HPN 2016, Ada Lomba Berhadiah Rp500 Juta

menpar dan hadi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) bersama General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (Ist)

Kementerian Pariwisata menyediakan hadiah senilai Rp100 juta untuk penulis terbaik lomba karya tulis bertema bahari yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Adapun total hadiah untuk semua pemenang sebesar Rp 500 juta. Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya ketika bertemu dengan Panitia HPN 2016 yang dipimpin Penanggung Jawab HPN 2016 Margiono di Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Juga hadir dalam pertemuan itu Asisten III Gubernur NTB bidang Administrasi Umum dan Kesra Lalu Syafii, Ketua Dewan Kehormatan Daerah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTB Ismail Husni dan Ketua PWI NTB Sukisman.

“Lomba ini kami selenggarakan untuk mendorong kecintaan masyarakat umum dan khususnya wartawan pada dunia bahari dan wisata nusantara,” ujar Menteri Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (6/1/2016).

Menurutnya, wartawan dan media massa adalah salah satu elemen penting dalam konsep pentahelix atau segi lima yang dikembangkan Kementerian Pariwisata untuk mendorong dan meningkatkan sektor pariwisata di Tanah Air.

Selain wartawan dan media massa, empat komponen lain dalam konsep pentahelix itu adalah akademisi, pengusaha, komunitas dan pemerintah.

“Kelima elemen itu harus bekerja sama, bahu-membahu. Hanya dengan itu kita bisa mencapai target pembangunan sektor pariwisata seperti 20 juta kunjungan turis asing pada 2019,” kata Menteri Arief Yahya lagi.

“Dewan juri lomba pun harus mewakili kelima elemen ini,” sambungnya. Sementara kordinator lomba Rita Sri Hastuti dari PWI mengatakan, panitia beraharap media massa berpartisipasi dengan mengirimkan tulisan wartawannya yang pernah dimuat di media masing-masing.

Peserta lomba, masih menurut Rita adalah wartawan yang bekerja aktif dan diakui pada satu perusahaan media massa cetak, atau media daring (online).

Bisa juga penulis lepas yang mempublikasikan karyanya di salah satu media massa atau media sosial, atau pemilik blog yang mempublikasikan karyanya di blog pribadinya.

Peserta dapat memilih satu dari tiga tema yang disediakan panitia. Pertama, Wisata Bahari yang berkaitan dengan kearifan lokal bersifat bahari yang meliputi aspek budaya, seperti ritual, tradisi, gaya hidup, mata pencarian, dan kuliner.

Tema kedua, Wisata Halal yang berkaitan dengan program Kementerian Pariwisata menggarap wisata halal secara serius diawali dengan prestasi Pemerintah Provinsi NTB mendapat penghargaan World’s Best Halal Tourism Destination yang diadakan di Uni Emirat Arab.

Tema terakhir, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok Tengah yang merupakan potensi kekuatan pariwisata di NTB merupakan satu dari 10 destinasi wisata baru yang dikembangkan pemerintah.

Mengenai kriteria penulisan, Rita mengatakan, syarat utama adalah karya tulis yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil liputan, bukan fiksi, bukan berita lempang (straight news).

About author



You might also like

Airlines

Gastronomi Perkuat Hubungan Indonesia-Perancis

Hubungan Indonesia dan Perancis semakin erat dengan gastronomi (Ist) Menutup dengan indah Pesta Gastronomi – Good France ke-8 yang tahun ini diselenggarakan di seantero Perancis dari tanggal 21 hingga 23

SightSeeing

Mermbangun Networking Menuju Indonesia Destinasi Wisata Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) memimpin media briefing PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten

Tour Package

AJTM 2018 Mengusung Tema #BIGGERBETTERBOLDER

AJTM 2018 (Ist) ASITA DKI Jakarta bertempat di sekretariat ASITA DKI Jakarta digelar grand launching secara digital kegiatan Asita Jakarta Travel Mart (AJTM) 2018. Adapun grand launching AJTM 2018 dilakukan

Travel Operator

KEK Pariwisata di Jabar Akan Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Wilayah

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyebut bahwa dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang berada di Provinsi Jawa Barat

Festival

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan akan Branding ASIAN GAMES 2018

ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang (Ist) Karnawal Kemerdekaan Peosna Parahyangan HUT RI ke-72 di Bandung, Jawa Barat pada akhir pekan, Sabtu (26/8/2017) yang akan dihadiri Presiden Jokowi dan

Tourism

Chintia Kusuma Rani, Miss Earth Indonesia 2019

Miss Earth Indonesia 2019 Chintia Kusuma Rani (Ist) Setelah mengikuti masa karantina selama 8 hari, akhirnya 30 finalis Miss Earth Indonesia 2019 menjalani Malam Grand Final Miss Earth Indonesia 2019,