FKN 2018 Perkuat Komitmen Kabupaten Sumenep Sebagai Kota Pariwisata

FKN 2018 (Ist)

Sebagai upaya dan membangun komitmen Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur untuk menjadikan pariwisata sebagai leading sector terus dikumandangkan.

Salah satunya dengan menggelar berbagai event sebagai atraksinya. Abuya Busyro Karim, Bupati Sumenep saat meresmikan Festival Kuliner Nusantara (FKN) yang diselenggarakan pada 14 hingga 15 Juli 2018 di Sumenep, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sumenep berkomitmen untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor utama.

Adapun tahun ini Kabupaten Sumenep memiliki 39 event dengan sekala nasional dan internasional. Salah satu komitmen tersebut dengan menyelenggarakan event Festival Kuliner Nusantara 2018 di Kabupaten Sumenep. Event yang digelar baru kali pertama ini mampu menghadirkan beragam kuliner ikon Nusantara.

“Festival Kuliner Nusantara ini selain untuk memperkanalkan juga memperkuat Gastronomi khas Sumenep ke level nasional dan dunia pun untuk meningkatkan kesejahteraan para pedagang UMKM. Perlu diketahui, Sumenep memiliki kuliner khas diantaranya Soto Sabrang, Kaldu Kokot, Campor, Nasi Pocong, Bakdaba, Korket, Ote Ote dan lain sebagainya,” ujar Abuya Busyro dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (16/7/2018).

Abuya Busyro pun menambahkan, upaya memperkenalkan kuliner Sumenep ini pun pernah dilakukan sebelumnya di tahun 2014 silam melalui event Pesta Rakyat 10.000 piring Campor yang mendapat pengakuan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Perlu dicatat pula, kata Abuya, bahwa wisatawan menghabiskan 40 persen untuk dibelanjakan ke makanan demikian juga dengan restoran yang 50 persen pendapatannya dari wisatawan. “Dengan data tersebut artinta masyarkat Sumeneo harus memaksimalkan kuliner. Terlebih lagi tahun 2018 ini adalah tahun kunjungan wisata Sumenep atau Visit Sumenep 2018,” pungkas Bupati Sumenep.

Sementara Bambang Heriyanto, Ketua Penyelenggara Festival Kuliner Nusantara sekaligus Kepala Dinas Pertanian Pangan Tanaman Pangan mengatakan, Festival Kuliner Nusantara 2018 ini merupakan bagian dari kegiatan dalam mensukseskan Visist Sumenep 2018.

Event ini diikuti oleh 110 peserta kuliner dari Sumenep dan berbagai daerah Indonesia, dengan menyajikan menu kuliner khas Sumenep, Makassar, Padang, dan Timur Tengah. Menurut pantauan dilapangan, event ini dikunjungi lebih dari 1000 orang selama dua hari penyelenggaraan.

Pada penyelenggaraan yang pertama ini menyuguhkan beberapa kegiatan lain seperti demo dan lomba memasak dengan dewan juri Ririn Marinka dari Master Chef Indonesia, Lomba mewarnai, workshop kuliner, Famtrip dan city tour 200 travel agent, dan ditutup dengan nonton bareng final piala dunia 2018 bersama Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Aceh Menuju The World’s Best Halal Cultural Destination 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memompa semangat para ‘CEO (Chief Executive Officer)’, pengambil kebijakan di Nangroe Aceh Darussalam (NAD) di Hotel Hermes, Banda Aceh, Senin, 19

Cuisine

Destinasi Digital Untuk Jaring Wisatawan Milenial

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Garut (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak pemerintah daerah bersama-sama membangun destinasi digital untuk menjaring wisatawan milenial yang kini semakin mendominasi industri pariwisata. “Lebih

World Heritage

Pesona Wonderful Indonesia di Taiwan

Booth Wonderful Indonesia pada Diving and Resort Travel Expo (DRT) Taiwan 2016 di Taipei, Jumat (17/6/2016) (Ist) Bertempat di Taipei Flora Expo Dome, Taiwan, Jumat (17/6/2016), branding Wonderful Indonesia menggema

All About Indonesia

Prestasi Pemkab Samosir

Berita Foto: Bupati Samosir Rapidin Simbolon mewakilii Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara belum lama ini menerima penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara (APN) Perencanaan Pembangunan terbaik/Rencana Kerja Pembangunan daerah terbaik. 2017, terbaik

World Heritage

28 Oktober, Presiden Jokowi akan Resmikan Bandara Silangit

Presiden Jokowi dan rombongan (Ist) Presiden Jokowi sangat concern dengan akses ke destinasi wisata Danau Toba, satu dari 10 Bali Baru yang terus dipromosikan Menpar Arief Yahya di berbagai penjuru

Culture

Turis Perancis Suka Surfing Ombak Bono

Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman Turis dari Perancis rupanya juga suka surfing Ombak Bono di Sungai Kampar, Riau. Bahkan, turis dari Perancis menjadi orang yang pertama surfing di Bono