GMT 2016, Antara Raksasa, Slank, dan Menteri Pariwisata

GMT20161

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist)

Gerhana matahari total (GMT) 2016 akan melewati Indonesia pada 9 Maret mendatang. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku bahwa negeri ini menyambut antusias fenomena alam langka ini.

AY, demikian ia kerap disapa, menjelaskan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah telah bersinergi agar GMT yang merupakan kejadian langka yang terjadi sekali dalam 350 tahun ini bisa mendatangkan sekitar 10 ribu turis asing ke Indonesia.

Ia menuturkan, ada 100 acara yang akan digelar di 12 provinsi yang akan dilewati GMT 2016 nanti Rabu, 9 Maret. “Ada tiga daerah yang bagus untuk melihat GMT 2016, yakni di Palu, Bangka Belitung, dan Palembang,” ujarnya kepada pers di Jakarta belum lama ini.

AY mengatakan, Slank akan mengisi acara GMT 2016 di Palu, Sulawesi Tengah. Pendapat senada dilontarkan Walikota Palu Hidayat ketika bertemu patainanews.com beberapa waktu lalu.

Ya, grup band papan atas, Slank, dipastikan tampil menghibur wisatawan saat fenomena alam langka, GMT 2016 terjadi di Palu. Menariknya saat GMT di Indonesia selalu dikaitkan dengan cerita rakyat yang melegenda, yakni Batara Kala yang akan menelan matahari.

GMT di Indonesia rupanya tak hanya dilihat dari perspektif ilmiah saja, seperti ilmuwan yang memantau GMT, melainkan mitos raksasa jahat yang marah dan mau makan matahari.

Cerita rakyat mengenai Batara Kala adalah mitos GMT dalam pewayangan Jawa. Bahkan, mitos Batara Kala menelan matahari menjadi desain gambar seri prangko yang diluncurkan PT Pos Indonesia menyambut GMT 2016.

Dalam logika mitos yang sama, diyakini tetabuhan atau membunyikan perkakas musik bisa mengusirnya. Mitos ini adalah wujud keteguhan manusia Indonesia untuk menjemput terang di tengah kegelapan karena fenomena alam.

Keteguhan itu diwujudkan oleh masyarakat Jawa dengan menabuh lesung dan kentongan secara spontan saat terjadi GMT. Kolaborasi tersebut menghasilkan pertunjukan perkusi yang dinamai gejog lesung.

Hal serupa juga dilakukan masyarakat Dayak yang ada di Kalimantan. Mereka biasa memukul gandang karampet atau kendang yang bermembran satu, gandang menca atau kendang dengan dua membran saat GMT.

Suara kendang berpadu dengan suling dan garantung atau gong, sakatakok atau kentongan, dan kenong, menjadi ritual yang sakral.

Tak ketinggalan, masyarakat di Maluku Utara juga membuat kegaduhan saat gerhana tiba. Benda apa pun di dekat mereka dibunyikan senyaring mungkin untuk mengusir kegelapan dan mengharap terang datang kembali.

Tradisi-tradisi yang masih terpelihara ini nantinya akan ditemui pada GMT yang berlangsung di Indonesia pada 9 Maret mendatang. Dan, cerita rakyat ini diperkirakan akan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun turis asing berkunjung ke 12 provinsi yang dilewati GMT 2016. (Gabriel Bobby)

 

 

 

About author



You might also like

Hotel

Mercure Vaganza Bollywood Night di Mercure Convention Center Ancol Jakarta

Press Conference Mercure Vaganza (Ist) Menyambut penghujung tahun 2015, Mercure Convention Center, Ancol-Jakarta akan mengadakan dua pesta perayaan Malam Tahun Baru untuk para tamu beserta keluarga di Ballroom Krakatau (Gala

Airlines

STP NHI Bandung Bantu Atlet ASIAN GAMES 2018 di Wisma Atlet Kemayoran

Mahasiswa STP NHI Bandung di ASIAN GAMES 2018 (Ist) Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung (STP NHI Bandung) merupakan salah satu perguruan tinggi pariwisata yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata pada

Tourism

Wonderful Indonesia Tebar Pesona di ITB Asia

Suasana booth Wonderful Indonesia di ITB Asia (Ist) Kebersamaan Indonesia Incorporated kembali dipanaskan di arena ITB Asia 2017. Event yang digelar di Marina Bay Sands, Singapura pada 24-27 Oktober 2017

Slideshow

Menteri Pariwisata Dorong Atambua Terus Kembangkan Cross Border Tourism

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Kota Atambua (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kota Atambua, Kabupaten Belu. Dalam kunjungan selama dua

Cuisine

Juni, Bandara Kertajati Operasional Penerbangan Komersial

Pendaratan perdana pesawat Kepresidenan Republik Indonesia BBJ-2 yang membawa Presiden Jokowi di Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (Ist) Disambut tradisi water salute, pesawat Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Jokowi

Heritage

ITdBI 2017 Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (Ist) Kementerian Pariwisata mendukung penyelenggaraan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) yang akan diselenggarakan pada 26 hingga 30 September