Hebat, Wonderful Indonesia Kalahkan Malaysia di Australia

penghargaan

Dua penghargaan yang berhasil diraih Indonesia dalam Travel Tourism Exhibition Awards di Sydney Australia. Dua penghargaan di Sydney itu terdiri dari kategori ‘Best Innovative Stand’ dan ‘10 sqm & Over. (Ist)

Wonderful Indonesia lagi-lagi sukses memboyong dua penghargaan dari Travel Tourism Exhibition di Sydney, Australia. Kemenangan ini semakin lengkap setelah sebelumnya Wonderful Indonesia juga menyabet penghargaan The Most Beautiful Diving Destination di Taiwan.

Dua penghargaan di Sydney itu terdiri dari kategori ‘Best Innovative Stand’ dan ‘10 sqm & Over.’ “Wonderful Indonesia mendapatkan dua penghargaan dari Travel Tourism Exhibition di Sydney. Kita sukses mengalahkan Malaysia dan Thailand,” terang I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (20/7/2016)

Di Sydney, dua pesaing utama Indonesia, Malaysia dan Thailand dipaksa pulang dengan tangan kosong. Tak ada award yang bisa dibawa pulang ke negaranya.

Booth Thailand dan Malaysia selalu sepi. Sangat kontras
bila dibandingkan dengan kepak sayap Wonderful Indonesia yang ikut memboyong penari dari Bandung World Ethnic dan Jember Fashion Carnaval.

“Even ini sangat strategis bagi Indonesia karena pasar Australia adalah pasar utama penyumbang jumlah wisman terbesar. Award ini bisa menjadikan tumpangan untuk mempopulerkan destinasi wisata Indonesia.,” tambah I Gde Pitana.

Bagi Pitana, kompetisi dan awarding itu punya makna penting baik internal maupun eksternal. Ke dalam akan meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM dalam hospitality.

Sementara ke luar akan mendongkrak kredibilitas Indonesia di dunia internasional. Apalagi award itu diperoleh dengan cara-cara yang fair, betul-betul karena kualitas.

”Kebanggaan dan prestasi itu bisa menularkan virus kompetisi internal kita, destinasi, pelaku bisnis, seniman, pemerhati, dan semua pihak yang concern di pariwisata. Semakin ketat kompetisi, semakin banyak karya yang bisa dipromosikan ke mancanegara,” jelasnya.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Asnawi Bahar memperkuat asumsi Pitana. Dengan brand equity yang kuat, Wonderful Indonesia diyakini akan mudah mendapatkan banyak manfaat.

“Indonesia akan makin masuk consideration set para turis yang mau milih destinasi. Terutama bagi wisman yang belum punya awareness tinggi terhadap Indonesia,” ujar Asnawi.

Hal lain yang bisa didapatkan, lanjut Asnawi, country branding pariwisata Indonesia akan menjadi makin tajam sesuai dengan kategori awards yang diperoleh.

“Dampaknya bukan hanya pada jumlah turis dan kunjungan yang akan datang, tapi juga spending-nya ketika berada di Indonesia,” tambah Asnawi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut prestase demi prestasi seperti ini akan semakin memperkuat branding Wonderful Indonesia di mancanegara. Semakin besar brand value pariwisata Indonesia itu, bukan hanya memiliki probabilitas kunjungan lebih banyak, tetapi juga nilai atau harga satuan di destinasi itu semakin tinggi.

“Karena itu reputasi itu penting, dan kemenangan-kemenangan seperti ini menjadi berarti,” jelas Arief Yahya. (Gabriel Bobby) 



About author



You might also like

Heritage

Selamat Ulang Tahun ke-56 Presiden Jokowi

Presiden Jokowi (Ist) Manajemen, staf dan redaki patainanews.com mengucapkan selamat ulang tahun ke-56 untuk Presiden Joko Widodo. Adapun Presiden Jokowi menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesa hingga 2019 mendatang sebanyak

Hotel

Pariwisata Indonesia Jadi Trending Topic

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Nama Danau Toba nge-hits di dunia maya. Netizen dari seluruh penjuru Indonesia tak henti-hentinya bercuit di Twitter. Semua tanpa diminta, tanpa direka-reka, kompak mempromosikan

Travel Operator

Bandung Promosikan ASIAN GAMES 2018

ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang (Ist) Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Bandung, Jawa Barat ikut mempromosikan penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Ya,

Slideshow

Tanjung Lesung yang Memikat Cocok untuk Long Weekend

Tahun 2011, PT Banten West Java Tourism Development Corporation (BWJ) pengelola Tanjung Lesung resmi diakuisisi oleh PT Jababeka Tbk, sebagai bagian dari strategi jangka panjang Jababeka untuk membangun 100 kota

Airlines

Panorama Destination Sabet Penghargaan 50 Best of The Best Companies 2017

PT Panorama Destination Tbk meraih penghargaan bergengsi ‘50 Best of The Best Companies 2017’ versi majalah Forbes Indonesia (Ist) PT Panorama Destination Tbk (PDES) meraih penghargaan bergengsi ‘50 Best of The Best

SightSeeing

Turis Asing Suka Budaya Indonesia

Hermawan Kartajaya (Ist) Indonesia tidak hanya kaya akan destinasi wisata yang menarik lantaran negeri ini juga memiliki budaya dan kearifan lokal yang bisa menjadi daya tarik turis asing ketika mereka