‘Erupsi Gunung Agung, Wisatawan Mancanegara Tak Perlu Risau Masih Banyak Destinasi Wisata di Indonesia’

gunung agung

Gunung Agung di Bali (Ist)

Erupsi Gunung Agung di Bali memang membuat pariwisata Bali terdampak sebab sudah ada sejumlah pembatalan rencana traveling wisatawan, termasuk turis asing ke Pulau Dewata. Namun, wisatawan mancanegara tak perlu khawatir sebab Indonesia kaya akan destinasi wisata sehingga mereka tak perlu membatalkan rencana traveling ke negeri ini.

Hal tersebut disampaikan Rainier H Daulay, pemilik Hotel The Rhadana Group ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (28/11/2017). “Wisatawan mancanegara (wisman) juga tidak perlu mengalihkan rencana awal mereka untuk berlibur ke Indonesia pindah ke negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand,” ucapnya.

Ia menjelaskan, jika wisman tetap ingin ke Indonesia, mereka bisa saja berkunjung ke Lombok di Nusa Tenggara Barat untuk menghabiskan waktu libur mereka. Menurutnya, negara-negara tetangga, seperti negeri jiran, Malaysia, dan Thailand saat ini akan berupaya menjaring turis asing yang semula merencanakan pergi ke Bali karena ada erupsi Gunung Agung untuk berpindah ke Malaysia dan Thailand. 

Rainier mengungkapkan bahwa Thailand dan Malaysia kini tengah menanti kunjungan wisman yang semula merencanakan berkunjung ke Bali tapi akhirnya batal lantaran erupsi Gunung Agung. Adapun pariwisata Bali akibat erupsi Gunung Agung mengalami situasi yang tidak menyenangkan sejak Bandara Ngurah Rai ditutup.

Ia tak menampik dampak psikologis yang dialami pariwisata Bali karena Bandara Ngurah Rai ditutup. “Dampak psikologis bandara di Bali ditutup membuat orang yang mau keluar dari Bali terhambat. Begitu juga dengan mereka yang mau berkunjung ke Pulau Dewata juga menjadi tidak bisa,” paparnya.

Karenanya Lombok perlu menyiapkan diri untuk menampung kunjungan wisman yang semula merencanakan datang ke Bali. Rainier mengatakan, pemerintah perlu menyiapkan strategi baru agar rencana wisatawan mancanegara berkunjung ke Bali tidak dibatalkan sebab mereka masih memilih destinasi wisata lainnya di Indonesia selain Bali.

“Pemerintah bersama GIPI, ASITA, ASTINDO, dan PHRI kerja sama untuk mempertahankan kunjungan wisman datang ke Indonesia. Pemerintah bersama asosiasi pariwisata itu harus duduk bersama mencari solusi untuk menarik minat kunjungan wisatawan asing ke Indonesia,” tuturnya.

Apalagi, lanjutnya, menjelang akhir tahun ini tentunya banyak wisman yang merencanakan datang ke Indonesia, khususnya ke Bali untuk berlibur. Fenomema alam memang tak bisa dilawan. Jadi, lanjutnya, erupsi Gunung Agung tak bisa dihindari sehingga wisman perlu diarahkan ke destinasi wisata yang ada di Indonesia selain Bali.

Menurutnya, seharusnya sudah sejak lama promosi pariwisata Indonesia di luar negeri tak hanya sebatas Bali saja sebab masih banyak destinasi wisata di Nusantara yang indah. Seperti diketahui, kini Indonesia punya 10 Bali baru yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.

Sebelumnya Rainier ketika ditemui wartawan di sela-sela rapat kerja nasional (Rakernas) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) di Jakarta, Senin (27/11/2017) mengatakan bahwa wisatawan yang masih ingin ke Bali bisa memanfaatkan jalur darat lewat Banyuwangi. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Kepri Serius Kembangkan Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Provinsi Kepri (Ist) Kepri betul-betul istimewa di mata Menpar Arief Yahya. Bahkan, Senin, 3 April 2017, semua ‘panglima pariwisata’ dikerahkan ke Hotel

Tourism

Kereta Wisata, Yogyakarta, dan Wisman

Kereta wisata Priority (Ist) Indonesia memang kaya akan destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Sebut saja Yogyakarta, destinasi wisata yang sudah lama dikenal wisatawan, selain Bali yang juga begitu terkenal

Hotel

Pemprov Sumsel Serius Promosikan Wisata Sungai Musi

Kapal nelayan menyusuri Sungai Musi  Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) serius mempromosikan destinasi wisata Sungai Musi melalui Festival Sriwijaya yang digelar di pelataran Benteng Kuto Besak Palembang. “Hal ini karena

Hotel

Nikmati Kuliner Nusantara di Malam Pergantian Tahun di Hotel Aston at Kuningan Suites

‘ROAR! Let your inside out’ (Ist) Hotel Aston at Kuningan Suites yang ada di Jakarta diketahui tengah menyiapkan pesta malam Tahun Baru 2018. Rencananya hotel ini akan menyajikan kuliner khas

Hotel

Pangeran Albert II Monaco Puji Wonderful Indonesia

Country branding Wonderful Indonesia (Ist) Pamor Wonderful Indonesia bukan saja nyaring di kota-kota penyelenggara Travel Mart di dunia. Kerajaan kecil dengan penduduk super kaya dan bergaya hidup elegan seperti Monaco

Nature

Selepas Paskah, Jumlah Penumpang Pelabuhan Maumere Melonjak

Suasana penumpang di Pelabuhan Maumere (Ist) Puncak arus balik usai perayaan Hari Raya Paskah terjadi di Pelabuhan L Say, Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (29/3/2016).  Umat Katolik asal Nusa Tenggara