Festival Pesona Edelweis Daya Tarik Wisatawan ke Karangasem

Festival Pesona Edelweis (Ist)

Keindahan bunga edelweis atau yang disebut kasna oleh masyarakat Besakih, Karangasem, Bali, yang tampil dalam Festival Pesona Edelweis dijadikan daya tarik untuk memulihkan kepercayaan wisatawan mancanegara pasca-erupsi Gunung Agung beberapa waktu silam.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Prof Dr I Gde Pitana, Sabtu (26/10/2019) menjelaskan, Festival Pesona Edelweis event ini merupakan salah satu rangkaian Program Bali Recovery 2019. “Event ini sebagai salah satu komitmen pemerintah pusat untuk mengembalikan kepercayaan wisman untuk ke Bali khususnya Karangasem,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Ia juga menjelaskan, bunga edelweis dibudidayakan di lahan yang dikelola masyarakat seluas 32 are bekerja sama dengan pengelola Kawasan Hutan Jati Agung. Inovasi ini untuk membangkitkan perekonomian desa sehingga bunga kasna yang ada saat ini ada sejak turun–temurun.

Masyarakat setempat membudidayakan kasna untuk upacara setiap Galungan dan Kuningan sebagai sarana palawa di Bali.

“Apresiasi yang sangat tinggi kepada masyarakat. Saya selalu ingatkan, apapun bisa dijadikan daya tarik wisata, asalkan kita kreatif dan berani mempromosikannya keluar. Dan ini anugerah dari Tuhan, masyarakat harus memanfaatkannya,” kata Pitana.

I Gede Pitana juga menerangkan, pasar pariwisata di tingkat Internasional terus tumbuh, berkembang, dan tidak pernah turun. Wisatawan internasional tercatat jumlah pergerakannya mencapai 1,2 miliar jiwa pada 2018.

“Indonesia sendiri memperoleh 17 juta wisman pada 2018. Kita harus menarik wisatawan lebih banyak lagi ke Tanah Air. Untuk wisatawan nusantara sendiri tercatat, 278 juta orang selama setahun. Itu berarti setiap tahun wisatawan berpergian lebih dari dua kali selama satu tahun,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, Festival Pesona Edelweis merupakan Festival yang diselenggarakan guna mengembangkan potensi wisata buatan yang terdapat di kabupaten Karangasem. Tema Festival Pesona Edelweis 2019 adalah harmoni bunga keabadian.

“Dimana artinya edelweis menonjolkan hamparan bunga kasna yang berwarna putih bersih tidak terlihat layu, seperti semangat pemuda di desa besakih pantang menyerah selain itu juga warna putih bersih memberikan kesan kedamaian bagi para pengunjung yang sedang menikmati keindahan bunga kasna atau edelweis,’ ujar Bupati Karangasem.

I Gusti Ayu Mas Sumatri juga menjelaskan sejarah keberadaan bunga kasna yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sarana upacara. Namun seiring dengan berkembangnya sosial media, banyak wisatawan nusantara yang mengabadikan momen dengan menjadikan bunga kasna sebagai salah satu latar dari pengambilan foto.

“Kita dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung, dengan memberikan informasi terkait dengan apa itu bunga kasna, bagaimana cara membudidayakannya, dan apa saja kegunaannya,” ujarnya.

Nantinya wisatawan yang berkunjung tidak hanya memanfaatkan bunga kasna sebagai latar foto yang mereka upload di media sosial, namun juga dapat mengetahui secara keseluruhan dari kasna atau edelweis itu sendiri.

Festival Pesona Edelweis juga diisi berbagai kegiatan seperti pameran potensi ekonomi kreatif Kabupaten Karangasem, One Day Tour Pesona Edelweis oleh 35 Travel Agent, Edukasi budi daya bunga edelweis bagi siswa SD/SMP, adapula aneka perlombaan, pertunjukan musik, tarian, serta seminar. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Tapis Lampung yang Menarik Minat Wisatawan

Kain Tapis khas Lampung yang dibuat masyarakat yang tergabung dalam PKBM Mutiara di Bandar Lampung (Ist) Kain khas tradisional asal Lampung, Tapis menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari budaya

World Heritage

Lindy Ann Siap Tampilkan The Golden Route di JFW 2015

Lindy Ann (tengah) diapit dua model Sebagai upaya ikut melestarikan wastra Indonesia, khususnya batik, Lindy Ann Umarhadi yang dikenal sebagai perancang busana etnik di Tanah Air tengah menyiapkan koleksi yang

Culture

Rusmiati Siap Pimpin ASITA

DR Nunung Rusmiati, M.Si (Ist) DR Nunung Rusmiati, M.Si memastikan maju menjadi calon Ketua Umum DPP ASITA periode 2019-2024. Pilih DR Nunung Rusmiati, M.Si untuk ASITA 1 (Ist) Perempuan yang

Tourism

AJTM 2019 Mengupayakan Wisatawan Mancanegara Traveling ke Indonesia

Welcome dinner AJTM 2019 ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) 2019 berupaya mendatangkan wisatawan mancanegara ke Indonesia lantaran ada peserta yang berasal dari luar negeri, seperti dari negeri jiran,Malaysia dan Singapura.

Destinations

Sambil Sarapan Menikmati View Laut di Tanjung Lesung

Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung (Ist) Kawasan Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten memang tak salah disebut sebagai destinasi wisata bahari andalan Indonesia. Ya, wisatawan dimanjakan dengan keindahan alam, utamanya wisata

Culture

Medan Semakin Dekat dari Singapura

Pembukaan penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Singapura-Medan di Bandara Kualanamu, Selasa (14/6/2016) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya melepas penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Bandara Changi Singapura ke Bandara Kualanamu, Medan.