GMT 2016 di Palu Bakal Meriah

palu gapura

Tugu Perdamaian Nosarara Nosabatutu (Ist)

Penyelenggaraan gerhana matahari total (GMT) 2016 mendatang di Palu, Sulawesi Tengah diperkirakan akan meriah dan menghibur wisatawan, termasuk turis asing yang berkunjung ke sana menyaksikan fenomena alam nan eksotis itu.

“Mulai dari bandara, wisatawan disambut secara adat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kota Palu Susi Elvira Wahjuni Mastura ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (24/11/2015).

Tak hanya itu, lanjutnya, pemerintah kota (Pemkot) Palu juga akan menggelar pameran kuliner, tarian khas dan sejumlah acara lainnya dalam GMT yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang.

Adapun fenomena alam nan eksotis GMT pada 2016 mendatang di Indonesia sepertinya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman).

Sejumlah daerah di negeri ini akan bisa menyaksikan fenomena alam ini, termasuk di Palu, Sulawesi Tengah. Karenanya Pemkot Palu terus bersiap diri menyambut GMT yang akan terjadi pada 9 Maret 2016.

Ada kabar baik datang dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palu yang menyebutkan hingga saat ini ada sekitar 10.000 wisman yang akan berkunjung ke Palu untuk melihat GMT 2016.

“Wisatawan asing itu berasal Jepang, Inggris, Korea Selatan dan lainnya,” katanya. Susi, begitu ia biasa disapa, menjelaskan bahwa hingga saat ini tingkat hunian hotel di Palu sangat tinggi sebab sudah hampir penuh kamar dipesan wisatawan yang ingin melihat fenomena alam yang baru akan terjadi 250 tahun mendatang.

“Kami melakukan sinergi dengan pemerintah kabupaten Sigi untuk GMT sehingga di Sigi akan ada perkemahan terbuka untuk melihat GMT sebab 99 persen kamar hotel di Palu sudah habis dipesan,” paparnya.

Susi optimistis hingga tahun depan menjelang 9 Maret 2016, jumlah turis asing yang datang ke Palu akan lebih dari 10.000 orang. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Destinations

Enaknya Jagung Rebus Terasi Takalar

Ilustrasi Sarabba, sejenis wedang Jahe khas Takalar (Ist) Kabupaten Takalar memiliki beragam potensi wisata kuliner yang beda dengan destinasi lainnya di Indonesia. Pemerintah kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan ini

Slideshow

Rezeki Tidak Tertukar

Ayu Ting Ting (Ist) Penyanyi dangdut Ayu Ting Ting ikut meramaikan dunia bisnis karaoke di Tanah Air. Pada soft opening tempat karaoke yang diberi nama Ayu Ting The Karaoke Keluarga

Heritage

Soppeng, Kota Penikmat Kopi

Ilustrasi kopi Indonesia (Ist) Indonesia kaya akan beragam potensi wisata yang diminati wisatawan Nusantara (wisnus) maupun turis asing. Dan, wisata kuliner negeri ini ternyata menggoda wisnus dan wisatawan mancanegara. Sebut

Slideshow

Pariwisata Indonesia Perlu Dikembangkan Hingga ke Mancanegara

Menteri PPN Andrinof Chaniago dan Bupati Belitung Timur Basuri T Purnama Banyak pilihan wisata ke berbagai tempat yang menawarkan keindahan dan pesona wisata. Dari sekian banyak tempat yang tersebar, Pulau

Culture

Stakeholders Dialogue, Simpul Penggerak Pelabuhan dan Daya Saing Wisata Daerah

Narasumber Stakeholders Dialogue (Ist) Sebagai pintu gerbang perekonomian Jawa Timur dan kawasan timur Indonesia (KTI), Pelabuhan Tanjung Perak memiliki peran strategis dalam menciptakan benchmark pelayanan jasa kepelabuhanan yang prima. Tidak

Tour Package

ASIAN GAMES 2018, Sport Tourism dan Palembang

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 yang akan diikuti sekitar 45 negara di Jakarta dan Palembang tak hanya sebatas menjadi event olah raga untuk negara-negara di kawasan