Hebat, Wonderful Indonesia Kalahkan Malaysia di Australia

penghargaan

Dua penghargaan yang berhasil diraih Indonesia dalam Travel Tourism Exhibition Awards di Sydney Australia. Dua penghargaan di Sydney itu terdiri dari kategori ‘Best Innovative Stand’ dan ‘10 sqm & Over. (Ist)

Wonderful Indonesia lagi-lagi sukses memboyong dua penghargaan dari Travel Tourism Exhibition di Sydney, Australia. Kemenangan ini semakin lengkap setelah sebelumnya Wonderful Indonesia juga menyabet penghargaan The Most Beautiful Diving Destination di Taiwan.

Dua penghargaan di Sydney itu terdiri dari kategori ‘Best Innovative Stand’ dan ‘10 sqm & Over.’ “Wonderful Indonesia mendapatkan dua penghargaan dari Travel Tourism Exhibition di Sydney. Kita sukses mengalahkan Malaysia dan Thailand,” terang I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (20/7/2016)

Di Sydney, dua pesaing utama Indonesia, Malaysia dan Thailand dipaksa pulang dengan tangan kosong. Tak ada award yang bisa dibawa pulang ke negaranya.

Booth Thailand dan Malaysia selalu sepi. Sangat kontras
bila dibandingkan dengan kepak sayap Wonderful Indonesia yang ikut memboyong penari dari Bandung World Ethnic dan Jember Fashion Carnaval.

“Even ini sangat strategis bagi Indonesia karena pasar Australia adalah pasar utama penyumbang jumlah wisman terbesar. Award ini bisa menjadikan tumpangan untuk mempopulerkan destinasi wisata Indonesia.,” tambah I Gde Pitana.

Bagi Pitana, kompetisi dan awarding itu punya makna penting baik internal maupun eksternal. Ke dalam akan meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM dalam hospitality.

Sementara ke luar akan mendongkrak kredibilitas Indonesia di dunia internasional. Apalagi award itu diperoleh dengan cara-cara yang fair, betul-betul karena kualitas.

”Kebanggaan dan prestasi itu bisa menularkan virus kompetisi internal kita, destinasi, pelaku bisnis, seniman, pemerhati, dan semua pihak yang concern di pariwisata. Semakin ketat kompetisi, semakin banyak karya yang bisa dipromosikan ke mancanegara,” jelasnya.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Asnawi Bahar memperkuat asumsi Pitana. Dengan brand equity yang kuat, Wonderful Indonesia diyakini akan mudah mendapatkan banyak manfaat.

“Indonesia akan makin masuk consideration set para turis yang mau milih destinasi. Terutama bagi wisman yang belum punya awareness tinggi terhadap Indonesia,” ujar Asnawi.

Hal lain yang bisa didapatkan, lanjut Asnawi, country branding pariwisata Indonesia akan menjadi makin tajam sesuai dengan kategori awards yang diperoleh.

“Dampaknya bukan hanya pada jumlah turis dan kunjungan yang akan datang, tapi juga spending-nya ketika berada di Indonesia,” tambah Asnawi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut prestase demi prestasi seperti ini akan semakin memperkuat branding Wonderful Indonesia di mancanegara. Semakin besar brand value pariwisata Indonesia itu, bukan hanya memiliki probabilitas kunjungan lebih banyak, tetapi juga nilai atau harga satuan di destinasi itu semakin tinggi.

“Karena itu reputasi itu penting, dan kemenangan-kemenangan seperti ini menjadi berarti,” jelas Arief Yahya. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

SightSeeing

Menteri Pariwisata Targetkan Destinasi Wisata Tersertifikasi Pariwisata Berkelanjutan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menargetkan semua destinasi wisata di Indonesia bisa tersertifikasi pariwisata berkelanjutan sebagai syarat untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia. “Target Indonesia

Tour Package

Lulusan STP Diminta Jeli Garap Peluang di Sektor Pariwisata

Ekspresi Menteri Pariwisata Arief Yahya aat menghadiri prosesi wisuda STP NHI Bandung tahun 2019 (Ist) Lulusan Sekolah Pariwisata (STP) NHI Bandung diminta untuk jeli dan kreatif dalam menggarap peluang di sektor

Hotel

Borobudur Destinasi Wisata Favorit Traveler

Candi Borobudur, ikon Joglosemar yang diminati wisman (Ist) Daya tarik Candi Borobudur di Jawa Tengah rupanya masih diminati wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara (wisman). Ikon wisata Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) yang

Festival

Menariknya Diving di Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) (Ist) Indonesia memiliki lebih dari 700 spot diving dan snorkeling. Yang sudah punya pamor untuk menyelam, antara lain Sonegat, Pulau Keraka, Pulau Syahrir

Slideshow

Ayu Hermanu Juara Alfamidi Womanpreneur Award 2017

Ayu Hermanu (kiri) (Ist) Traveling ternyata bisa menciptakan peluang bisnis. Ya, bermula dari suka traveling bersama keluarga keliling berbagai destinasi wisata di Indonesia menimbulkan ide bisnis bagi Ayu Hermanu. Sosok

Indonesiaku

Siswa SMA Maluku Ikut Creativeleadership

Logo Hari Pers Nasional (HPN) 2017 (Ist) Rangkaian kegiatan pra Hari Pers Nasional (HPN) 2017 kembali dilakukan di Maluku sebagai tuan rumah HPN 2017. Kali ini, panitia HPN 2017 menyelenggarakan