Festival Tanjung Lesung 2015

bagan race

Festival Tanjung Lesung 2015 (Ist)

Festival Tanjung Lesung 2015 yang digelar pada 30-31 Oktober 2015 menampilkan perlombaan baru di dunia. Adalah ‘Bagan Race’ atau balap perahu yang akan menyusuri pantai di Kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (30/10/2015), Bagan Race menggunakan sarana perahu nelayan yang di atasnya terdapat kerangka bagan yang dapat ditumpangi sebanyak 20 orang penumpang.

Adapun panitia Festival Tanjung Lesung 2015 menyiapkan sebanyak sepuluh unit perahu bagan untuk dilombakan. “Para peserta lomba ‘Bagan Race’ adalah stakeholder kepariwisataan, termasuk masyarakat setempat,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, M Ali Fadilah.

Ali mengatakan, pelepasan Start ‘Bagan Race’ dilakukan langsung Gubernur Banten Rano Karno. “Inilah yang menjadi salah satu daya tarik dalam Festival Tanjung Lesung 2015. Sebab perlombaan perahu bagan seperti ini belum pernah dilakukan, dan dapat dikatakan sebagai yang pertama di dunia,” tutur Ali seraya menginginkan Perahu Bagan bisa menjadi warisan budaya Provinsi Banten.

Start ‘Bagan Race’ dilakukan Sabtu (31/10/2015) pukul 9.00 WIB di Pantai Kerang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang dan finish di Beach Club, pantai yang berada di dalam kawasan Tanjung Lesung.

Ada tiga kategori yang diperlombakan, yaitu pemenang yang tercepat, kemudian pemenang yang paling indah mendekorasi atau menghias bagan, dan terakhir pemenang yang berhasil membawa ikan sebanyak-banyaknya ketika sampai di garis finish.

Project Officer Event Festival Tanjung Lesung Rapih Herdiansyah mengungkapkan, dalam Festival Tanjung Lesung 2015, selain eksebisi utama ‘Bagan Race’, ada juga beberapa kegiatan lain yang disajikan untuk menarik wisatawan.

“Ada Bioskop Rakyat yang memutarkan film ‘Jawara Kidul’ dan ‘Perempuan Lesung’ hasil kreasi para sineas muda Banten yang tergabung dalam Kremov Pictures,” kata Rapih.

Selain itu, lanjut Rapih, kemeriahan festival berlanjut di kawasan pantai Beach Club, yaitu perform Momonon Band, Etana Band, Roompet Hijau Band dan Abandon all the Suffer.

Kemudian ditambah penampilan Orkestra Angklung Symphonie dan Disk Jockey. Ada juga kegiatan penanaman terumbu karang di Pulau Liwungan, yang dipimpin Gubernur Banten Rano Karno.

“Festival Tanjung Lesung 2015 ini akan melibatkan sebanyak 20.000 masyarakat, baik dari Kabupaten Pandeglang maupun dari kabupaten/kota di Banten,” kata Rapih.

Ia juga mengungkapkan, dalam acara ini digelar Forum Bisnis yang diikuti para pelaku pariwisata dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk wisatawan dari negara tetangga, Malaysia dan Singapura yang merupakan mitra Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (Asppi).

Festival Tanjung Lesung 2015 ini juga dihadiri Komunitas Jeep Rubicon Banten dan Komunitas Backpacker Indonesia dan Komunitas Gerakan #SayangBanten. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

All About Indonesia

#kitaIndonesia, Festival Anak Muda untuk Indonesia Lebih Baik

#kitaIndonesia (Ist) Perubahan nyata harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat sehingga semua akan turut serta berpartisipasi di dalam tahap awal dari titik perubahan menuju bangsa yang lebih baik. Anak muda sebagai

Tour Package

Wonderful Indonesia Rebut 2 Awards di Johannesburg

2 penghargaan untuk Wonderful Indonesia (Ist) Wonderful Indonesia rupanya tak hanya moncer di kawasan Asia Pasik dan Asia Tenggara saja. Di Afrika, kepak sayap national brand pariwsata Indonesia ini juga

Hotel

STP Bandung Promosikan True Sight of Indonesia

True Sight of Indonesia (Ist) Mahasiswa program studi Manajemen Bisnis Perjalanan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung kembali menggelar TravelMart 2017 yang ke-20 di Dome STP NHI Bandung di Jalan Dr Setiabudhi

Festival

Wapres JK akan Kunjungi Toraja

Tongkonan, Rumah Adat Toraja (Ist) Keunikan tradisi dan budaya khas Toraja menarik perhatian Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pria yang lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942 silam

SightSeeing

‘Erupsi Gunung Agung, Wisatawan Mancanegara Tak Perlu Risau Masih Banyak Destinasi Wisata di Indonesia’

Gunung Agung di Bali (Ist) Erupsi Gunung Agung di Bali memang membuat pariwisata Bali terdampak sebab sudah ada sejumlah pembatalan rencana traveling wisatawan, termasuk turis asing ke Pulau Dewata. Namun,

Hotel

PATA Indonesia Chapter Dukung ASITA Jakarta Sosialisasi Pajak

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo memberikan sambutan (Ist) PATA Indonesia Chapter mendukung DPD ASITA DKI Jakarta mengadakan sosialisasi pajak bagi anggota ASITA Jakarta. President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo