‘Erupsi Gunung Agung, Wisatawan Mancanegara Tak Perlu Risau Masih Banyak Destinasi Wisata di Indonesia’

gunung agung

Gunung Agung di Bali (Ist)

Erupsi Gunung Agung di Bali memang membuat pariwisata Bali terdampak sebab sudah ada sejumlah pembatalan rencana traveling wisatawan, termasuk turis asing ke Pulau Dewata. Namun, wisatawan mancanegara tak perlu khawatir sebab Indonesia kaya akan destinasi wisata sehingga mereka tak perlu membatalkan rencana traveling ke negeri ini.

Hal tersebut disampaikan Rainier H Daulay, pemilik Hotel The Rhadana Group ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (28/11/2017). “Wisatawan mancanegara (wisman) juga tidak perlu mengalihkan rencana awal mereka untuk berlibur ke Indonesia pindah ke negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand,” ucapnya.

Ia menjelaskan, jika wisman tetap ingin ke Indonesia, mereka bisa saja berkunjung ke Lombok di Nusa Tenggara Barat untuk menghabiskan waktu libur mereka. Menurutnya, negara-negara tetangga, seperti negeri jiran, Malaysia, dan Thailand saat ini akan berupaya menjaring turis asing yang semula merencanakan pergi ke Bali karena ada erupsi Gunung Agung untuk berpindah ke Malaysia dan Thailand. 

Rainier mengungkapkan bahwa Thailand dan Malaysia kini tengah menanti kunjungan wisman yang semula merencanakan berkunjung ke Bali tapi akhirnya batal lantaran erupsi Gunung Agung. Adapun pariwisata Bali akibat erupsi Gunung Agung mengalami situasi yang tidak menyenangkan sejak Bandara Ngurah Rai ditutup.

Ia tak menampik dampak psikologis yang dialami pariwisata Bali karena Bandara Ngurah Rai ditutup. “Dampak psikologis bandara di Bali ditutup membuat orang yang mau keluar dari Bali terhambat. Begitu juga dengan mereka yang mau berkunjung ke Pulau Dewata juga menjadi tidak bisa,” paparnya.

Karenanya Lombok perlu menyiapkan diri untuk menampung kunjungan wisman yang semula merencanakan datang ke Bali. Rainier mengatakan, pemerintah perlu menyiapkan strategi baru agar rencana wisatawan mancanegara berkunjung ke Bali tidak dibatalkan sebab mereka masih memilih destinasi wisata lainnya di Indonesia selain Bali.

“Pemerintah bersama GIPI, ASITA, ASTINDO, dan PHRI kerja sama untuk mempertahankan kunjungan wisman datang ke Indonesia. Pemerintah bersama asosiasi pariwisata itu harus duduk bersama mencari solusi untuk menarik minat kunjungan wisatawan asing ke Indonesia,” tuturnya.

Apalagi, lanjutnya, menjelang akhir tahun ini tentunya banyak wisman yang merencanakan datang ke Indonesia, khususnya ke Bali untuk berlibur. Fenomema alam memang tak bisa dilawan. Jadi, lanjutnya, erupsi Gunung Agung tak bisa dihindari sehingga wisman perlu diarahkan ke destinasi wisata yang ada di Indonesia selain Bali.

Menurutnya, seharusnya sudah sejak lama promosi pariwisata Indonesia di luar negeri tak hanya sebatas Bali saja sebab masih banyak destinasi wisata di Nusantara yang indah. Seperti diketahui, kini Indonesia punya 10 Bali baru yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.

Sebelumnya Rainier ketika ditemui wartawan di sela-sela rapat kerja nasional (Rakernas) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) di Jakarta, Senin (27/11/2017) mengatakan bahwa wisatawan yang masih ingin ke Bali bisa memanfaatkan jalur darat lewat Banyuwangi. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Heritage

Palembang Manfaatkan BBTF 2017 Promosi Pariwisata Jelang ASIAN GAMES 2018

Welcome Dinner sekaligus Pembukaan BBTF 2017 di GWK, Bali (Ist) Sumatera Selatan cukup cerdik dan jeli memanfaatkan peluang. Ajang Bali & Beyond Travel Fair (BBTF) di Nusa Dua pada 7

Tourism

Borobudur Perkuat Atraksi Wisata Desa dan Budaya

Candi Borobudur (Ist) Joglosemar dengan ikon Candi Borobudur yang sudah ditetapkan Presiden Jokowi sebagai satu dari 10 Destinasi Prioritas terus melengkapi ekosistem pariwisatanya. Salah satunya adalah memperkuat sisi amenitas, dari

Travel Operator

Menteri Pariwisata Buka GPBG 2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka Gebyar Pesona Budaya Garut 2018 (Ist) Kementerian Pariwisata mendukung penyelenggaraan event Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) 2018 yang berlangsung  di Lapangan Ciateul, Garut, Jawa Barat

Slideshow

JAS Serius Promosikan Pariwisata Indonesia

Presiden Direktur PT JAS Adji Gunawan (Ist) Manajemen PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services), perusahaan ground handling swasta nasional menyatakan ikut serta mempromosikan pariwisata Indonesia guna mendukung upaya

Hotel

Chef Indonesia Jadi Juri di The World Master Baker di Paris

Chef William Wongso dpercaya jadi juri Masters de la Boulangerie (Ist) Chef Indonesia dipercaya menjadi member juri dalam kompetisi tingkat dunia di Paris, Perancis pada 3 hingga 6 Februari mendatang. Adapun

Hotel

Wonderful Indonesia Promosi di Finlandia

Wonderful Indonesia (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) langsung tancap gas di tahun 2017. Salah satu buktinya, kementerian dibawah komando Arief Yahya itu langsung mengawali tahun baru dengan berpartisipasi pada perhelatan Matka