Festival Tanjung Lesung 2019 Ada Rhino Cross Triathlon

Press conference Festival Tanjung Lesung 2019

Kementerian Pariwisata bersama Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan PT Banten West Java sebagai pengelola KEK Pariwisata Tanjung Lesung akan kembali menggelar Festival Tanjung Lesung yang salah satu kegiatannya yaitu Rhino Cross Triathlon.

Adapun Festival Tanjung Lesung digelar pada 27 hingga 29 September mendatang. Ini menjadi ketiga kali Rhino Cross Triathlon digelar. Untuk perhelatan olahraga yang menggabungkan lari, sepeda dan renang ini, ada misi besar yang diusung karena penyelenggara ingin memulihkan kembali kondisi pariwisata di Tanjung Lesung dan Banten secara umum.

Seperti diketahui, daerah wisata ini dan beberapa area sekitar Cilegon dan Pandeglang terkena gempa dan Tsunami pada Desember 2018 lalu. Ini membuat pariwisata di wilayah ini menurun tapi penyelenggara meyakinkan kalau Tanjung Lesung sudah aman untuk dikunjungi.

Pemerintah Provinsi Banten pun sudah menyerukan kampanye #AyokeBanten dan #SelatSundaAman sebagai upaya pemulihan pariwisata Pandeglang dan Provinsi Banten secara umum. Rhino Cross Triathlon juga beerdekatan dengan perayaan World Rhino Day yang jatuh pada 22 September 2019.

“Menpar pak Arief sudah mengupayakan pemulihan di wilayah ini tiga bulan pasca bencana. Kami juga meminta BMKG untuk menyampaikan informasi terkini agar memastikan lokasi sekitar event aman untuk dikunjungi,” ujar Kepala Dinas Pariwisatan Banten, Eneng Nurcahyati dalam press conference di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

“Dulu target kunjungan 30 ribu wisatawan. Karena bencana, maka target kami 10 ribu. Minimal 5 ribu orang datangi Festival Tanjung Lesung nanti,” ucapnya.

Sementara itu ute Rhino Cross Triathlon bakal lebih menantang. Menurut race director Taufik Hidayat, penyelenggara akan memberikan rute yang panjang tanpa looping buat peserta.

“Rute pastinya melewati destinasi wisata Tanjung Lesung. Nantinya agak keluar sedikit ke area kebon sawit. Peserta juga akan melewati perkampungan. Jangan takut capai karena semua akan terbayar dengan pemandangan indah,” ujar Taufik.

Hal ini dibenarkan oleh Managing Director PT Banten West Java yang juga Chief Committee Rhino Cross Triathlon, Rully Lasahido. Persiapan untuk kembali menggelar event ini sudah disiapkan sejak Maret.

“Tahun ini rute lebih panjang karena para peserta juga banyak yang meminta demikian. Sejak Maret, kami sudah mendapatkan kepastian untuk menggelar event ini pasca bencana di Tanjung Lesung,” katanya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Tanjung Lesung di Festival Indonesia Festival 2018

Berita Foto: Tanjung Lesung, destinasi wisata yang ada di Pandeglang, Banten ikut promosi dalam Festival Indonesia 2018 di Kementerian Pariwisata, Rabu (31/1/2018). Tanjung Lesung hadir di booth Provinsi Banten. Event

World Heritage

Presiden Jokowi ke Sukabumi Menggunakan Kereta Wisata Bali

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Ist) Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan berangkat dari Jakarta ke Sukabumi, Jawa Barat menggunakan kereta wisata Bali

Destinations

Mengembangkan Potensi Wisata Bahari di Merauke

Pantai Wendu (youtube) Sudah sejak lama Merauke yang terletak di Bumi Cendrawasih dikenal orang hingga ke mancanegara dengan budaya milik Suku Asmat. Namun, ketika terjadi pemekaran di tanah Papua, Kabupaten

Nature

Tanjung Lesung yang Memikat Cocok untuk Long Weekend

Tahun 2011, PT Banten West Java Tourism Development Corporation (BWJ) pengelola Tanjung Lesung resmi diakuisisi oleh PT Jababeka Tbk, sebagai bagian dari strategi jangka panjang Jababeka untuk membangun 100 kota

Airlines

Berkunjung ke Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta

Gua Maria Sendangsono (Ist) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama ini identik sebagai destinasi wisata utama wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara. Menariknya DIY juga memiliki destinasi wisata religi yang menjadi favorit

Tour Package

Peluncuran CoE Jawa Timur Promosikan 367 Event

Launching Calendar of Event 2019 Jawa Timur (Ist) Pemerintah provinsi Jawa Timur menggelar launching Calendar of Event 2019. Ada sebanyak 367 event budaya dan pariwisata yang diselenggarakan oleh 38 Kabupaten/Kota