah Banten Selatan.

Selain itu, sebagai upaya Pemprov Banten dalam mendukung kebijakan pembangunan pemerintah pusat dalam mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang Banten.

“Fokus utama kita infrastruktur jalan. Bukan berarti soal pendidikan dan kesehatan tidak. Tapi infrastruktur itu menjadi fokus utama kita,” katanya.

Masyarakat Banten, kata Rano, sangat merindukan adanya jalan mulus di wilayah Selatan Banten, terlebih kawasan di selatan Banten semakin banyak diminati para investor karena keindahan pariwisatanya.

Pemerintah Provinsi Banten juga sangat siap menyambut kebijakan pemerintah pusat berkaitan dengan prioritas anggaran yang akan dikucurkan ke daerah termasuk sampai ke tingkat desa.

Selain pembangunan infrastruktur yang dibiayai APBD Banten melalui Perda No 2 Tahun 2012 tentang pembangunan infrastruktur dengan penganggaran tahun jamak.

Berbagai kebijakan nasional juga akan dan sedang dilaksanakan di Banten dalam bentuk 12 proyek strategis nasional di Provinsi Banten.

Ia mencontohkan salah satu dari proyek strategis nasional tersebut yakni akan dibangun jalan tol Serang-Panimbang untuk menunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Kawasan tersebut telah ditetapkan Presiden Jokowi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Kemudian dua pembangunan infrastruktur lainnya yaitu pembangunan waduk yakni waduk Sindangheula di Kabupaten Serang dan Waduk Karian di Kabupaten Lebak yang juga akan dimulai pembangunannya pada 2016. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

About author



You might also like

Indonesia itu Bagus

Emas, Merah Putih, dan Indonesia Raya di ASIAN GAMES 2018

Jonatan Christie (kaos putih) sukses mempersembahkan medali emas ke-23 untuk Indonesia Indonesia terus mendulang medali emas di ASIAN GAMES 2018. Penyelenggaraan pesta olahraga di kawasan Asia ke-18 ini yang digelar

Destinations

Pemerintah Gandeng Accor Hotels Promosikan Pariwisata Indonesia

Batik asli Indonesia (Ist) Promosi pariwisata untuk market Perancis tidak pernah berhenti untuk Indonesia. Setelah partisipasi yang signifikan di pameran TOP RESA dan sukses di acara roadshow di empat kota

World Heritage

Ke Sulsel, Jangan Lupa Jalan-Jalan ke Soppeng

Kalong di Soppeng (Ist) Sulawesi Selatan rupanya selama ini banyak menyimpan destinasi menarik untuk dikunjungi wisatawan. Sebut saja Soppeng. Kabupaten di Sulsel ini terus mengembangkan dan mempromosikan destinasi wisata yang

Culture

Membaca Tren Pariwisata 2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) di ITO 2018 (Ist) Tren pariwisata Indonesia dinilai positif sebab traveler sudah mulai banyak tertarik yang berkunjug ke berbagai destinasi wisata yang beragam dan

Nature

Murni Wisata Gelar Capacity Building Farmasi UI ke Cirebon

Goa Sunyaragi di Cirebon (Ist) PT Murni Wisata Mandiri yang tergabung dalam konsorsium Mutiara Indonesia dipercaya karyawan, dosen, dan dekan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI) untuk menggelar ‘Capacity Building’ ke Cirebon,

Culture

Digitalisasi Transaksi Destinasi Wisata, BI Manjakan Wisatawan

Menteri Pariwisata Arief Yahya bertemu dengan wisatawan mancanegara di Bali (Ist) Pariwisata Indonesia kembali mendapat dukungan penuh dari sektor perbankan. Dukungan tersebut kali ini datang dari Bank Indonesia (BI). Otoritas