GIPI Komitmen Bantu Pemerintah Kembangkan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas

morotai indah

Destinasi wisata Morotai termasuk 10 Bali baru (Ist)

Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) berkomitmen membantu pemerintah dalam mengembangkan dan mempromosikan 10 destinasi pariwisata prioritas atau sering disebut ’10 Bali Baru’. 

Adapun 10 destinasi prioritas tersebut adalah Borobudur, Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur), Kepulauan seribu (Jakarta), Toba (Sumatera Utara), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Tanjung Lesung (Banten), Morotai (Maluku Utara), dan Tanjung Kelayang (Belitung).

Kepala Humas GIPI Johnnie Sugiarto mengatakan, 10 destinasi prioritas ini potensi pariwisata yang dimiliki sangat besar, namun perlu pengembangan yang lebih intensif.

“Banyak yang perlu dikerjakan dalam menyiapkan 10 destinasi tersebut menjadi destinasi pariwisata unggulan. Tidak hanya infrastruktur tapi juga investor yang potensial dan UKM yang memadai, agar kami bisa menawarkan dan menjual secara maksimal ke wisatawan. Inilah tugas kita sebagai kalangan pelaku pariwisata menjembatani  terciptanya siklus pariwisata yang kondusif di 10 destinasi pariwisata tersebut,” ujar Johnnie di Central Park, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Johnnie Sugiarto yang dalam kepengurusan GIPI menjabat Wakil Ketua Umum bidang Marcom & Destinasi ini mengatakan berbagai kegiatan GIPI sedang digodok untuk memaksimalkan 10 destinasi prioritas tersebut, seperti menggelar gathering bulanan kalangan pelaku pariwisata di 10 destinasi tersebut untuk menyerap aspirasi mereka dan bersama-sama mencari solusinya.

“Juga kami akan mengundang pelaku industri pariwisata diluar 10 destinasi tersebut agar mau masuk berinvestasi, dan juga biro perjalanan tertarik menjualnya,” ungkap Johnnie dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Johnnie mengakui pemerintah melalui Kementerian Pariwisata sudah maksimal menggarap 10 destinasi prioritas ini menjadi destinasi pariwisata unggulan tanpa keterlibatan kalangan industri pariwisata niscaya program ini akan berhasil.

“Sebab itu GIPI berkomitmen untuk membantu secara maksimal agar program ini bisa berhasil, tentunya kami akan mengerahkan semua sumber daya GIPI yang ada. Baik itu melalui peran serta anggota kami maupun jaringan yang kami miliki,” ujar pria yang selalu terlihat murah senyum ini.

Johnnie berharap 10 Bali Baru ini nantinya benar-benar bisa maksimal menjadi lumbung pariwisata Indonesia dan bisa mendulang dua kali lipat kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 20 juta orang, serta meraup 275 juta orang pergerakan wisatawan nusantara pada 2019 nanti.

“Ini menjadi pekerjaan rumah bersama, perlu komitmen yang kuat pemerintah dan seluruh stakeholder pariwisata dalam mewujudkan hal tersebut,” jelas Johnnie.

Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) didirikan pada 7 April 2011 silam mengacu pada Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

GIPI menjadi payung bagi seluruh organisasi pariwisata yang ada di Indonesia, selain itu GIPI juga menjadi wadah komunikasi dan konsultasi bagi para anggotanya dalam menyelenggarakan kegiatan kepariwisataan.

Sebagai suatu wadah bagi para pelaku industri pariwisata, GIPI juga menjadi mitra kerja pemerintah.  GIPI akan melaksanakan pelantikan kepengurusan Periode II pada 30 November 2016 nanti, yang menurut rencana digelar di Balairung Kementerian Pariwisata. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Lembaga Keuangan Diharapkan Perbesar Peluang Pembiayaan Konsep Arsitektur Nusantara

Anneke Prasyanti, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Homestay Desa Wisata (tengah) (Ist) Lembaga keuangan di Indonesia diharapkan semakin memperbesar dan memberikan porsi khusus bagi pengembangan konsep arsitektur Nusantara sebagai salah satu

Heritage

Hotel Santika Premiere ICE BSD City Cocok untuk Keluarga

Premiere Suite di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten tak salah disebut sebagai pusat MICE terbesar di negeri ini tak berhennti dipercaya

Culture

PATA Indonesia Dukung Soppeng Promosi Pariwisata

Sambutan dari Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak (Ist) Selama ini destinasi wisata yang sudah dikenal wisatawan di Sulawesi Selatan, seperti Makassar dan Toraja. Padahal, masih banyak destinasi wisata yang menarik

Investments

Program KBL Wujud Nyata Pelindo III Hadir untuk Negeri

Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III (kiri) (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III atau yang biasa dikenal dengan Pelindo III memiliki dua tanggung jawab sosial sebagai bagian

Tourism

Menikmati dan Merawat Wisata Bahari

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik biru) menjadi narasumber dalam acara WWF Indonesia (Ist) Wisata bahari di Nusantara rupanya beragam. Tak hanya sebatas diving, snorkeling, dan lainnya namun juga

Hotel

Menanti Sumsel Jadi Destinasi Sport Tourism

Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel (enam dari kiri) dan Phil Reader, Sports Development Representative International Dragon Boat Federation (lima dari kiri) berpose bersama dalam opening ceremony International Musi