Festival Crossborder Jaring Turis Timor Leste

crossborder

Festival Crossborder di Atambua (Ist)

Indonesia menggelar Festival Crossborder di Atambua untuk menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) asal Timor Leste sekaligus meningkatkan aktivitas industri pariwisata di kawasan perbatasan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, festival crossborder merupakan salah satu strategi Kementerian Pariwisata dalam menarik kunjungan wisman dari negara tetangga ke Indonesia terutama di wilayah perbatasan.

“Oleh karena itu kami menggelar Festival Crossborder di Atambua sepanjang Mei hingga Desember tahun 2016,” ujar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Minggu (21/8/2016).

Rangkaian festival Atambua ini sukses dilaksanakan pada 20 Agustus 2016 di Atambua, Kabupaten Belu. “Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia sekaligus mengajak masyarakat Timor Leste untuk berkunjung ke Indonesia melalui jalur perbatasan,” kata Arief Yahya.

Menteri Arief Yahya mengatakan, untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan pada 2019 mendatang, banyak strategi yang harus dilakukan Indonesia salah satunya adalah mengembangkan wisata perbatasan.

Menurutnya, salah satu keuntungan yang dapat diperoleh dari kegiatan wisata crossborder, yakni karena terdapat hubungan emosional yang kuat antara masyarakat dengan wisatawan.

“Ini karena biasanya terdapat akar budaya yang masih serumpun bahkan sampai pada hubungan kekerabatan antara wisatawan dengan masyarakat setempat,” katanya.

Atambua, misalnya, adalah salah satu daerah perbatasan yang sangat potensial untuk menarik wisatawan dari Timor Leste. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana mengatakan, Festival Crossborder Atambua 2016 akan dilaksanakan di tiga daerah perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste, yakni di Kabupaten Belu (Atambua), Kabupaten Malaka (Betun), dan Kabupaten Timor Tengah Utara (Kefamenanu-Tanjung Bastian).

Di daerah tersebut terletak tiga pintu perbatasan yang menghubungkan antara Indonesia dengan Timor Leste. “Kegiatan Festival Crossborder di Atambua ini berbentuk konser musik yang menampilkan tim kesenian dari Indonesia berkolaborasi dengan tim kesenian dari Timor Leste,” ujar I Gde Pitana penuh semangat.

Ada pula artis Ibukota yang juga menjadi bintang tamu pada kegiatan ini, yaitu Roy Jeconiah dan John Paul Ivan (eks Boomerang).

Beberapa acara yang ditampilkan adalah tarian, musik tradisional, serta konser grup band dan artis dari kedua negara. Pitana mengatakan kegiatan ini juga telah melibatkan dan mengundang pemerintah dari kedua negara.

Sebelumnya pada 30 Juli lalu juga telah dilaksanakan Festival Crossborder di Dili, Timor Leste, yang juga memiliki konsep konser musik dan bazaar yang dimeriahkan oleh kedua negara.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Vinsensius Jemadu mengatakan, penyelenggaraan festival crossborder terbukti meningkatkan kunjungan wisman khususnya melalui perbatasan Mota’ain ke Indonesia.

“Pada festival musik Atambua pada awal tahun ini saja dihadiri 3.000 penonton. Dan pada Festival Crossborder pada 11 Juni 2016, penonton totalnya mencapai 30.000 orang,” kata Vinsen. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Juni, Nikmati Special Rate Helicity

9 Helicity (Ist) Rute Jakarta-Bandung menjadi salah satu penerbangan Helicity yang paling ramai dan diminati. Karena diminati, maka Helicity terus berupaya meningkatkan layanan untuk memenuhi harapan dari sejumlah pihak terutama

Destinations

2016, Pemerintah Promosikan Tanjung Lesung

Founder PT Jababeka Tbk SD Darmono (kedua dari kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (keempat dari kiri) (Ist) Pemerintah akan menyiapkan 10 destinasi wisata baru untuk menambah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)

Airlines

Potensi Wisata Religi di Maumere

Patung Kristus Raja di Maumere (Ist) Maumere yang terletak di Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur rupanya banyak potensi wisata. Tak hanya Taman Laut di Teluk Maumere yang terkenal dengan keindahannya,

Cuisine

2018, Devisa Pariwisata Lampaui Target

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2018 diproyeksikan sekitar 16,2 juta wisman atau sekitar 95% dari target yang ditetapkan

Slideshow

Pantai Angsana, Destinasi Wisata Favorit di Kalsel

Wisatawan bisa snorkeling di Karang Anjir (Ist) Pantai Angsana di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) disebut sebagai destinasi wisata favorit di Kalsel. Bahkan, Pantai Angsana juga dinilai sebagai destinasi wisata

Tourism

Ingin Tahu Perkembangan Pariwisata Indonesia, Ikut PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 semakin dekat. Event pariwisata internasional ke-39 pada tahun ini akan digelar di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City,