Festival Danau Sentani masih Murni

WhatsApp Image 2017-06-13 at 10.08.13

Suasana press conference FDS 2017 (Ist)

Festival Danau Sentani selama ini banyak diminati wisatawan mancanegara, seperti turis dari Australia, dan Belanda.

Demikian penjelasan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jayapura Chris KOres Tokoro menjawab patainanews.com dalam press conference di Jakarta, Selasa (14/6/2017). “Wisatawan mancanegara asal Australia, Belanda, Filipina dan dari negara lainnya selama ini menyukai adanya penyelenggaraan Festival Danau Sentani,” urainya.

Chris menjelaskan, warga negeri jiran, Malaysia menyatakan Festival Danau Sentasi masih murni ketimbang festival yang digelar di sejumlah negara di kawasan Asia. Festival Danau Sentani (FDS) 2017 kembali digelar di kawasan wisata Khalkhote, Sentani Timur, Papua pada 19 hingga 23 Juni mendatang.

Penyelenggaraan festival budaya yang memasuki tahun ke-10 ini dalam rangka melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) ke Sentani dan Papua.

FDS 2017 sebagai festival tahunan yang masuk dalam calender of event pariwisata nasional ini akan dimeriahkan dengan tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua sebagai bagian dari nilai- seni budaya dan kreativitas masyarakat yang ada di sekitar Danau Sentani yang terus dikembangkan.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara yang diwakili oleh Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Raseno Arya mengatakan, penyelenggaraan festival budaya FDS ini mempunyai peran penting sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan nilai seni budaya dan kreativitas masyarakat yang ada di sekitar Danau Sentani melalui kegiatan pariwisata.

“Pariwisata memberikan dampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat. Kegiatan FDS 2017 diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Raseno Arya. Ia mengatakan, kegiatan FDS 2017 untuk memperkuat daya saing pariwisata melalui unsur 3A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas) utamanya pada unsur event yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi Danau Sentani yang tahun 2015 lalu dikunjungi sebanyak 45.000 wisatawan.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jayapura Chris KOres Tokoro mengutarakan, aksesibilitas ke Danau Sentani relatif mudah karena didukung dengan fasilitas Bandara Internasional Sentani yang dapat didarati pesawat berbadan lebar.

“Untuk amenitas, Sentani memiliki akomodasi 27 hotel bintang dengan 1.851 kamar dan 151 hotel non-bintang sebanyak 3.371 kamar semua siap menerima kunjungan wisatawan,” kata Chris Kores Tokoro dalam siaran pers yang diterima topik.id, Selasa (13/6/2017).

Chris Kores Tokoro mengatakan, penyelenggaraan FDS 2017 kali ini mengusung tema ‘Satu Dalam Keanekaragaman Meraih Kejayaan (One in Diversity Achieve Greatness)’. Tema ini untuk menghilangkan perbedaan antar suku dan menjadikan masyarakat yang sejahtera.

Pesan dari tema tersebut mengandung arti, hakekat masyarakat yang berbudaya adalah hakekat yang semakin mensejahterakan hidup itu sendiri. Mengembangkan dan melestarikan budaya berarti pula mengembangkan kesejahteraan.

Event FDS 2017 dimeriahkan dengan berbagai acara antara lain pawai budaya, lomba kesenian, promosi daya tarik wisata dan promosi penyelenggaraan PON XX Papua, dan tur wisata Danau Sentani untuk melihat obyek wisata budaya, alam dan buatan yang ada di sekitar tepian danau. Kegiatan tur ini paling banyak diminati wisatawan. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Media Asing Ceritakan Obama Mudik di Indonesia

Barack Obama (kiri) dan Presiden Jokowi (Ist) Kunjungan Barack Obama ke Indonesia tak luput dari perhatian media massa asing. Perhatian mediia asing menambah lengkap informasi mengenai negeri ini sehingga bisa

Slideshow

Semarang yang Kaya Kuliner Khas

Suasana launching Semarang Great Sale 2017 di Jakarta (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap Semarang Great Sale 2017 bisa menjadi agenda pariwisata berskala internasional. Harapan tersebut didukung besarnya potensi wisata

Slideshow

patainanews.com Jadi Media Partner Diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017

Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017 (Ist) patainanews.com akan menjadi media partner dalam diskusi ‘Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017’ yang akan menghadirkan sejumlah

Hotel

Olahraga Sambil Wisata di Bangka

Gubernur Babel Rustam Effendi dan Bupati Bangka Tarmizi Saat berpose bersama peserta Sungailiat Triathlon 2016 (Ist) Olahraga dan wisata kini menjadi tren dalam pariwisata Indonesia. Tak bisa dipungkiri, olahraga bisa

SightSeeing

Indonesia Berjaya di The 12th UNWTO Awards

The 12th United Nations – World Tourism Organization (UNWTO) Awards,  Rabu (20/1/2016) di Madrid, Spanyol saat Gala Ceremony The 12th UNWTO Awards mengumumkan: 1. The winner of the UNWTO Award

Tourism

Jangan Ragu Bawa Oleh-Oleh dari Destinasi Wisata Indonesia

Ilustrasi kaos Lombok (Ist) Sudah sejak lama seolah menjadi tradisi di negeri ini untuk membawa oleh-oleh ketika pulang dari luar kota. Namun, beberapa waktu lalu, sempat ramai di jejaring media