Festival Pesona Palu Nomoni 2016 Digelar 24-26 September

launching palu

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluncurkan Festival Pesona Palu Nomoni (Ist)

Gong peluncuran Festival Pesona Palu Nomoni 2016 akhirnya ditabuh. Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Wali Kota Palu Hidayat, Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said, serta Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto di Jakarta, Senin (20/6/2016) meluncurkan perhelatan yang rencananya dilaksanakan 24 hingga 26 September mendatang.

”Jelas tujuan dari acara ini untuk mempromosikan Kota Palu sebagai destinasi unggulan di Sulawesi Tengah. Sekaligus sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan yang tahun ini menargetkan 500 ribu wisatawan nusantara dan 25 ribu wisatawan mancanegara di Palu,” ujar Wali Kota Palu Hidayat dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Menurut Hidayat, kegiatan ini sudah bertahun-tahun diselenggarakan di Palu. Hanya saja nama yang membuat festival tahun ini sedikit berbeda.

“Tahun lalu namanya masih Festival Teluk Palu. Lalu kenapa sekarang ada ‘Nomoni’, itu artinya adalah ‘berbunyi’. Jadi kalau diartikan, gemakan sedikit Palu maka ini akan berbunyi,” kata Hidayat.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi apresiasi pada penyelenggaraan acara tahunan tersebut sebagai ajang melestarikan potensi wisata dengan keanekaragaman budaya dan kultur adat-istiadat yang ada di Palu.

“Penyelenggaraan festival ini sebagai sarana untuk melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisatawan serta menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” katanya.

Festival ini akan menampilkan atraksi menarik antara lain seni budaya. Hidayat menjelaskan, kegiatan pertama sepanjang 7,2 km terdapat 520 titik pasang obor.

Kemudian ada suling dengan gendang yang akan berbunyi dan obor akan menyala serentak saat pembukaan festival. “Kegiatan kedua akan mengangkat ritual adat. Juga akan ada panggung budaya di sepanjang 7,2 km itu. Yang membuat unik lainnya adalah kendaraan yang akan mengangkut wisatawan selama festival adalah dokar,” kata Hidayat.

Festival yang telah diselenggarakan sejak tahun 2008 ini diharapkan dapat mencapai kunjungan wisatawan di tahun 2016. AY, sapaan Menteri Pariwisata sangat yakin festival ini akan menjadi cara jitu meningkatkan kunjungan wisman di Sulawesi Tengah.

Bahkan, AY sudah punya hitungan sendiri terkait perputaran uang yang akan dihasilkan dalam tiga hari pelaksanaan kegiatan tersebut. 

“Selama tiga hari festival akan terjadi perputaran uang sebesar Rp 248,4 miliar dari para wisatawan. Sebanyak 300 ribu wisnus yang datang akan mengeluarkan sekitar Rp 240 miliar, sedangkan wisman sebanyak Rp 8,4 miliar,” katanya

Berlangsungnya sejumlah festival pariwisata dan budaya di berbagai daerah, menurut Arief Yahya, adalah dalam rangka mewujudkan tercapainya target 12 juta wisman dan 260 juta wisnus tahun 2016.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, wisman yang datang hingga saat ini sudah mengalami peningkatan sebesar 7,51 persen.

“Pada Januari-April 2016 jumlah kunjungan wisman sebanyak 3.518.726, artinya tumbuh 7,51 persendibandingkan periode yang sama di tahun 2015 yang hanya berada di angka 3.272.845 wisman. Capaian di empat bulan pertama ini sesuai target yang kita tetapkan,” ungkap Arief Yahya.

Gubernur Longki Djanggola yang diwakili Wagub Sudarto dalam sambutan tertulisnya pada launching Festival Pesona Palu Nomoni 2016 ini mengaku telah memasang target tinggi dalam urusan kunjungan wisata tahun ini.

“Tahun ini kita menetapkan target tinggi, 500 ribu wisnus dan  25 ribu wisman,” ujar Longki. Sedangkan Deputi Bidang Pengembangan Pasar Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti juga menganggap event seperti ini memang menjadi sebuah cara jitu untuk bisa mengenalkan potensi yang dimiliki sebuah daerah.

Kemenpar sudah mempersiapkan banyak agenda maupun festival di sejumlah daerah. “Event atau festival yang berlangsung di setiap daerah berdampak sangat positif pada kunjungan wisatawan yang datang. Karena itu Kemenpar sudah menyiapkan banyak agenda event dan festival di sejumlah daerah,” jelas Esthy.

Festival Pesona Palu Nomoni 2016 merupakan ajang marathon yang akan melombakan 3 nomor. Yang pertama ada Full Marathon berjarak 42,195 km, Half Marathon 21,1 km, serta kelas 10 km dan 5 km. Total hadiah sendiri mencapai Rp 400 juta.

Sementara Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Syamsuddin Said menyatakan komitmennya untuk mempromosikan destinasi pariwisata di daerahnya ke belahan dunia.

Pria yang akrab dipanggil Pasha menyebutkan, potensi wisata di daerahnya luar biasa. Menurut Pasha, gunung, lembah, pantai dan laut, serta sungai semuanya menyuguhkan sensasi yang berbeda-beda.

Pasha menyampaikan hal itu usai meluncurkan Festival Pesona Palu Nomoni 2016. ”Apabila semua dimensi ini dikelola dengan baik, maka hasilnya akan luar biasa, karena masih asli dan bagai surga di khatulistiwa,” ujarnya.

Pasha mengatakan festival tersebut merupakan salah satu cara yang dilakukan pemerintah Palu untuk menarik wisata. ”Pada kegiatan ini kalau ada orang yang bisa mengelilingi Teluk Palu sepanjang 41 kilometer sudah hebat dan rekor itu,” kata Pasha. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Airlines

Bali yang tak Pernah Membosankan

Kearifan lokal di Bali jadi daya tarik wisatawan (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu meyakini culture Pulau Dewata, Bali selalu menjadi magnet yang sulit ditandingi oleh destinasi manapun di muka

SightSeeing

Mengembangkan Destinasi Wisata Bahari Indonesia, Mengembalikan Kejayaan Bangsa Maritim

Turis asing di Pelabuhan Lembar, Lombok (Ist) Negeri ini sudah lama dikenal sebagai bangsa maritim yang besar. Tak heran jika kemudian tercipta lagu legendaris berjudul ‘Nenek Moyangku Seorang Pelaut’ sehingga

Airlines

Mata Dunia Melihat Indonesia, GMT 2016 Istimewa

Ilustrasi Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 (Ist) Fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 esok, 9 Maret akan terasa istimewa di Indonesia lantaran bersamaan dengan perayaan Nyepi Tahun Saka 1938.

World Heritage

Kemenpar Gandeng Basarnas untuk Search and Rescue Wisatawan

Penandatanganan MoU Kemenpar dan Basarnas di Gedung Badan SAR Nasional (Ist) Preventif itu penting, tindakan rescue atau kuratif juga tidak kalah penting. Kemenpar menyadari, semakin banyak wisatawan baik mancanegara maupun

Slideshow

Dukung Pariwisata, Kemenhub Beri Keringanan Tarif Jasa Kepelabuhanan untuk Kapal Wisata

Ilustrasi kapal cruise (Ist) Sebagai upaya mendukung pertumbuhan pariwisata nasional, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut memberikan keringanan tarif jasa kepelabuhanan untuk kapal yacht, super yacht, dan kapal cruise. Direktur

Destinations

Wisata Ziarah untuk Kenyamanan Spiritual Wisatawan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyatakan bertekad sekaligus meminta keterlibatan seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan dan memperbaiki tata kelola destinasi wisata ziarah di Tanah Air.