GMT 2016, Pagi yang Terasa Senja

GMT

Ilustrasi GMT (Ist)

Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang akan terjadi pada 9 Maret mendatang diperkirakan akan membuat pagi hari di sejumlah daerah di Indonesia menyerupai petang hari.

Pasalnya, matahari akan hilang sesaat. Pagi langka itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, termasuk turis asing. Adapun momen langka itu bukan tanda malapetaka.

Justru itu adalah fenomena alam yang luar biasa indahnya yang disebut GMT. Menariknya GMT tahun ini menjadi istimewa lantaran Indonesia menjadi lokasi pengamatan terbaik sedunia.

Padahal, selama ini GMT tak menutup kemungkinan terjadi di tempat lain di berbagai negara. Seperti diketahui, Indonesia pernah menjadi satu-satunya daratan di dunia yang digunakan untuk pengamatan gerhana pada 11 Juni 1983 silam.

Ketika itu, gerhana bisa dilihat dari Jawa bagian tengah, Sulawesi bagian selatan, dan Papua bagian selatan. Setelah tahun 2016, Indonesia baru akan menjadi daratan terbaik untuk pengamatan gerhana matahari total pada 25 November 2049 mendatang.

Jadi, tak salah jika pemerintah begitu serius memanfaatkan momen fenomena alam ini untuk menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

Tak ketinggalan pemerintah daerah yang dilewati GMT 2016 diketahui tengah menyiapkan sejumlah acara untuk memikat wisatawan, termasuk turis asing berkunjung ke daerah. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Upaya Australian Backpacker Hotel di Banyuwangi Berkembang

Australian Backpacker Hotel di Banyuwangi Manajemen Australian Backpacker (AB) Hotel yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur sadar potensi pariwisata di Bumi Blambangan, julukan Banyuwangi, yang semakin dikenal hingga ke mancanegara.

Festival

STP Bandung Promosikan True Sight of Indonesia

True Sight of Indonesia (Ist) Mahasiswa program studi Manajemen Bisnis Perjalanan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung kembali menggelar TravelMart 2017 yang ke-20 di Dome STP NHI Bandung di Jalan Dr Setiabudhi

Culture

Tak Menutup Kemungkinan KA Pariwisata Kelola Kereta Sleeper

Penumpang menikmati istirahat di kereta Sleeper Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah secara resmi memastikan operasional gerbong kereta Sleeper dalam musim mudik Idul Fitri 1439 H mulai Selasa (12/6/2018)

Investments

Menhub Dukung Pengembangan Pelabuhan di Pelindo III

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) (Ist) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama jajaran terkait melakukan kunjungan kerja di Semarang, Kamis (12/1/2017). Singgah di Ruang VIP Bandara Internasional Ahmad Yani,

Tour Package

Helicity Garap Pariwisata Bandung

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (Ist) Manajemen PT Whitesky Aviation merencanakan pada tahun ini menggarap rute perjalanan traveling menggunakan

SightSeeing

Rayakan Valentine di Rooftop Romantis

Nuansa romantis di Sky Lounge 15 (Ist) Tradisi Valentine merupakan momen yang sangat dinantikan oleh pasangan di seluruh dunia. Selain budaya memberikan coklat kepada pasangan sebagai simbol kasih kasang, merayakan malam