Festival Tanjung Lesung 2015

bagan race

Festival Tanjung Lesung 2015 (Ist)

Festival Tanjung Lesung 2015 yang digelar pada 30-31 Oktober 2015 menampilkan perlombaan baru di dunia. Adalah ‘Bagan Race’ atau balap perahu yang akan menyusuri pantai di Kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (30/10/2015), Bagan Race menggunakan sarana perahu nelayan yang di atasnya terdapat kerangka bagan yang dapat ditumpangi sebanyak 20 orang penumpang.

Adapun panitia Festival Tanjung Lesung 2015 menyiapkan sebanyak sepuluh unit perahu bagan untuk dilombakan. “Para peserta lomba ‘Bagan Race’ adalah stakeholder kepariwisataan, termasuk masyarakat setempat,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, M Ali Fadilah.

Ali mengatakan, pelepasan Start ‘Bagan Race’ dilakukan langsung Gubernur Banten Rano Karno. “Inilah yang menjadi salah satu daya tarik dalam Festival Tanjung Lesung 2015. Sebab perlombaan perahu bagan seperti ini belum pernah dilakukan, dan dapat dikatakan sebagai yang pertama di dunia,” tutur Ali seraya menginginkan Perahu Bagan bisa menjadi warisan budaya Provinsi Banten.

Start ‘Bagan Race’ dilakukan Sabtu (31/10/2015) pukul 9.00 WIB di Pantai Kerang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang dan finish di Beach Club, pantai yang berada di dalam kawasan Tanjung Lesung.

Ada tiga kategori yang diperlombakan, yaitu pemenang yang tercepat, kemudian pemenang yang paling indah mendekorasi atau menghias bagan, dan terakhir pemenang yang berhasil membawa ikan sebanyak-banyaknya ketika sampai di garis finish.

Project Officer Event Festival Tanjung Lesung Rapih Herdiansyah mengungkapkan, dalam Festival Tanjung Lesung 2015, selain eksebisi utama ‘Bagan Race’, ada juga beberapa kegiatan lain yang disajikan untuk menarik wisatawan.

“Ada Bioskop Rakyat yang memutarkan film ‘Jawara Kidul’ dan ‘Perempuan Lesung’ hasil kreasi para sineas muda Banten yang tergabung dalam Kremov Pictures,” kata Rapih.

Selain itu, lanjut Rapih, kemeriahan festival berlanjut di kawasan pantai Beach Club, yaitu perform Momonon Band, Etana Band, Roompet Hijau Band dan Abandon all the Suffer.

Kemudian ditambah penampilan Orkestra Angklung Symphonie dan Disk Jockey. Ada juga kegiatan penanaman terumbu karang di Pulau Liwungan, yang dipimpin Gubernur Banten Rano Karno.

“Festival Tanjung Lesung 2015 ini akan melibatkan sebanyak 20.000 masyarakat, baik dari Kabupaten Pandeglang maupun dari kabupaten/kota di Banten,” kata Rapih.

Ia juga mengungkapkan, dalam acara ini digelar Forum Bisnis yang diikuti para pelaku pariwisata dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk wisatawan dari negara tetangga, Malaysia dan Singapura yang merupakan mitra Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (Asppi).

Festival Tanjung Lesung 2015 ini juga dihadiri Komunitas Jeep Rubicon Banten dan Komunitas Backpacker Indonesia dan Komunitas Gerakan #SayangBanten. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Destinations

2016 Traveling Keliling Indonesia

Diving, wisata bahari di Tanjung Lesung (Ist) Kendati krisis global, ancaman terorisme, dan masih timbul segudang pertanyaan mengenai keselamatan penerbangan menjadi pertimbangan banyak orang untuk tidak bepergian jauh lagi. Banyak

Tourism

Sriwijaya Ekspansi ke Timur

Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air (Ist) Mengawali ekspansi bisnis di tahun 2016, Sriwijaya Air Group (Sriwijaya Air dan NAM Air) membuka dua rute baru sebagai upaya memperluas konektivitas antarkota di Indonesia

Heritage

Indonesian Contemporary Art & Design

ICAD 2015 di grandkemang Hotel (Ist) Perhelatan kolaborasi desain dan seni kontemporer terbesar, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD), kembali hadir mulai 28 Oktober hingga 30 November 2015. Sejak awal,

Airlines

Upaya Pariwisata Indonesia Mengejar Target 20 Juta Wisatawan Mancanegara

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Bulan lalu, pariwisata Indonesia yang diwakili Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Hotel Sofyan mendapat kabar bagus lantaran negeri ini berjaya dengan menyabet tiga gelar dalam

SightSeeing

Menariknya Candi Sukuh untuk Wisatawan

Indonesia selama ini dikenal memiliki kebudayaan dan peninggalan seni budaya yang beragam. Mulai dari seni bangunan, kriya, bahasa, norma kehidupan sosial, adat istiadat dan beragam seni budaya yang tak terhitung

Nature

Wisata Bahari Nusantara Diminati Wisman

Presiden Jokowi menargetkan bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Dan, wisata bahari menjadi andalan untuk bisa mewujudkan target tersebut sehingga wisata bahari pun semakin