Eclipse Festival 2016 di Ngata Baru

GMT

Gerhana Matahari Total (Ist)

Gerhana Matahari Total (GMT) akan berlangsung pada 9 Maret 2016 mendatang di sejumlah kota di Indonesia. Fenomena langka ini akan terangkum dalam segenap kegiatan di Eclipse Festival 2016.

Acara tersebut akan dilakukan di Ngata Baru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah pada 7 hingga 1 Maret 2016. Ngata Baru terletak sekitar 25 menit berkendara dari Palu, Ibukota Sulawesi Tengah dan dapat ditempuh 15 menit dari Bandara Mutiara Palu.

Ngata Baru adalah bukit tertinggi di Kabupaten Sigi yang dikelilingi pegunungan dan sungai yang kerap dihinggapi oleh ribuan kupu-kupu. Karenanya destinasi dengan visibilitas terbaik ini dipilih sebagai titik untuk menikmati GMT.

Festival akan diisi dengan workshop, galeri seni dan zona penyembuhan bagi anak-anak dengan menggunakan obat-obatan tradisional Indonesia. Workshop mencakup diskusi mengenai pendidikan yang menghadirkan para ahli sebagai pembicara dengan fokus topik Gerhana Matahari Total.

Topik lain yang akan dibahas adalah seni, musik, budaya, ilmu pengetahuan, psikologi, antropologi, kesehatan, astrologi, lingkungan dan masih banyak lagi.

Kegiatan seperti yoga, meditasi, pertukaran bahasa, pemutaran film dokumenter pun dijadwalkan di sana. Saksikan karya-karya seni yang ditampilkan oleh seniman lokal dan internasional. Sebelum menikmati GMT, traveler akan dihibur pertunjukkan musik yang hadir di tiga panggung sekaligus.

Baik musisi lokal maupun internasional akan bersama-sama bertukar budaya memainkan genre musik yang sangat bervariasi, mulai dari psychelic, trance, techno, acid, elektronica hingga tradisional.

Pemerintah setempat merangkul warga lokal untuk mengerahkan pengawasan yang ketat demi keamanan wisatawan. Festival tersebut sangat penting bangi pariwisata lokal mengingat ini adalah acara Gerhana Matahari Total terbesar dan satu-satunya yang menargetkan wisatawan mancanegara sebagai tamunya.

Suku kaili sebagai pribumi di Kabupaten Sigi merupakan penjaga asli tanah Ngata Baru. Sebelum festival dihelat, orang-orang kaili akan melakukan ritual untuk memastikan kelancaran Eclipse Festival 2016.

Penduduk Desa Ngata Baru dan orang kaili sangat bangga dan senang menjadi bagian dari festival yang disorot oleh seluruh dunia ini. Kota Palu sendiri merupakan kota yang damai di Sulawesi Tengah, dihuni oleh penduduknya yang ramah dan memiliki kehidupan bawah laut yang mengagumkan.

Bandara Mutiara Palu juga terhubung dengan penerbangan langsung dari Jakarta. Terdapat penerbangan langsung dari Bali yang dalam acara ini difasilitasi penerbangan charter. Nantinya, panitia akan menyediakan kendaraan untuk mengantar wisatawan ke Ngata Baru dari Bandara Mutiara Palu. (Gabriel Bobby/indonesia.travel)

 

About author



You might also like

Travel Operator

RI Menang World Halal Travel Awards 2015, Turis Asing ke Lombok bukan ke Malaysia

LA Hadi Faishal (Ist) Ditetapkannya Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai destinasi halal terbaik dunia telah mengubah peta pasar pariwisata di Asia. Diyakini kini wisatawan mancanegara akan lebih datang ke

Festival

Mengenang Pesawat T50i Golden Eagle di Lombok

LA Hadi Faishal (kiri) (Ist) Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal mengaku bersedih dan mengucapkan turut berduka cita terhadap musibah kecelakaan pesawat tempur T50i Golden Eagle di Daerah Istimewa

World Heritage

Arief Yahya Optimistis Indonesia Berjaya dalam World Halal Tourism Award 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Tidak tanggung-tanggung, Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan sapu bersih 12 nominator yang lolos untuk dikompetisikan di World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi, Uni

Investments

PT Pelindo III Mudahkan Layanan Customer

Direktur Keuangan PT Pelindo IIIU Saefudin Noer (Ist) PT Pelindo III terus berinovasi untuk memberikan layanan yang memudahkan bagi pengguna jasa pelabuhannya. Kemudahan layanan tersebut dilakukan dengan mengimplementasikan sistem layanan

Nature

Ulang Tahun ke-50, Pacto Majukan Pariwisata Indonesia

HUT Pacto ke-50 (Ist) Pacto memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-50 di Jakarta. Acara ini dihadiri oleh segenap jajaran Komisaris, Direksi, dan Manajemen perusahaan serta sejumlah tokoh pariwisata. Berdiri sejak

Tour Package

Tanjung Lesung akan Gelar Rhino XTriathlon

Rhino XTriathlon (Rhino Cross Triathlon) (Ist) Rhino XTriathlon (Rhino Cross Triathlon) adalah event cross triathlon pertama yang ada di Indonesia. Informasi yang diterima patainanews.com, Rabu (26/7/2017) menulis, sebagai rangkaian dari perhelatan akbar tahunan Tanjung Lesung