Dukung Tol Laut, Pelindo III Perkenalkan Dunia Maritim

acara pelindo III

Pelindo III Goes to Campus (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III kembali melibatkan institusi pendidikan untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi muda.

BUMN kepelabuhanan tersebut memilih perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran penyampaian informasi melalui kegiatan bertajuk Pelindo III Goes to Campus.

Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto mengatakan Pelindo III Goes to Campus merupakan tindak lanjut dari program Pelindo III Youth Camp yang juga melibatkan mahasiswa.

Kedua program tersebut menurutnya merupakan upaya Pelindo III dalam memberikan informasi seputar kepelabuhanan dan dunia maritim kepada para penerus bangsa.

“Pelabuhan memiliki peranan besar dalam perekonomian nasional mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan, negara maritim, tapi tidak semua masyarakat paham dan mengerti tentang kepelabuhanan,” kata Toto saat pembukaan Pelindo III Goes to Campus di Gedung Pasca Sarjana Institut Sepuluh (ITS) November Surabaya pada akhir pekan lalu.

Pelindo III Goes to Campus secara perdana dilaksanakan di kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.  ITS dipilih mengingat perguruan tinggi tersebut memiliki jurusan yang berkaitan dengan dunia kemaritiman.

Pelindo III sendiri menyatakan jika program Pelindo III Goes to Campus akan dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi yang ada di wilayah kerja Pelindo III.

“Selanjutnya akan kami adakan di Universitas Udayana, Universitas Diponegoro, Universitas Palangkaraya, dan sejumlah perguruan tinggi lainnya,” tambahnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (29/2/2016).

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan menambahkan, pelaksanaan Pelindo III Goes to Campus juga dilatarbelakangi oleh program tol laut yang digagas oleh pemerintahan Jokowi-JK.

Pelindo III sebagai BUMN kepelabuhanan memiliki peranan dalam mensukseskan program tersebut. Serangkaian program pengembangan pelabuhan di wilayah Pelindo III masuk dalam masterplan program tol laut tersebut.

“Kami juga menginformasikan mengenai tananan kepelabuhanan dan tantangan dunia maritim kedepan.  Seperti konsep pelabuhan ramah lingkungan dan teknologi peralatan kepelabuhanan,” sebutnya.

Selain itu, penyelenggaraan Pelindo III Goes to Campus juga dilatarbekalangi ketidaktahuan masyarakat mengenai dunia kepelabuhanan dan kemaritiman.  Industri di bidang tersebut masih kalah pamor dengan dunia migas dan perbankan yang memiliki daya tarik tinggi khususnya bagi mahasiswa aktif maupun mereka yang baru menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Heru Setyawan mengapresiasi langkah Pelindo III yang melibatkan perguruan tinggi dan mahasiswa dalam menyampaikan informasi dan pengetahuan.

Perusahaan seperti Pelindo III dianggap sebagai sumber pengetahuan karena dalam pelaksanaan di lapangan pasti ada yang berbeda dari yang disampaikan di dalam kuliah. “Mahasiswa bisa berinteraksi dan bertanya langsung dengan pelaku dibidang industri kepelabuhanan.  Informasi tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi mereka,” katanya.

Pemilihan perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran penyampaian informasi tak lepas dari perannya dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan.  Informasi terbaru seputar kepelabuhanan dan dunia maritim diharapkan dapat menjadi tambahan ilmu dan pengetahuan.

Serangkaian kegiatan disiapkan untuk mendukung pelaksanaan Pelindo III Goes to Campus, diantaranya jalan sehat yang melibatkan masyarakat, pembagian hadiah, seminar maritim, dan penyerahan bantuan peduli lingkungan.

 

 



About author



You might also like

Hotel

12 September Jalan-Jalan ke Destinasi Wisata Indonesia Berhadiah Voucher Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Indonesia memang dikenal kaya akan beragam destinasi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Contohnya Lombok di Nusa Tenggara Barat. Wisatawan banyak yang suka

Airlines

Polygon Dukung Kemajuan Sport Tourism Indonesia

Tour De Maninjau (Ist) Tidak bisa dipungkiri, pariwisata menjadi salah satu  industri penggerak perekonomian Indonesia. Salah satu pariwisata yang terus dikembangkan untuk menunjang perekonomian daerah adalah wisata olahraga (sport tourism).

Heritage

Akses ke Danau Toba Dipermudah untuk Wisatawan

Danau Toba (Ist) Angin segar datang dari Danau Toba Sumatera Utara. Tidak lama lagi, diperkirakan akhir tahun ini, tol dari Medan-Kuala Namu ke Tebing Tinggi sudah bisa dilewati. Tentunya itu

Culture

ICE Gairahkan Industri MICE di Asia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist) Keberadaan Indonesia

Destinations

Pelaku Bisnis Pariwisata Lombok Apresiasi Pemprov NTB

General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (kiri) dengan wisatawan remaja dari Republik Czech (kanan) Keberhasilan pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat tak bisa dilepaskan dari peran pemerintah provinsi (Pemprov)

Travel Operator

Wisatawan Terkesan Tanjung Lesung

Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo ketika menyampaikan sambutan dalam pembukaan Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung (Ist) Wisatawan Nusantara terkesan dengan pesona wisata bahari yang ada di