Eksotisme Kain Tradisional Indonesia

batik kediri nih

batik kediri 3

batik kediri 4

batik kediri 2

batik kediri 5

The Property :

Batik Dermo Kediri Jatim
Batik Bu Anik kediri Jatim
Batik & Jumputan Wecono Asri Kediri Jatim
Batik Wistara Surabaya Jatim
Batik Lathifa Kediri jatim
Tenun Ikat Bandar Kediri jatim
Kerudung/Jilbab Handmade Sulam Pita Kediri Jatim
Horses/Ranch Kediri Jatim

Fotografi :
Alcomotion Jakarta
AFS Surabaya

Pariwisata Indonesia tak bisa dipungkiri sudah sejak lama diminati wisatawan mancanegara. Seiring upaya pemerintah merealisasikan target Presiden Jokowi pada 2019 mendatang sebanyak 20 juta turis asing berkunjung ke negeri ini.

Dan, pariwisata Indonesia tak bisa lepas dari budaya sebab banyak wisatawan asing yang menyukai beragam budaya khas Nusantara. Sebut saja kain tradisional Indonesia.

Harus diakui kain tradisional khas Nusantara, seperti batik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing berkunjung ke Indonesia. Batik kini begitu populer hingga ke mancanegara.

Ya, batik Indonesia sudah mendunia. Anita Mutia, seorang pencinta kain tradisional menjelaskan bahwa Indonesia yang terdiri beragam suku dengan latar belakang kebudayaan yang sangat kaya untuk ditelaah lebih dalam.

“Masing-masing daerah dengan kebudayaan tradisionalnya yang unik mulai dari kesenian tari, musik, kain tradisional hingga kuliner khasnya. Kali ini tentang kebudayaan kain tradisional yang sekarang juga sudah memasuki dunia fashion atau busana lokal maupun internasional,” tuturnya ketika dihubungi patainanews.com, Kamis (3/19/2016).

Ia memaparkan bahwa menurut Claire Wolfowitz, istri mantan Dubes Amerika untuk Indonesia Paul Wolfowitz, batik sebagai seni yang indah.

“Apalagi proses pembuatannya juga tidak mudah sehingga harus lebih dihargai den mendapat apresiasi. Apalagi dibutuhkan banyak waktu dan keahlian khusus untuk membuatnya. Batik adalah karya seni, bukan hanya sebuah gambar,” urainya.

Ia mengatakan, menariknya brand internasional sekelas Gucci ternyata menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya.

Tenun Indonesia telah dipercaya oleh pasar internasional. Tenun Indonesia dianggap sangat berharga karena handmade (buatan tangan).

Itulah yang membuat brand internasional, seperti Gucci mau bekerja sama dengan pengrajin tenun di Indonesia. Namun, lanjutnya, yang sangat disayangkan justru antusiasme pasar domestik sendiri terhadap tenun tradisional masih rendah.

Begitu juga dengan batik yang pada masa lalu belum banyak diminati banyak orang. Namun, menurutnya, sekarang produksi batik telah berkembang sangat pesat.

“Tentunya kita bangga melihat kain-kain asli Indonesia yang maha kaya dalam hal craftsmanship ini tampil di runway designer international mulai dari Milan, Paris, dan kini London,” tuturnya.

Anita mengaku bersama teman-temannya tak berhenti untuk terus melestarikan kain tradisional khas Nusantara. Ia pun juga tampak begitu semangat mempromosikan kain tradisional asal Indonesia.

“Kain tradisional khas Nusantara ini juga diminati berbagai kalangan sehingga bisa menyatukan masyarakat Indonesia,” ucapnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Incar Wisman AS, Kemenpar Tebar Pesona di DEMA Show Orlando

Wakatobi (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) semakin agresif mempromosikan wisata diving Indonesia ke dunia. Karenanya Kemenpar akan ikut dalam The Diving Equipment and Marketing Association (DEMA) Show di Orlando, Amerika Serikat

Hotel

Rush TRCI ‘Ngumpul’ di Tanjung Lesung

Berita Foto: Ini merupakan rangkaian acara Rush TRCI pada 7 April hingga 8 April 2018 di Tanjung Lesung, Banten. Kegiatan ini dilakukan Toyota Rush Club Indonesia se-Tangerang Raya (Gabriel Bobby/Ist)

Tourism

Astindo Fair 2016 Promosikan Destinasi Wisata Indonesia

Pulau Dewata masih menjadi destinasi favorit dalam penyelenggaraan Astindo Fair 2016. Di destinasi andalan Indonesia ini, wisatawan bisa juga melihat Keris Bali (www.ninaflynnphotography.com) Penyelenggaraan Astindo Fair 2016 pada Maret mendatang

Festival

Menteri Pariwisata Ajak Promosikan Destinasi Wisata Nusantara Instagramable

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak wisatawan Nusantara untuk ikut mempromosikan destinasi wisata yang tersebar di Tanah Air yang Instagramable sehingga destinasi wisata tersebut semakin dikenal

Travel Operator

Menteri Pariwisata Kembali Aktifkan Tim Crisis Center Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung aktivasi Tim Crisis Center Kemenpar untuk memantau perkembangan terkini bencana gempa bumi Minggu 5 Agustus 2018. Sasarannya memantau 3A yakni

Slideshow

2018, Nikmati Traveling Keliling Jawa dengan Kereta Wisata

President Director PT KA Pariwisara Totok Suryono (kedua dari kanan) didampingi direksi lainnya dalam press conference kereta wisata kelas Priority (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata merencanakan akan membuat layanan