Genting Dream Cruise Datang, Bintan Panen Wisman

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Bahari Indroyono Soesilo (kanan) (Ist)

Sekitar 2.000 wisatawan membanjiri Pulau Bintan, Sabtu (7/7/2018). Para wisatawan ini datang bersama kapal pesiar mewah Genting Dream Cruises. Seharian di Bintan, para wisatawan menikmati berbagai destinasi eksotis di Bintan.

Kehadiran Genting Dream Cruises membuat Pelabuhan Bandar Bentan Telani sibuk sejak pagi. Maklum, ini adalah kunjungan perdana Genting Dream. Sebanyak empat kapal ferry dengan kapasitas 240 orang terlihat hilir mudik. Mereka menjemput wisman Genting Dream Cruises yang lego jangkar di perairan internasional.

“Ini menjadi momentum besar bagi Bintan. Sebab kapal pesiar raksasa ini akhirnya datang ke Bintan. Mereka datang dengan membawa ribuan wisman. Kehadiran mereka semakin menghidupkan industri pariwisata Bintan,” ungkap Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Bahari Indroyono Soesilo didampingi mantan Kepala Staf Angkatan Laut RI Laksamana TNI (Purn) Marsetio dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Para tamu mancanegara ini disambut dengan Tari Sekapur Sirih. Lalu, dilakukan pemasangan Tanjak atau ikat kepala khas setempat. Selanjutnya, para turis mengantri untuk mengurus administrasi. Setelah itu, para wisman bergegas menuju bus-bus yang sudah disiapkan.

“Secara prinsip, teknisnya sudah bagus. Fasilitas pelabuhan ini luar biasa bagus dan nyaman. Sekarang fokus kami adalah bagaimana mendekatkan Dream Cruises ke darat. Harapannya, agar waktu kegiatan penjemputan ini di bawah 10 menit,” terang Indroyono lagi.

Genting Dream Cruises memang layak dimanjakan. Sebab kapal pesiar ini membawa total 4000 penumpang. Setengah diantaranya menjejakkan kaki di Pulau Bintan. Menurut President of Dream Cruises Thatcher Brown, mayoritas penumpang Genting Dream Cruises berasal dari berbagai negara Asia Tenggara.

Seperti Singapura dan Malaysia. Ada juga wisman dari Tiongkok, India, Australia, bahkan Eropa. “Bintan ini fantastis. Infrastrukturnya berstandar internasional. Tapi, kami baru bisa masuk Bintan saat ini. Sebab perencanaan untuk cruises ini lebih lambat. Ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Bintan sebenarnya sejak lama sudah masuk dalam prioritas kami,” terang Brown.

Genting Dream Cruises sebelumnya memiliki 10 rute reguler. Diantaranya Thailand, Surabaya, Bali (Celukan Bawang), Hong Kong, hingga Okinawa (Jepang). Dengan bergabungnya Bintan, kini rute pun bertambah menjadi 11 destinasi.

Brown menambahkan, kedatangan Genting Dream Cruises membuka peluang bagi hadirnya kapal pesiar lain di Bintan. “Potensi yang dimiliki Bintan ini besar. Bintan ke depannya akan menjadi destinasi utama kapal pesiar. Dream Cruises ini memang yang pertama, tapi setelah ini pasti akan datang lebih banyak lagi. Entah itu kapal dari Genting Group atau yang lainnya,” lanjutnya.

Sedangkan Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira menjelaskan, pihaknya sudah siap menyambut kehadiran para wisatawan asal Genting Dream Cruises. “Transportasi di sini sangat bagus. Semua dilayani dengan nyaman. Selama di Bintan, mereka diajak mengunjungi beberapa destinasi. Kami sejak awal sudah menawarkan beberapa destinasi pada mereka,” jelas Luki.

Selama di Bintan para wisatawan dimanjakan dengan 30 unit bus. Masing-masing bus berkapasitas 25 penumpang. Bus ini dilayani oleh Bintan Resorts Tour, Trikora Tour, juga Tanjungpinang City Tour. Ada juga Private Tour yang mengoperasikan 18 kendaraan dengan kapasitas berbeda mulai 7-13 penumpang.

Berdasarkan zona, ada dua paket destinasi yang disiapkan bagi penumpang Dream Cruises. Dalam area Bintan Resorts, destinasinya terdiri dari Lagoi Bay, Safari Lagoi, Mangrove, BBT hingga Treasure Bay Bintan. Kawasan luar resorts terdiri dari Tanjung Uban, Gunung Bintan, Trikora, Tanjungpinang, Senggarang, hingga Penyengat.

Selain itu, ada juga destinasi potensial lainnya seperti Coral Kepri. Untuk menjangkaunya, diperlukan kapal ferry. Destinasi ini unik karena berkonsep resorts. Kawasan ini memiliki ombak tenang sehingga ideal untuk berbagai permainan air. Fasilitasnya mulai speedboat hingga amphibi.

Ada juga restoran dengan akuarium bawah airnya. Fasilitas di pulaunya pun sangat baik, lengkap dengan kebun binatang mini. “Yang jelas, kedepannya akan dibangun berbagai infrastruktur baru di area Bintan ini. Saat ini sudah ada cruises lain yang juga siap datang ke Bintan. Komunikasi dengan mereka sangat intensif dan mereka juga tertarik dengan destinasi Bintan,” kata Luki lagi.

Kedatangan Dream Cruises pun diapresiasi oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Masuknya kapal pesiar raksasa ini menjadi momentum sejarah bagi pariwisata Bintan. “Kami ucapkan selamat datang bagi Dream Cruises di Bintan. Destinasi ini luar biasa eksotis. Nature, culture, dan man made-nya bagus. Infrastrukturnya juga luar biasa. Ini menjadi momentum yang bagus, sekaligus sejarah,” tutupnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Investments

Dukung Gerakan Nasional Non Tunai, Pelindo III Terapkan e-Port

Peluncuran  Kartu e-Port PT Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III menggandeng Bank Mandiri mengimplementasikan layanan transaksi non tunai (uang elektronik) untuk memudahkan dan mempercepat proses bisnis di pelabuhan. Sinergi

Travel Operator

GMT 2016 di Palembang Bisa untuk Edukasi

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kanan) (Ist) Fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang akan berlangsung pada

Slideshow

TripAdvisor Pilih Hotel Neo Samadikun Cirebon

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Situs perjalanan TripAdvisor mengungkap temuan menarik mengenai alasan wisatawan menulis ulasan tentang Hotel Neo Samadikun Cirebon. Ya, hotel yang ada di Cirebon, Jawa Barat ini tengah

Culture

Turis di Bali Tertarik Terapi Bambu Spa

Terapi Bambu di Bambu Spa (Ist) Turis yang berkunjung ke Pulau Dewata, Bali rupanya tidak hanya sekadar mengunjungi destinasi wisata, namun mereka juga tertarik merasakan layanan SPA (Solus Per Aqua/

Slideshow

Keamanan TPS Ditingkatkan

Pemeriksaan di TPS (Ist) Setelah diberlakukannya status Siaga 1 untuk Surabaya akibat kejadian bom bunuh diri yang terjadi secara berturut-turut di Surabaya dan Sidoarjo pada Minggu dan Senin (13 dan

World Heritage

Perlu Sentuhan Personal dalam Pariwisata

Presiden Direktur PT JAS Adji Gunawan (Ist) Wisatawan mancanegara yang selama ini berkunjung ke Indonesia untuk menikmati pariwisata dan budaya negeri ini memang beragam. Turis asing yang datang ke Tanah