Festival Crossborder Jaring Turis Timor Leste

crossborder

Festival Crossborder di Atambua (Ist)

Indonesia menggelar Festival Crossborder di Atambua untuk menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) asal Timor Leste sekaligus meningkatkan aktivitas industri pariwisata di kawasan perbatasan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, festival crossborder merupakan salah satu strategi Kementerian Pariwisata dalam menarik kunjungan wisman dari negara tetangga ke Indonesia terutama di wilayah perbatasan.

“Oleh karena itu kami menggelar Festival Crossborder di Atambua sepanjang Mei hingga Desember tahun 2016,” ujar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Minggu (21/8/2016).

Rangkaian festival Atambua ini sukses dilaksanakan pada 20 Agustus 2016 di Atambua, Kabupaten Belu. “Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia sekaligus mengajak masyarakat Timor Leste untuk berkunjung ke Indonesia melalui jalur perbatasan,” kata Arief Yahya.

Menteri Arief Yahya mengatakan, untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan pada 2019 mendatang, banyak strategi yang harus dilakukan Indonesia salah satunya adalah mengembangkan wisata perbatasan.

Menurutnya, salah satu keuntungan yang dapat diperoleh dari kegiatan wisata crossborder, yakni karena terdapat hubungan emosional yang kuat antara masyarakat dengan wisatawan.

“Ini karena biasanya terdapat akar budaya yang masih serumpun bahkan sampai pada hubungan kekerabatan antara wisatawan dengan masyarakat setempat,” katanya.

Atambua, misalnya, adalah salah satu daerah perbatasan yang sangat potensial untuk menarik wisatawan dari Timor Leste. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana mengatakan, Festival Crossborder Atambua 2016 akan dilaksanakan di tiga daerah perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste, yakni di Kabupaten Belu (Atambua), Kabupaten Malaka (Betun), dan Kabupaten Timor Tengah Utara (Kefamenanu-Tanjung Bastian).

Di daerah tersebut terletak tiga pintu perbatasan yang menghubungkan antara Indonesia dengan Timor Leste. “Kegiatan Festival Crossborder di Atambua ini berbentuk konser musik yang menampilkan tim kesenian dari Indonesia berkolaborasi dengan tim kesenian dari Timor Leste,” ujar I Gde Pitana penuh semangat.

Ada pula artis Ibukota yang juga menjadi bintang tamu pada kegiatan ini, yaitu Roy Jeconiah dan John Paul Ivan (eks Boomerang).

Beberapa acara yang ditampilkan adalah tarian, musik tradisional, serta konser grup band dan artis dari kedua negara. Pitana mengatakan kegiatan ini juga telah melibatkan dan mengundang pemerintah dari kedua negara.

Sebelumnya pada 30 Juli lalu juga telah dilaksanakan Festival Crossborder di Dili, Timor Leste, yang juga memiliki konsep konser musik dan bazaar yang dimeriahkan oleh kedua negara.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Vinsensius Jemadu mengatakan, penyelenggaraan festival crossborder terbukti meningkatkan kunjungan wisman khususnya melalui perbatasan Mota’ain ke Indonesia.

“Pada festival musik Atambua pada awal tahun ini saja dihadiri 3.000 penonton. Dan pada Festival Crossborder pada 11 Juni 2016, penonton totalnya mencapai 30.000 orang,” kata Vinsen. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

PATA Indonesia Chapter Dukung Tour D’Keraton 2016

Tour D’ Keraton 2016 (Ist) Dalam rangka memeringati Hari Radio ke-71, LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Cirebon bekerja sama dengan Keraton Kasepuhan akan menggelar kegiatan Jalan Sehat Indonesia Nasional dan

Slideshow

Selamat Tahun Baru Imlek, Gong Xi Fa Cai

Imlek (Ist) Manajemen, redaksi, dan staf patainanews.com mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2567 Gong Xi Fa Cai Semoga Tahun Monyet Api membawa kedamaian, kebaikan, dan keberuntungan bagi kita semua, termasuk

Nature

Valentine di Sky Lounge 15

Rayakan Valentine 2017 di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Februari selama ini identik dengan bulan romantis. Valentine tinggal hitungan hari! Bagi pasangan yang masih bingung mencari ide, romantic dinner di

SightSeeing

Berkah untuk Joglosemar Dilayani Kereta Wisata dengan Layanan VVIP

 President Director PT KA Pariwisara Totok Suryono (kedua dari kanan) didampingi direksi lainnya dalam press conference kereta wisata kelas Priority (Ist) Destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali baru, Joglosemar

Slideshow

Lidah Rendang, Nikmat Saat Ramadan

Ramadan memang bulan penuh berkah. Dan, bulan puasa memang mendatangkan rezeki bagi masyarakat penyuka kuliner lantaran hadir varian kuliner baru yang mengundang selera selama Ramadan. Dan, Chef Chrysansia Chitra pun

Airlines

Menteri Pariwisata Bahas Super Yacht

Berita Foto: Menteri Pariwisata Arief Yahya mengadakan pertemuan dengan Andy Treadwell di Ruang Rapat Menteri Gedung Sapta Pesona lt.16 Jakarta, pada Rabu (10/5/2017). Pertemmuan ini membahas mengenai Super Yacht. Informasi