Eksotisme Kain Tradisional Indonesia

batik kediri nih

batik kediri 3

batik kediri 4

batik kediri 2

batik kediri 5

The Property :

Batik Dermo Kediri Jatim
Batik Bu Anik kediri Jatim
Batik & Jumputan Wecono Asri Kediri Jatim
Batik Wistara Surabaya Jatim
Batik Lathifa Kediri jatim
Tenun Ikat Bandar Kediri jatim
Kerudung/Jilbab Handmade Sulam Pita Kediri Jatim
Horses/Ranch Kediri Jatim

Fotografi :
Alcomotion Jakarta
AFS Surabaya

Pariwisata Indonesia tak bisa dipungkiri sudah sejak lama diminati wisatawan mancanegara. Seiring upaya pemerintah merealisasikan target Presiden Jokowi pada 2019 mendatang sebanyak 20 juta turis asing berkunjung ke negeri ini.

Dan, pariwisata Indonesia tak bisa lepas dari budaya sebab banyak wisatawan asing yang menyukai beragam budaya khas Nusantara. Sebut saja kain tradisional Indonesia.

Harus diakui kain tradisional khas Nusantara, seperti batik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing berkunjung ke Indonesia. Batik kini begitu populer hingga ke mancanegara.

Ya, batik Indonesia sudah mendunia. Anita Mutia, seorang pencinta kain tradisional menjelaskan bahwa Indonesia yang terdiri beragam suku dengan latar belakang kebudayaan yang sangat kaya untuk ditelaah lebih dalam.

“Masing-masing daerah dengan kebudayaan tradisionalnya yang unik mulai dari kesenian tari, musik, kain tradisional hingga kuliner khasnya. Kali ini tentang kebudayaan kain tradisional yang sekarang juga sudah memasuki dunia fashion atau busana lokal maupun internasional,” tuturnya ketika dihubungi patainanews.com, Kamis (3/19/2016).

Ia memaparkan bahwa menurut Claire Wolfowitz, istri mantan Dubes Amerika untuk Indonesia Paul Wolfowitz, batik sebagai seni yang indah.

“Apalagi proses pembuatannya juga tidak mudah sehingga harus lebih dihargai den mendapat apresiasi. Apalagi dibutuhkan banyak waktu dan keahlian khusus untuk membuatnya. Batik adalah karya seni, bukan hanya sebuah gambar,” urainya.

Ia mengatakan, menariknya brand internasional sekelas Gucci ternyata menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya.

Tenun Indonesia telah dipercaya oleh pasar internasional. Tenun Indonesia dianggap sangat berharga karena handmade (buatan tangan).

Itulah yang membuat brand internasional, seperti Gucci mau bekerja sama dengan pengrajin tenun di Indonesia. Namun, lanjutnya, yang sangat disayangkan justru antusiasme pasar domestik sendiri terhadap tenun tradisional masih rendah.

Begitu juga dengan batik yang pada masa lalu belum banyak diminati banyak orang. Namun, menurutnya, sekarang produksi batik telah berkembang sangat pesat.

“Tentunya kita bangga melihat kain-kain asli Indonesia yang maha kaya dalam hal craftsmanship ini tampil di runway designer international mulai dari Milan, Paris, dan kini London,” tuturnya.

Anita mengaku bersama teman-temannya tak berhenti untuk terus melestarikan kain tradisional khas Nusantara. Ia pun juga tampak begitu semangat mempromosikan kain tradisional asal Indonesia.

“Kain tradisional khas Nusantara ini juga diminati berbagai kalangan sehingga bisa menyatukan masyarakat Indonesia,” ucapnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Kunjungan Wisatawan Asing ke Kepulauan Seribu Rendah

Budi Utomo (Ist) Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo mengaku kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kepulauan Seribu masih sedikit. Karenanya Budi Utomo dan jajarannya akan berupaya melakukan sejumlah promosi potensi wisata

SightSeeing

Ketika Wartawan Pariwisata Belajar Vlog

Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Deputi Pemasaran I Kemenpar Hariyanto (Ist) Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) bekerja sama dengan Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar pelatihan Video Blog

Tourism

Kapal Pesiar ke Indonesia, Kesempatan Besar Promosikan Pariwisata Nusantara

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Kunjungan kapal pesiar yang mengangkut rombongan turis asing ke Indonesia, termasuk ke Cirebon di Jawa Barat harus dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Demikian penjelasan Gifta Oktavia Rappe,

Cuisine

Berjaya di Dunia, Lombok Genjot Kunjungan Turis Eropa Timur

Indonesia berjaya dalam World Halal Travel Awards 2015 (Ist) Lombok di Nusa Tenggara Barat berjaya di event World Halal Travel Awards 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab lantaran berhasil

Cuisine

Traveling ke JungleLand, Pengalaman tak Terlupakan

Foto bersama ASITA di JungleLand (Ist) JungleLand, theme park yang ada di kawasan Semtul City bisa menjadi pilihan yang pas untuk wisatawan yang menyukai destinasi alam yang jaraknya tidak jauh

Nature

Selepas Paskah, Jumlah Penumpang Pelabuhan Maumere Melonjak

Suasana penumpang di Pelabuhan Maumere (Ist) Puncak arus balik usai perayaan Hari Raya Paskah terjadi di Pelabuhan L Say, Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (29/3/2016).  Umat Katolik asal Nusa Tenggara