Eksotisme Kepulauan Seribu

lomba 1000

Eksotisme Kepulauan Seribu (Ist)

Sebagai langkah nyata dari rangkaian Gerakan 1000 dan bertepatan memperingati Hari Pendidikan Nasional & Hari Kebangkitan Nasional serta diadakannya Event Tahunan Syukuran Laut pada 21 Mei 2016 di Pulau Kelapa Dua, maka Kepulauan Seribu yang memiliki arti ‘Seluruh Rakyat Indonesia Bersatu’ menyelenggarakan 1000 Foto & Film Pendek Festival dan Lomba (1000 F3L) ‘EKSOTISME KEPULAUAN SERIBU’ 2016.

Kegiatan ini didukung Kemenko Bidang Perekonomian, Kemenko Bidang PMK, Kemenko Bidang Maritim & Sumber Daya, Kemendikbud, Kemenpar, Kementerian LHK, Bank Indonesia, Bekraf dan PATA Indonesia Chapter.

TUJUAN PELAKSANAAN LOMBA FOTO &FILM PENDEK

  1. Menanamkan nilai-nilai REVOLUSI MENTAL, BUDAYA BERSIH dan SENYUM serta memasyarakatkan penggunaan Media NON TUNAI dalam Transaksi Pembayaran, yang dituangkan dalam media Foto & Film Pendek.
  2. Menumbuhkan kesadaran masyarakat & anak muda (khususnya) tentang pentingnya mencintai budaya Indonesia dan Film Indonesia.
  3. Menggugah masyarakat Indonesia maupun asing terhadap keindahan alam Indonesia, khususnya di Kepulauan Seribu melalui media foto dan film, demi meningkatkan kunjungan wisata ke Kepulauan Seribu.
  4. Menumbuhkan kepedulian dan kecintaan masyarakat & generasi muda khususnya terhadap Keanekaragaman Hayati Taman Laut Indonesia.

SASARAN / TARGET PESERTA

  1. PELAJAR, Tingkat SMP & SMA Negeri maupun Swasta di DKI Jakarta (khususnya dan seluruh Indonesia (umumnya) dengan melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah.
  2. MAHASISWA, dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di DKI Jakarta (khususnya dan seluruh Indonesia (umumnya).
  3. UMUM, termasuk kalangan Profesional, khususnya untuk Peliputan Event Syukuran Laut di Pulau Kelapa Dua, Kepulauan Seribu tanggal 21 Mei 2016.

Kuota yang tersedia :

  1. Pelajar & Mahasiswa
  • Film Pendek : max. 3 orang / tim = 50 tim (mewakili sekolah)
  • Foto : 100 orang peserta (mewakili sekolah)
  • Sekolah dapat mengirimkan lebih dari 1 tim film pendek / foto (dengan lokasi pulau yang berbeda)
  1. Umum
  • Film Pendek : max. 3 orang / tim = 50 tim
  • Foto : 100 orang peserta
  • Peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 karya foto.

KONSEP LOMBA FOTO & FILM PENDEK

Lomba film pendek ini dikemas dalam konsep ‘One Island Movie & Pics’, yakni film yang menggambarkan perjalanan tokoh atau subyek tertentu dari pulau (tertentu) di Kepulauan Seribu.

Konsep ‘One Island Movie & Pics’ dalam lomba film pendek ini diarahkan untuk mempromosikan nilai-nilai Revolusi Mental, Budaya Bersih dan Senyum melalui karya film sesuai dengan tema lomba.

Tema Lomba

We Change Eksotisme Kepulauan Seribu

Diharapkan setiap peserta dapat mengenal lebih dalam terhadap nilai-nilai REVOLUSI MENTAL, BUDAYA BERSIH dan SENYUM serta kesadaran masyarakatkan dalam menggunakan cara pembayaran Non Tunai dalam bertransaksi dapat tertuang dalam hasil karya Foto & Film Pendek.

Penghargaan

Penghargaan yang akan diberikan dalam 1000 FOTO & FILM PENDEK FESTIVAL “Eksotika Kepulauan Seribu” adalah : 6 buah KAMERA untuk masing-masing pemenang terbaik lomba Film Pendek & Foto untuk masing-masing kategori peserta : Pelajar, Mahasiswa dan Umum.

Juara 1, 2 & 3 dari masing-masing lomba akan mendapatkan trophy dan berkesempatan untuk ikut serta dalam pembuatan Film Layar Lebar “Elang” di Kepulauan Seribu serta berkesempatan magang di beberapa Instansi Kementerian / Lembaga terkait dalam Project Pembekalan Ekonomi Kreatif Terintegrasi.

Seluruh peserta lomba akan mendapatkan E-Certificate Participant dalam event GERAKAN 1000 FOTO & FILM PENDEK FESTIVAL KEPULAUAN SERIBU.

Pemenang ‘We Change’ Award pilihan panitia, mempertimbangkan penilaian unsur “We Change” dalam Narasi / Sinopsis terkait dengan Foto & Film Pendek yang dibuat, dimana pemenang akan mendapat hadiah tambahan berupa TROPHY “We Change” Award, Certificate serta Uang Tunai sebesar Rp. 10.000.000.- (Sepuluh Juta Rupiah).

Pendaftaran Lomba Foto dan Lomba Film Pendek mulai 1 hingga 15 Mei 2016. Acara ini diadakan oleh Sineas Muda Indonesia bekerja sama dengan Pemkab Kepulauan Seribu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, didukung Kemenko Bidang Perekonomian, Kemenko Bidang PMK, Kemenko Bidang Maritim & Sumber Daya, Kemendikbud, Kemenpar, Kementerian LHK, Bank Indonesia, Bekraf, dan PATA Indonesia Chapter.

Informasi lebih detail mengenai syarat dan ketentuan lomba silakan klik http://sineasmudaindonesia.id/ (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Percepat Pembangunan Homestay, Kemenpar Gandeng BTN

Kemenpar kerja sama dengan Bank Tabungann Negara untuk pengembangan homestay (Ist) Pengembangan dan ketersediaan homestay untuk meningkatkan jumlah wisatawan, terus menjadi fokus Kementerian Pariwisata, salah satunya melalui kerja sama dengan

Airlines

Melihat Wisata Sejarah di Surabaya

Turis asing di Kampung Lawas Maspati (Ist) Surabaya yang ada di Jawa Timur kini telah menjelma menjadi kota modern. Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan tak salah diminati traveler untuk

World Heritage

Momentum 10 November di Kampung Lawas Maspati

Turis asing di Kampung Lawas Maspati (Ist) Kampung Lawas Maspati yang terletak di Surabaya, Jawa Timur tak berhenti menjaga kearifan lokal dan budaya sehingga kampung wisata di Kota Pahalawan ini

SightSeeing

BIJB akan Terasa Jawa Barat

Virda Dimas Ekaputra (Ist) Unsur budaya khas Jawa Barat (Jabar), Sunda seperti Tarian Merak, Batik Mega Mendung dari Cirebon dan senjata tradisional Kujang akan menjadi ornamen di sisi darat Bandara

Slideshow

Kawasan Mandeh Mengarah Jadi KEK

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pesisir Selatan Zefnihan (paling kiri) berpose bersama Presiden Direktur PT Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo (tengah) (Ist) Mandeh, kawasan wisata yang berada di Kabupaten

Heritage

Kemenpar Dukung Promosi GMT 2016 di Palu

Jembatan ‘Kuning’ Ponulele di Palu (Ist) Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memberikan dukungan dalam bentuk promosi gerhana matahari total (GMT) 2016 mendatang di Palu, Sulawesi Tengah. “Kementerian Pariwisata mendukung