Dukung Tol Laut, Pelindo III Perkenalkan Dunia Maritim

acara pelindo III

Pelindo III Goes to Campus (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III kembali melibatkan institusi pendidikan untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi muda.

BUMN kepelabuhanan tersebut memilih perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran penyampaian informasi melalui kegiatan bertajuk Pelindo III Goes to Campus.

Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto mengatakan Pelindo III Goes to Campus merupakan tindak lanjut dari program Pelindo III Youth Camp yang juga melibatkan mahasiswa.

Kedua program tersebut menurutnya merupakan upaya Pelindo III dalam memberikan informasi seputar kepelabuhanan dan dunia maritim kepada para penerus bangsa.

“Pelabuhan memiliki peranan besar dalam perekonomian nasional mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan, negara maritim, tapi tidak semua masyarakat paham dan mengerti tentang kepelabuhanan,” kata Toto saat pembukaan Pelindo III Goes to Campus di Gedung Pasca Sarjana Institut Sepuluh (ITS) November Surabaya pada akhir pekan lalu.

Pelindo III Goes to Campus secara perdana dilaksanakan di kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.  ITS dipilih mengingat perguruan tinggi tersebut memiliki jurusan yang berkaitan dengan dunia kemaritiman.

Pelindo III sendiri menyatakan jika program Pelindo III Goes to Campus akan dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi yang ada di wilayah kerja Pelindo III.

“Selanjutnya akan kami adakan di Universitas Udayana, Universitas Diponegoro, Universitas Palangkaraya, dan sejumlah perguruan tinggi lainnya,” tambahnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (29/2/2016).

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan menambahkan, pelaksanaan Pelindo III Goes to Campus juga dilatarbelakangi oleh program tol laut yang digagas oleh pemerintahan Jokowi-JK.

Pelindo III sebagai BUMN kepelabuhanan memiliki peranan dalam mensukseskan program tersebut. Serangkaian program pengembangan pelabuhan di wilayah Pelindo III masuk dalam masterplan program tol laut tersebut.

“Kami juga menginformasikan mengenai tananan kepelabuhanan dan tantangan dunia maritim kedepan.  Seperti konsep pelabuhan ramah lingkungan dan teknologi peralatan kepelabuhanan,” sebutnya.

Selain itu, penyelenggaraan Pelindo III Goes to Campus juga dilatarbekalangi ketidaktahuan masyarakat mengenai dunia kepelabuhanan dan kemaritiman.  Industri di bidang tersebut masih kalah pamor dengan dunia migas dan perbankan yang memiliki daya tarik tinggi khususnya bagi mahasiswa aktif maupun mereka yang baru menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Heru Setyawan mengapresiasi langkah Pelindo III yang melibatkan perguruan tinggi dan mahasiswa dalam menyampaikan informasi dan pengetahuan.

Perusahaan seperti Pelindo III dianggap sebagai sumber pengetahuan karena dalam pelaksanaan di lapangan pasti ada yang berbeda dari yang disampaikan di dalam kuliah. “Mahasiswa bisa berinteraksi dan bertanya langsung dengan pelaku dibidang industri kepelabuhanan.  Informasi tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi mereka,” katanya.

Pemilihan perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran penyampaian informasi tak lepas dari perannya dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan.  Informasi terbaru seputar kepelabuhanan dan dunia maritim diharapkan dapat menjadi tambahan ilmu dan pengetahuan.

Serangkaian kegiatan disiapkan untuk mendukung pelaksanaan Pelindo III Goes to Campus, diantaranya jalan sehat yang melibatkan masyarakat, pembagian hadiah, seminar maritim, dan penyerahan bantuan peduli lingkungan.

 

 

About author



You might also like

Tourism

1200 Kamar Sambut PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Sebentar lagi Indonesia akan banyak kedatangan tamu pebisnis pariwisata dunia di pameran. Tepatnya 7 hingga 9 September 2016 mendatang di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD

Journey

Kereta Wisata, Yogyakarta, dan Wisman

Kereta wisata Priority (Ist) Indonesia memang kaya akan destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Sebut saja Yogyakarta, destinasi wisata yang sudah lama dikenal wisatawan, selain Bali yang juga begitu terkenal

World Heritage

OJK Tertarik Kembangkan Wisata Bahari Bengkalis

Penandatanganan  nota kesepahaman tersebut dilakukan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya (kanan) dan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Selasa (19/4/2016) (Ist)

Culture

Hotel Santika Premiere ICE BSD City Pastikan Siap Layani Peserta PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan besar bagi Indonesia menjadi tuan rumah event berskala internasional dan terbesar di kawasan Asia Pasifik, yaitu PATA Travel Mart 2016.

Slideshow

NTT Siap Sambut Sail Indonesia 2015

Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memastikan siap untuk menyambut kedatangan Sail Indonesia 2015 di Kupang. Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Marius Ardu Jelamu yang dihubungi

Indonesiaku

Kepulauan Seribu Jadi Lokasi Syuting VideoKlip

Jessica Xaviera (Ist) Jessica Xaviera adalah putri musisi senior Iwan Hasan (gitaris jazz dan harp guitar, pendiri dan bandleader band Discus dan Atmosfera, serta arranger musik di album-album band Ungu,