Garuda Indonesia Dukung Pengembangan Pariwisata Danau Toba

maskapai nasional

Garuda Indonesia (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya lagi-lagi menekankan 3A untuk membangun destinasi Dato alias Danau Toba. Tiga unsur yang tidak bisa ditunda-tunda dalam pengembangan destinasi itu adalah Atraksi, Akses dan Amenitas.

“Dato (Danau Toba) akan cepat berkembang jika aksesnya dikebut!” ungkap Arief Yahya di Balige, Toba Samosir, Jumat, 19 Agustus 2016. Mantan Dirut PT Telkom ini berterima kasih kepada Kemen PU PR, yang sudah melebarkan dan menghaluskan jalur dari Bandara Silangit – Balige – Parapat.

Sesuai janji Agustus 2016 saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 sudah beres. “Terima kasih Pak Bas (Basuki Hadimoeljono, Men PU PR),” ucapnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (19/8/2016).

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada PT Garuda Indonesia. KKPDT 2016 benar-benar berdampak di segala aspek, termasuk transportasi dan akses menuju salah satu destinasi unggulan Indonesia tersebut.

Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia menyatakan dukungannya untuk pengembangan Bandara Silangit, Tapanuli Utara (Taput) dengan membuka rute penerbangan Medan-Silangit-Medan setiap harinya.

“Garuda Indonesia sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara) sangat mendukung keberadaan Bandara Silangit untuk dikembangkan. Apalagi sudah diprogramkan Presiden RI bahwa Danau Toba merupakan salah satu dari 10 tujuan prioritas wisata di Indoensia. Mulai 18 Agustus 2016 setiap hari, pesawat Garuda Indonesia sudah ada rute Medan-Silangit-Medan. Sebelumnya sudah ada rute Jakarta-Silangit-Jakarta,” jelas Vice President PT Garuda Indonesia Region Sumatera Syamsudin JS, Kamis (18/8/2016) di Bandara Silangit pada penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Medan-Silangit-Medan.

Kedatangan Syamsudin JS disambut Bupati Taput diwakili Sekdakab Edward Tampubolon, Ketua DPRD Taput Ottoniyer MP Simanjuntak, Aisiten II Osmar Silalahi dan para kepala dinas. Pada kesempatan itu, kepada Syamsudin, disematkan cinderamata berupa Ulos Batak sebagai pertanda ucapan terimakasih masyarakat bonapasogit Tapanuli atas dibukanya rute penerbangan Garuda Indonesia Medan-Silangit-Medan setiap hari.

Menurut Syamsudin, pelanggan Garuda Indonesia wilayah Tapanuli sudah bisa langsung terbang ke Silangit dengan menghemat waktu yang cukup siginifikan. “Momen pengembangan wisata Danau Toba sangat tepat untuk dibukanya penerbangan Garuda Indonesia ke Silangit, khususnya buat pelanggan yang selama ini sudah mencintai penerbangan Garuda. Untuk itu, kami tetap siap memberikan pelayanan prima untuk semua lapisan masyarakat,” katanya.

Kepala Bandara Silangit Hotasi Manalu mengatakan, rute baru yang dibuka penerbangan Garuda Indonesia ini merupakan pengembangan sektor perekonomian masyarakat di wilayah Tapanuli. “Bandara Silangit akan terus berbenah sebagai bandara internasional. Pengembangan itu berkaitan dengan program pemerintah pusat terhadap wisata Danau Toba. Kami ucapkan selamat kepada penerbangan Garuda yang telah membuka rute Medan-Silangit-Medan setiap harinya,” ujar Hotasi.

Hal serupa disampaikan Ketua DPRD Taput. Dia menyambut baik kehadiran penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Silangit. Sementara Bupati Taput dalam sambutannya yang disampaikan Sekdakab Edward Tampubolon mengatakan, Pemkab Taput tetap komitmen mendukung pengembangan Bandara Silangit sehingga para penumpang nikmat menggunakan jasa penerbangan ke bonapasogit Tapanuli.

“Jasa penerbangan merupakan alternatif pilihan paling sesuai mempercepat waktu tempuh sampai di tempat tujuan. Terobosan maskapai penerbangan Garuda Indonesia tentunya berpedoman pada prinsip itu, yang sebelumnya Garuda telah membuka Jakarta-Silangit pulang pergi tiga kali seminggu (Selasa, Jumat dan Minggu). Selain itu, juga dibuka penerbangan extra flight. Pemkab Taput sangat berbahagia atas rute baru ini yang juga turut menyosialisasikannya kepada masyarakat. Dengan beroperasinya penerbangan domestik rute Silangit-Kualanamu pulang pergi, akan memperlancar aktivitas masyarakat dari segi sosial, ekonomi, budaya dan politik,” ujar bupati.

Dikatakan, kehadiran maskapai penerbangan Garuda ini menambah jumlah maskapai yang sudah ada dengan rute yang sama, yakni maskapai Susi air dan Wings Air sehingga masyarakat mempunyai alternatif pilihan. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Masa Depan Anak Generasi Milenial

Claudia Ingkiriwang tengah memberikan pemaparan Dunia kini berubah. Ya, tak bisa dipungkiri kemajuan zaman selaras dengan kecanggihan teknologi sehingga dunia pun menjadi modern. Dan, orang tua harus bisa memahami bahwa

Heritage

GSP Bukber di Hotel Horison NJ Semarang

Suasana Bukber GSP di Hotel Horison NJ Semaang (Ist) Dalam Ramadan 1438 H, Gerakan Semarang Peduli (GSP) mengadakan acara buka bersama yang bertempat di Point 8 Horison NJ Semarang pada

Nature

Indonesia Borong 4 Penghargaan di Pameran Bahari Adex 2019

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani (kedua dari kiri) (Ist) Indonesia berhasil memborong 4 penghargaan sekaligus, salah satunya adalah Adex Best Tourism Destination of The Year

World Heritage

Aceh Surfing Festival 2016 Digelar di Pantai Kuala Cut Lampuuk

Aksi surfer (Ist) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh kembali menggelar kegiatan sport tourism Aceh Surfing Festival 2016 yang digelar Sabtu dan Minggu, (10-11/12/2016) di Pantai Kuala Cut Lampuuk, Aceh Besar.

Tourism

Promosi Wisata RI Kalah dengan Negeri Jiran

Indonesia adalah negara yang indah, namun ternyata masih banyak wisatawan mancanegara (wisman) yang belum tahu. Dan, tak salah jika kunjungan wisman ke negeri ini masih harus diperbanyak sebab keindahan alam

Festival

Jelajah Festival Pesona Cirebon

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (berdiri paling kanan) hadir dalam pembukaan Festival Pesona Cirebon (Ist) Infrastruktur di Cirebon, Jawa Barat telah siap untuk mendukung wisata Cirebon sehingga akan bisa