Gorontalo Utara Gandeng PATA Indonesia Chapter Majukan Pariwisata

WhatsApp Image 2018-02-07 at 10.01.41

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin (Ist)

Sebagai upaya meningkatkan daya saing sumber daya manusia dan pariwisata, maka Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara memutuskan untuk bekerja sama dengan Grup Jababeka. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan President University dan Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter di President Lounge Menara Batavia, Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni President University Agus H Canny, dan President/CEO PATA Indonesia Poernomo Siswoprasetijo yang disaksikan Presiden Direktur PT Jababeka Budianto Liman.

Dari pihak Jababeka hadir dalam acara ini Direktur Hyanto Wihadhi, Advisor Nashrudin, Investor Relation Thaufik Winardi, Business Development Didik Purbadi, Dewan Penasihat Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP) Sugiharto, Serta Handa S. Abidin selaku Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Kementraan President University.

Sedangkan pihak Kabupaten Gorontalo Utara menghadirkan Kepala Bappeda Farida Minti, Kepala Dinas Pendidikan Aryati Polapa, Kepala Dinas Pariwisata Frietz Ano, Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan Arifin Soga, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan & UKM Sumitro Datungsolang beserta jajaran.

Pada kesempatan ini Budianto menyampaikan, “Ini merupakan langkah awal kita untuk melakukan kerja sama selanjutnya, dengan terjalinnya kerja sama antara Kabupaten Gorontalo Utara dibidang pendidikan yang diharapkan dapat melahirkan SDM yang siap membangun kota”.

“Dan dengan terjalinnya kerja sama pariwisata ini diharapkan dapat meningkatkan nilai investasi di Kabupaten Gorontalo Utara” tuturnya. Sementara Bupati Indra menjelaskan bahwa penandatanganan kerja sama ini merupakan momentum penting bagi pejalanan Kabupaten Gorontalo Utara lantaran baru berusia 10 tahun setelah pemekaran Gorontalo. 

Bupati Indra menambahkan, “Pemerintah daerah terus berusaha mengembangkan Gorontalo Utara dengan melakukan kerja sama dengan berbagai institusi yang ada di Tanah Air termasuk di bidang pendidikan, dengan kesempatan yang baik ini pemerintah daerah dan masyarakat Gorontalo Utara akan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin”.

“Dua tahun lalu, Gorontalo Utara ditetapkan oleh pemerintah menjadi salah satu destinasi pariwisata nasional. Banyak sekali perahu-perahu layar yang singgah ke Pulau Saronde. “Gorontalo Utara sendiri memiliki 52 pulau dan dua pulau telah berpenghuni, dan beberapa pulau lagi akan diharapkan segera dikembangkan oleh PT Jababeka,” tutupnya. 

Sedangkan Poernomo menjelaskan bahwa PATA Indonesia membawa misi dari SD Darmono selaku Chairman dan Founder PT Jababeka untuk mengembangkan daerah-daerah yang memiliki potensi pariwisata di kawasan tersebut dan mengenalkan Kabupaten Gorontalo Utara di kancah pariwisata nasional maupun internasional sehingga nilai investasi di sana meningkat.

“Kita sendiri juga akan duduk bersama dengan pemegang pariwisata di daerah-daerah. Kita akan menghubungkan dengan para pelaku pariwisata yang ada di Bali, Jakarta hingga luar negeri sehingga terjadi kunjungan wisatawan yang cukup banyak dan membuat nilai investasi meningkat” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Handa menyampaikan bahwa President University berkomitmen untuk meningkatkan SDM di Gorontalo Utara dengan suasana internasional yang dimiliki President University. President University memiliki 4 fakultas, 17 program studi, dan kegiatannya menggunakan bahasa Inggris, dengan pengajar yang didatangkan langsung dari luar negeri dan lulusan luar negeri.

Adapun President University juga melakukan riset dimana universitas tersebut merupakan unuversitas swasta yang memiliki jumlah mahasiswa asing terbanyak yaitu dari 17 negara. “Masyarakat Gorontalo Utara tidak perlu lagi jauh-jauh pergi keluar negeri untuk merasakan suasana internasional, cukup dengan kuliah di President University”.

“Selain itu President University juga memiliki kerja sama dengan 42 universitas di luar negeri dari 20 negara berbeda dan President University berhasil memagangkan 1.200 mahasiswanya” tutupnya. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

About author



You might also like

SightSeeing

Kemenpar Undang Anak Muda Gabung Wonderful Startup Academi

Wonderful Startup Academy (WSA) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) langsung tancap gas di 2017. Mulai 15 Januari 2017, kementerian dibawah komando Arief Yahya itu bakal segera memulai program inkubasi bagi bisnis

Hotel

Akhir Tahun, Kereta Wisata ke Surabaya

Kereta wisata (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata pada akhir tahun ini merencanakan melengkapi layanan wisata kereta wisata Priority ke destinasi wisata Joglosemar, yakni ke Semarang, Jawa Tengah dan terus

Heritage

Gairah Karawang Fashion Culture 2018

Press Conference Karawang Fashion Culture 2018 yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang Okih Hermawan (kedua dari kiri) Karawang Fashion Culture 2018 boleh dibilang lahir dari gagasan dan

Tourism

Sumbawa Kaya Wisata Bahari dan Budaya

Whales & Waves (Ist) Potensi wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) tak hanya di Lombok, namun juga ada di Sumbawa yang ternyata kaya akan potensi wisata bahari dan budaya khas

Nature

Mei, Yacht Australia ke Pulau Cinta

Pulau Cinta di Gorontalo (Ist) 40 yacht dikabarkan bakal memasuki kawasan timur Indonesia. Mereka berasal dari Filipina dan Australia rencana menuju Pulau Cinta, Gorontalo. “Kami terus berbenah, perbaiki destinasi menjelang

Culture

Turis India Penting untuk Pariwisata Indonesia

Seminar bertajuk The Power of Guerilla Tourism & Hospitality Networking yang diselenggarakan TTC Travel Mart di Jakarta, Sabtu (10/12/2016) (Ist) Wisatawan asal India dinilai punya penting bersama turis asal Tiongkok