GMT 2016 di Palu Bakal Meriah

palu gapura

Tugu Perdamaian Nosarara Nosabatutu (Ist)

Penyelenggaraan gerhana matahari total (GMT) 2016 mendatang di Palu, Sulawesi Tengah diperkirakan akan meriah dan menghibur wisatawan, termasuk turis asing yang berkunjung ke sana menyaksikan fenomena alam nan eksotis itu.

“Mulai dari bandara, wisatawan disambut secara adat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kota Palu Susi Elvira Wahjuni Mastura ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (24/11/2015).

Tak hanya itu, lanjutnya, pemerintah kota (Pemkot) Palu juga akan menggelar pameran kuliner, tarian khas dan sejumlah acara lainnya dalam GMT yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang.

Adapun fenomena alam nan eksotis GMT pada 2016 mendatang di Indonesia sepertinya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman).

Sejumlah daerah di negeri ini akan bisa menyaksikan fenomena alam ini, termasuk di Palu, Sulawesi Tengah. Karenanya Pemkot Palu terus bersiap diri menyambut GMT yang akan terjadi pada 9 Maret 2016.

Ada kabar baik datang dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palu yang menyebutkan hingga saat ini ada sekitar 10.000 wisman yang akan berkunjung ke Palu untuk melihat GMT 2016.

“Wisatawan asing itu berasal Jepang, Inggris, Korea Selatan dan lainnya,” katanya. Susi, begitu ia biasa disapa, menjelaskan bahwa hingga saat ini tingkat hunian hotel di Palu sangat tinggi sebab sudah hampir penuh kamar dipesan wisatawan yang ingin melihat fenomena alam yang baru akan terjadi 250 tahun mendatang.

“Kami melakukan sinergi dengan pemerintah kabupaten Sigi untuk GMT sehingga di Sigi akan ada perkemahan terbuka untuk melihat GMT sebab 99 persen kamar hotel di Palu sudah habis dipesan,” paparnya.

Susi optimistis hingga tahun depan menjelang 9 Maret 2016, jumlah turis asing yang datang ke Palu akan lebih dari 10.000 orang. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Tourism

Pemuteran Bali Raih Posisi 7 Terbaik Asia 2016 Lonely Planet

Wisata bahari di Pemuteran, Bali (Ist) Pengakuan dunia tentang keindahan pariwisata Indonesia seperti tak ada habisnya. Bali, Labuan Bajo, Raja Ampat, Nihiwatu Sumba dan Pulau Nikoi Bintan sudah sukses dengan

Festival

Soppeng Gencar Promosi Pariwisata

Buku LembahWalennae  Soppeng yang ada di Sulawesi Selatan kini tengah gencar mempromosikan pariwisata untuk menarik minat kunjungan wisatawan Nusantara maupun turis asing. Karenanya dalam Archaeological Partnership Expose (APEX) Soppeng 2016

Nature

Menteri Pariwisata Berikan Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016

Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016 kepada para pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional (KPHN) 2016 (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan penghargaan Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016 kepada para

Hotel

Kunjungan Turis Malaysia akan Meningkat ke Lombok

Presiden Jokowi didampingi Menteri Pariwsata Arief Yahya (mengenakan Batik) (Ist) Sikap tegas yang disampaikan Presiden Jokowi saat peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, Jumat 20 Oktober 2017 itu disambut gembira.

Airlines

Perlu Dicarikan Solusi Transportasi untuk Wisatawan Jika Bandara Ditutup

Yoseph Umarhadi (kanan) (Ist) Pemerintah perlu memikirkan untuk mencari solusi transportasi alternatif bagi wisatawan jika bandar udara yang ada di sekitar destinasi wisata di Indonesia ditutup karena terjadi erupsi gunung

Travel Operator

Capa Resort Maumere Bantu Promosi Teluk Maumere

Capa Resort Maumere (Ist) Pemerintah Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan apresiasi keberadaan Capa Resort Maumere yang ikut membantu promosi Teluk Maumere sehingga wisatawan, termasuk turis asing kini