Gubernur Ahok Dukung Pengembangan Pariwisata di Kepulauan Seribu

budi utomo dan pak Pur

Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo berpose bersama perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Sineas Muda, PT Telkom Tbk serta yang lainnya. (Ist)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendukung penuh pengembangan potensi pariwisata yang ada di Kepulauan Seribu lantaran Kepulauan Seribu telah ditetapkan pemerintah termasuk 10 destinasi unggulan bersama Danau Toba Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru Jawa Timur, Mandalika Lombok Selatan NTB, Labuan Bajo-Komodo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara yang disebut sebagai 10 Bali Baru. 

“Gubernur Ahok mendukung pengembangan wisata yang ada di Kepulauan Seribu untuk membuat potensi wisata di destinasi Kepulauan Seribu untuk menarik wisatawan semakin banyak berkunjung ke Kepulauan Seribu,” tutur Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo kepada patainanews.com di Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Budi menjelaskan, pemerintah kabupaten Kepulauan Seribu akan bekerja keras guna meningkatkan kunjungan wisatawan dengan meningkatkan kualitas pariwisata yang ada di Kepulauan Seribu.

Ia mengatakan, Kepulauan Seribu kaya akan potensi wisata bahari. “Kami juga memiliki budaya yang menarik sehingga wisatawan akan suka berkunjung ke Kepulauan Seribu,” ucapnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, untuk mengembangkan destinasi wisata Kepulauan Seribu, maka pihaknya menggandeng sejumlah pihak, seperti PATA Indonesia Chapter, Bank Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Sineas Muda, serta yang lainnya.

“Saya mendukung sinergi dengan berbagai pihak yang ingin bersama memajukan  potensi wisata yang ada di Kepulauan Seribu,” ujarnya. 

Sekadar informasi, Presiden Jokowi mengunjungi Kepulauan Seribu untuk menghadiri peringatan Hari Hutan Internasional pada 14 April lalu.

Jokowi meresmikan pusat suaka penyu dan elang yang ada di Kepulauan Seribu. Kehadiran Presiden Jokowi disambut meriah warga di Pulau Karya Kepulauan Seribu.

Jokowi kemudian langsung menghadiri Pencanangan Gerakan Nasional Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar dalam rangka Hari Hutan Internasional yang digelar di Pulau Karya.

Dalam acara tersebut, Jokowi memberikan pengarahan dan mencanangkan Gerakan Nasional Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar.

Presiden Jokowi kemudian menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Pusat Suaka Penyu Pulau Pramuka dan Puasa Suaka Elang Bondol Pulau Kotok Besar. Jokowi lalu menyaksikan kegiatan pelepasan tukik penyu sisik.

Ada sekitar 500 tukik dan 4 ekor penyu sisik dewasa yang dilepas. Sementara itu, elang bondol yang dilepas berjumlah 4 ekor serta sekitar 200 ekor burung berbagai jenis.

“Semua pelepasan burung itu sudah melalui prosedur dan melalui pengecekan dokter hewan,” kata Jokowi yang melepas langsung hewan-hewan tersebut secara simbolis.

Selain itu, Jokowi juga menyaksikan penanaman sekitar 6.000 batang mangrove dan sekitar 50 rak terumbu karang. Mangrove tersebut ditanam dengan cara sistem rumpun. Sedangkan penanaman terumbu karang dilakukan dengan cara transpalansi atau memotong bagian tertentu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Jokowi Resmikan Perluasan Pelabuhan Sibolga

Presiden Jokowi (Ist) Presiden Jokowi melakukan groundbreaking atau peresmian perluasan dan pembangunan Pelabuhan Sibolga, Sabtu (20/8/2016). Diharapkan, dengan perluasan tersebut, Pelabuhan Sibolga dapat ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi  di Pantai Barat

Airlines

Tidar Heritage Foundation Promosikan Wisata Spiritual

Suasana diskusi Wisata Spiritual Ujung Tombak Wisata Indonesia (Ist) Potensi pariwisata Indonesia tak hanya sekadar alam yang indah sebab negeri ini ternyata juga punya potensi wisata spiritual. Ceruk wisata spiritual

Slideshow

Batik Menghiasi Mahkota Putri Pariwisata Indonesia 2016

Putri Pariwisata Indonesia 2016 (Ist) Mahkota yang menghiasi Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel sangat cantik dan anggun lantaran adanya perpaduan dari berbagai kebudayaan Indonesia, yaitu wayang, batik, dan Kasuari. Kisah Wayang

World Heritage

10 Juta Turis Asing Hingga Akhir Tahun Masih Realistis

Pemerintah masih yakin 10 juta turis asing datang ke Indonesia hingga akhir tahun ini. Budaya, seperti keris juga menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara melihat Indonesia (www.ninaflynnphotography.com) Kementerian Pariwisata (Kemenpar)

Tourism

Presiden Jokowi Permudah Yacht Asing ke Indonesia

Ilustrasi Yacht asing (Ist) Guna lebih meningkatkan kunjungan kapal wisata (yacht) asing ke Indonesia, pemerintah memandang perlu mengatur kembali kemudahan dalam hal pengurusan dokumen untuk memasuki wilayah perairan Indonesia bagi kapal wisata (yacht)

Slideshow

Pemerintah Bidik Turis Jepang

Ilustrasi turis Jepang (Ist) Jepang, Tiongkok dan Korea Selatan adalah penyumbang kunjungan wisatawan mancanegara terbesar dari kawasan Asia Timur. Tahun lalu ada 492.077 atau hampir 500 ribu kunjungan dari Negeri