Eclipse Festival 2016 di Ngata Baru

GMT

Gerhana Matahari Total (Ist)

Gerhana Matahari Total (GMT) akan berlangsung pada 9 Maret 2016 mendatang di sejumlah kota di Indonesia. Fenomena langka ini akan terangkum dalam segenap kegiatan di Eclipse Festival 2016.

Acara tersebut akan dilakukan di Ngata Baru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah pada 7 hingga 1 Maret 2016. Ngata Baru terletak sekitar 25 menit berkendara dari Palu, Ibukota Sulawesi Tengah dan dapat ditempuh 15 menit dari Bandara Mutiara Palu.

Ngata Baru adalah bukit tertinggi di Kabupaten Sigi yang dikelilingi pegunungan dan sungai yang kerap dihinggapi oleh ribuan kupu-kupu. Karenanya destinasi dengan visibilitas terbaik ini dipilih sebagai titik untuk menikmati GMT.

Festival akan diisi dengan workshop, galeri seni dan zona penyembuhan bagi anak-anak dengan menggunakan obat-obatan tradisional Indonesia. Workshop mencakup diskusi mengenai pendidikan yang menghadirkan para ahli sebagai pembicara dengan fokus topik Gerhana Matahari Total.

Topik lain yang akan dibahas adalah seni, musik, budaya, ilmu pengetahuan, psikologi, antropologi, kesehatan, astrologi, lingkungan dan masih banyak lagi.

Kegiatan seperti yoga, meditasi, pertukaran bahasa, pemutaran film dokumenter pun dijadwalkan di sana. Saksikan karya-karya seni yang ditampilkan oleh seniman lokal dan internasional. Sebelum menikmati GMT, traveler akan dihibur pertunjukkan musik yang hadir di tiga panggung sekaligus.

Baik musisi lokal maupun internasional akan bersama-sama bertukar budaya memainkan genre musik yang sangat bervariasi, mulai dari psychelic, trance, techno, acid, elektronica hingga tradisional.

Pemerintah setempat merangkul warga lokal untuk mengerahkan pengawasan yang ketat demi keamanan wisatawan. Festival tersebut sangat penting bangi pariwisata lokal mengingat ini adalah acara Gerhana Matahari Total terbesar dan satu-satunya yang menargetkan wisatawan mancanegara sebagai tamunya.

Suku kaili sebagai pribumi di Kabupaten Sigi merupakan penjaga asli tanah Ngata Baru. Sebelum festival dihelat, orang-orang kaili akan melakukan ritual untuk memastikan kelancaran Eclipse Festival 2016.

Penduduk Desa Ngata Baru dan orang kaili sangat bangga dan senang menjadi bagian dari festival yang disorot oleh seluruh dunia ini. Kota Palu sendiri merupakan kota yang damai di Sulawesi Tengah, dihuni oleh penduduknya yang ramah dan memiliki kehidupan bawah laut yang mengagumkan.

Bandara Mutiara Palu juga terhubung dengan penerbangan langsung dari Jakarta. Terdapat penerbangan langsung dari Bali yang dalam acara ini difasilitasi penerbangan charter. Nantinya, panitia akan menyediakan kendaraan untuk mengantar wisatawan ke Ngata Baru dari Bandara Mutiara Palu. (Gabriel Bobby/indonesia.travel)

 

About author



You might also like

Tourism

Menteri Pariwisata Janji Promosikan Pariwisata Banten

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya berjanji akan mempromosikan tiga agenda pariwisata unggulan di Banten secara nasional dan dunia. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata saat membuka

Festival

Tanjung Lesung, Sensasi Surga Tersembunyi di Banten

Menikmati sunset di Tanjung Lesung (Ist) Menikmati cantiknya matahari terbenam di sore hari dan melihat keindahan alam bawah laut tak melulu harus traveling mencari destinasi wisata lainnya sebab wisatawan bisa

World Heritage

Menteri Pariwisata Terkesan dengan Taman Gandrung Terakota

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kanan) (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Sigit Pramono, Owner Java

Indonesia itu Bagus

Bersama Coca-Cola, Koin Kemanusiaan Donasi ke Panti Asuhan

Anton Ristiono (kanan) perwakilan dari Koin Kemanusiaan menyerahkan donasi Coca-Cola kepada pengurus Panti Asuhan Putra Nusa Putra Ramadan 1439 H adalah bulan baik. Karenanya Koin Kemanusiaan kembali menyalurkan donasi untuk

Festival

Festival Tabot Bengkulu Incar Wisatawan Mancanegara

Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima cindera mata dari Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Festival Tabot Bengkulu yang sudah ada sejak 1685 silam akan kembali digelar mulai 10 hingga 20 September mendatang

Destinations

Pariwisata Tanjung Lesung Kelas Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) tengah berdiskusi dengan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (Ist) Pelaku pariwisata di Banten semakin sumringah! Rabu, 29 Juni 2016, Gubernur Rano Karno menandatangani penetapan