Hari Batik Nasional, Ayo Pakai Batik!

Promo Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional 2 Oktober (Ist)

Batik, kain tradisional khas Nusantara yang merupakan salah satu bentuk kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia pada masa lalu dan sudah mulai dikenal sejak kerajaan Majapahit. Kini seiring perjalanan waktu, Batik juga sudah merambah ke rakyat.

Batik pun juga digemari orang asing. Tepat pada 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional, hal ini ditetapkan setelah United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia dalam daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia.

Sebagai salah satu warisan budaya dunia yang lahir dari Indonesia, Batik harus tetap dipertahankan eksistensinya salah satunya adalah dengan memakai busana maupun atribut Batik lainnya di Hari Batik Nasional. Penetapan Hari Batik Nasional ini juga diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Nusantara.

Semakin sering menggunakan Batik, maka akan membantu kelangsungan hidup pembatik Indonesia. Siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (29/9/2017) menulis, memperingati Hari Batik Nasional, Hotel Santika Premiere ICE BSD City yang dikenal sebagai hotel yang selalu mempertahankan sentuhan khas Indonesia disetiap pelayanannya memberikan apresiasi berupa potongan harga spesial sebesar 30% untuk konsumsi food & beverage di Ananta Lounge, Restoran Mandalika, maupun Sky Lounge 15 bagi tamu-tamu yang memakai Batik pada 2 Oktober 2017.

Dengan adanya pemberian discount ini, diharapkan dapat memicu tamu-tamu hotel untuk memakai Batik guna mempertahankan Batik sebagai warisan budaya dunia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

KEK Tanjung Lesung Masuk 10 Destinasi Wisata Fokus Pemerintah

Pemerintah akan fokus untuk menggenjot 10 destinasi pariwisata di Indonesia. Keputusan tersebut diambil usai rapat koordinasi beberapa menteri di Kantor Koordinator Kemaritiman. “Ada 222 lokasi yang akan dikembangkan. Tapi kita

SightSeeing

Kaltara Dukung Menteri Pariwisata Majukan Pariwisata Indonesia

Pembukaan Kaltara Explore 2015 di TMII Pemerintah provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendukung upaya Menteri Pariwisata Arief Yahya mengembangkan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara sebab sektor pariwisata kini menjadi andalan mendulang

SightSeeing

Budaya untuk Menghargai Manusia

Peluncuran buku #sayabelajarhidup SIMFONI (Ist) Budaya dan pariwisata di Indonesia selama ini saling melengkapi. Itu yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara berkunjung ke negeri ini. Dan, budaya juga yang membuat

Tourism

Budaya Warisan Negeri Bisa Datangkan Wisman

Rahmat Surdjana dan Halimah Munawir mendampingi Dewi Motik Pramono Keberadaan Kampung Budaya dan Ramah Anak di Desa Kuta Megamendung, Kabuputen Bogor tenyata disambut positif lantaran juga berupaya melestarikan budaya warisan

Slideshow

Jogja Fashion Rendezvous 2017 akan Sukses

JFR 2017 (Ist) Penyelenggaraan Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017 sudah di depan mata. Event besar yang beruapaya membawa Yogyakarta juga menuju destinasi wisata fashion di Indonesia sebab Jogja Fashion Rendzvous (JFR)

Festival

Wisman Menikmati Ikut Nelayan Tradisional Naik Sampan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) bersama Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal (Ist) Kendati sudah terkenal di dunia, wisata bahari di Lombok, Nusa Tenggara Barat tak melulu Gili Trawangan.