GMT 2016, Ajang Promosi Wisata dan Maritim Indonesia

Wonderful-Indonesia-Logo-1 (1)

Wonderful Indonesia (Ist)

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) membentuk acara promosi wisata dan maritim Indonesia saat gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang.

“Dari hasil rapat, intinya kami akan mendukung promosi sampai acara GMT (Gerhana Matahari Total),” kata Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Hari Untoro Drajat, Selasa (19/1/2016).

Pihak Kementerian Pariwisata bersama sejumlah pihak telah menggelar rapat persiapan GMT yang juga dihadiri Penasihat Kehormatan Kemenpar Indroyono Soesilo, perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Yayasan Pecinta Majapahit.

“GMT sudah dipersiapkan oleh Kemenpar, nanti akan diintegrasikan dengan Kemenko Kemaritiman. Bisa dikatakan 89 persen kami sudah siap promosi hingga ‘event’-nya,” ujar Hari.

Menurut Hari, untuk menyukseskan peristiwa langka yang disebut-sebut baru akan terulang di Indonesia sekitar 350 tahun itu, pihaknya aktif mengundang sejumlah komunitas, peneliti dan wisatawan asing untuk datang menyaksikan fenomena tersebut.

Menurut dia, ada dua tema besar dalam fenomena langka tersebut, yakni untuk mempromosikan ‘Wonderful Indonesia’ serta misi kemaritiman.

“Fenomena ini, yang penting adalah ‘media value’ karena dunia akan mengenal wilayah Indonesia,” tuturnya. Sementara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan ada 10 provinsi di Indonesia yang akan mengalami Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016, dan menjadi tempat terbaik di dunia untuk memantau fenomena alam tersebut.

Adapun jalur GMT 2016 akan bermula di Palembang (Sumatera Selatan), Bangka Belitung, Sampit dan Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 



About author



You might also like

Travel Operator

Turis Timur Tengah Suka Traveling ke Bogor

Festival Pesona Kabupaten Bogor 2017 (Ist) Wisatawan asing dari kawasan Timur Tengah diketahui suka traveling ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hal tersebut dikatakan Kepala

Culture

Kartini dalam Pariwisata Indonesia

RA Kartini (Ist) Sosok RA Kartini begitu melekat dalam masyarakat Indonesia. Dan, selama ini rakyat negeri ini mengenal Kartini yang identik dengan perempuan yang memelopori perjuangan emansipasi wanita di Nusantara.

World Heritage

BRI Dukung ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Manajemen bank pelat merah, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) memastikan mendukung penuh penyelenggaraan ASIAB GAMES 2018 yang diadakan di Indonesia dan digelar di Jakarta dan

Culture

Group Dharmawangsa Dukung KEK Tanjung Kelayang

Peletakan batu pertama pembangunan hotel di KEK Tanjung Kelayang tahap pertama oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur dan Konsorsium Belitung Maritime, Tanjung Binga, Tanjung Kelayang. Jumat (2/9/2016) (Ist) Menteri Pariwisata

World Heritage

Menteri Pariwisata Apresiasi Dikna Faradiba

Dikna Faradiba (keempat dari kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi apresiasi kepada Putri Pariwisata Indonesia 2015 Dikna Faradiba yang berhasil meraih gelar Miss Southeast Asia Tourism Ambassadress 2016/2017. Siaran

Slideshow

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Promosikan Wakatobi

Lois Merry Tangel (Ist) Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel serius mempromosikan Wakatobi yang termasuk dalam 10 destinasi wisata prioritas atau yang lebih dikenal sebagai 10 Bali baru. Hal